4 Cara Mengatasi Lupa Pola HP Samsung Biar Bisa Dipakai Lagi

Sedang Trending 5 bulan yang lalu

Cara Mengatasi Lupa Pola HP Samsung - Header

Gadgetren – Lupa pola kunci layar memang dapat membuat sebagian orang sedikit kesulitan saat memerlukan sebuah ponsel dalam menjalani aktivitas sehari-hari apapun exemplary atau mereknya.

Tanpa pola kunci layar, perangkat soalnya tidak akan dapat dibuka dan digunakan sebagaimana mestinya. Kita di sisi lain juga setidaknya perlu mengingat-ingat atau mencari cara agar ponsel dapat diakses kembali seperti semula.

Untungnya jika menggunakan ponsel buatan Samsung, sudah ada beberapa cara yang disarankan oleh perusahaan asal Korea Selatan tersebut untuk mengatasi masalah lupa pola kunci layar. Adapun sebagian di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Memanfaatkan Google Smart Lock atau Google Extend Lock

Smart Lock atau yang kini berubah menjadi Extend Lock termasuk salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan ketika kita lupa pola ponsel Samsung. Fitur bawaan Android ini memungkinkan kita menggunakan perangkat tanpa perlu membuka kunci layar.

Fitur ini akan membiarkan ponsel dalam kondisi terbuka selama digunakan di tempat atau bersama perangkat lain yang terpercaya. Jika salah satu kondisinya terpenuhi tersebut, kita pun tidak perlu bersusah payah untuk membuka layar dengan pola, PIN, maupun kata sandi.

Dengan memanfaatkan fitur Smart Lock, kita di sisi lain juga tidak perlu takut kehilangan data-data penting. Kita setidaknya masih sempat untuk membuat cadangan jika nanti pada akhirnya perangkat memang perlu diatur ulang atau reset.

Sayangnya untuk memanfaatkan Smart Lock, kita memang perlu mengaktifkannya terlebih dulu melalui halaman Settings > Lock screen > Smart Lock setelah mengatur pola, PIN, atau kata sandi. Kita tidak dapat memakainya jika belum diatur dan ponsel sudah terlanjur terkunci.

2. Menggunakan Samsung Find My Mobile

  • Buka halaman https://smartthingsfind.samsung.com/login dengan perangkat lain.
  • Ketuk tombol Sign In.
  • Login dengan menggunakan akun Samsung yang dimiliki.
  • Centang semua ketentuan dalam Samsung relationship policies updated lalu klik Agree jika diperlukan.
  • Setelah masuk ke halaman utama, buka daftar perangkat (ikon tiga baris) di pojok kiri atas jika perlu.
  • Pilih ponsel yang terkunci dari daftar perangkat.
  • Ketuk paper Unlock atau Erase Data sesuai kebutuhan.
  • Ikut petunjuk yang muncul selanjutnya.
  • Jangan lupa lakukan verifikasi dengan memasukkan kata sandi akun Samsung.

Apabila belum mengaktifkan fitur Smart Lock atau Extend Lock, kita selanjutnya dapat mencoba memanfaatkan Samsung Find My Mobile. Dukungan bawaan Samsung ini mempunyai fungsi Unlock maupun Erase Data yang dapat digunakan untuk mengatasi lupa pola kunci layar.

Fungsi Unlock dalam hal ini bisa dimanfaatkan apabila kita hanya perlu membuka kunci layar perangkat. Sementara Erase Data dapat digunakan jika kita ingin sekaligus melakukan pengaturan ulang pada ponsel semisal untuk memasang pola, PIN, atau kata sandi baru.

Hanya saja seperti Smart Lock, kita sayangnya hanya dapat menggunakan dukungan Find My Mobile dari Samsung apabila kita sudah pernah mengaktifkannya. Pengaturan dapat dilakukan melalui Settings > Security and privacy > Find My Mobile.

3. Reset dengan Google Find My Device

  • Kunjungi halaman https://www.google.com/android/find/ dari perangkat lain.
  • Login dengan menggunakan akun Google yang dimiliki.
  • Pilih ponsel dari daftar perangkat yang tersedia.
  • Ketuk opsi Erase Device.
  • Konfirmasi dengan mengetuk tombol yang sesuai.
  • Lakukan verifikasi jika diperlukan.
  • Ketuk tombol Erase.
  • Tunggu sampai proses reset selesai.
  • Selanjutnya atur ulang ponsel dengan memilih Use my Google Account.
  • Selesaikan pengaturan dengan mengikuti petunjuk yang muncul di layar.

Sebagai alternatif lain, kita juga dapat memanfaatkan dukungan dari Google Find My Device yang sebenarnya mempunyai beberapa fungsi hampir mirip dengan Samsung Find My Mobile. Kita dalam hal ini dapat menggunakan fungsi Erase Device yang tersedia di dalamnya.

4. Membawa ke Samsung Service Center

Selain menggunakan beberapa metode di atas, kita juga dapat mengatasi masalah lupa pola kunci dengan membawa ponsel ke Samsung Service Center. Kita dapat menempuh cara ini apabila lupa mengatur beberapa fitur yang dibutuhkan dari cara-cara sebelumnya.

Namun jika ingin melakukan unlock di Service Center, perlu diingat bahwa kita perlu membuktikan kepemilikan perangkat dengan membawa POP (Proof of Purchase) atau bukti pembelian. Kita juga perlu menyiapkan identitas diri.

Tidak menutup kemungkinan, kita juga akan dikenai biaya unlock sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang berlaku. Jadi pastikan membawa uang tunai yang cukup di mana rinciannya bisa mengalami penyesuaian setiap waktu.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged