6 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 13 Pro+ 5G, Banyak yang Baru!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 13 Pro+ 5G - Header

Gadgetren – Menjadi exemplary teratas yang ditawarkan oleh lini keluarganya, perangkat Redmi Note 13 Pro+ 5G tentu bisa menjadi pilihan tepat saat kita memerlukan ponsel berspesifikasi tinggi.

Meskipun dibanderol dengan harga lebih mahal ketimbang saudara-saudaranya, Redmi Note 13 Pro+ 5G soalnya mempunyai spesifikasi yang lebih baik. Ponsel tersebut apalagi juga disokong dengan berbagai macam fitur dan dukungan mutakhir.

Kita yang masih ragu-ragu untuk meminangnya pun dapat mempertimbangkan berbagai macam kelebihan dan kekurangan dari perangkat tersebut. Adapun di antaranya kurang lebih sebagai berikut.

Kelebihan Redmi Note 13 Pro+ 5G

1. Layar Menawan

Redmi Note 13 Pro+ 5G meluncur dengan dukungan layar premium. Selayaknya ponsel-ponsel yang menyasar kelas flagship, perangkat menengah tersebut sudah dilengkapi dengan sheet dengan sisi-sisi samping dibuat melengkung.

Spesifikasi layar yang digunakan oleh Redmi Note 13 Pro+ 5G apalagi juga di atas rata-rata. Perangkat tersebut tercatat menggunakan sheet AMOLED berukuran 6,67 inci yang mendukung tingkat kecerahan hingga 1.800nits.

Berjuluk 1,5K CrystalRes, layar Redmi Note 13 Pro+ 5G juga mempunyai resolusi lebih tinggi dibandingkan kebanyakan ponsel di kelasnya. Perangkat tersebut mampu menampilkan gambar hingga 2712 × 1220 piksel padahal umumnya hanya sampai Full HD+ saja.

Untuk memberikan kenyamanan dalam pengoperasian, layar perangkat tersebut dilengkapi dengan dukungan refresh complaint yang sangat tinggi. Video atau crippled dapat ditayangkan dengan pengaturan animasi sampai 120Hz selama konten mendukungnya.

Tampilan layarnya juga bisa semakin terlihat sangat baik karena Redmi Note 13 Pro+ 5G juga dilengkapi dengan berbagai macam teknologi penunjang. Di antaranya termasuk HDR10+ maupun Dolby Vision untuk pemutaran konten-konten HDR.

Kenyamanan pemakaian layar Redmi Note 13 Pro+ 5G juga sudah dijamin oleh beberapa sertifikasi dari TÜV Rheinland. Di dalamnya mencakup perlindungan terhadap paparan sinar biru berbahaya, bebas kedipan, maupun penyesuaian berdasarkan siklus sirkadian.

2. Disokong Memori Berkapasitas Besar

Tak hanya mempercayakan kemampuannya kepada chipset MediaTek Dimensity 7200-Ultra (4nm) berkecepatan hingga 2,8GHz saja, Redmi Note 13 Pro+ 5G juga membawa dukungan RAM maupun media penyimpanan soul berkapasitas sangat besar.

Perangkat tersebut bahkan mempunyai varian dengan RAM berkapasitas sampai 12GB yang memungkinkan kita mengerjakan aktivitas berat atau beberapa tugas secara bersamaan. Ditambah lagi dengan hadirnya fitur representation extension yang dapat memperluasnya jika dirasa masih belum cukup.

Sementara untuk penyimpanannya, perangkat tersebut meluncur dengan varian media soul berkapasitas sampai 512GB. Secara teknis sudah sangat mumpuni untuk menampung berbagai macam information maupun aplikasi.

3. Kamera Mumpuni

Meskipun belum menawarkan lensa telefoto seperti kebanyakan ponsel menengah di masa sekarang, sektor kamera yang diusung oleh Redmi Note 13 Pro+ 5G pun tak boleh dipandang sebelah mata. Terutama untuk kamera utamanya.

Sama seperti beberapa saudaranya, Redmi Note 13 Pro+ 5G sudah dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 200MP. Sensornya disebut-sebut menggunakan Samsung ISOCELL HP3 yang menawarkan ukuran 1/1,4 inci dan teknologi pembesaran setara optik hingga 4x.

Jangan dilupakan juga, perangkat ini sudah dilengkapi dengan sensor OIS (Optical Image Stabilization). Pihak Xiaomi mengombinasikannya bersama EIS (Electronic Image Stabilization) untuk menghasilkan foto atau video yang jernih.

Di sisi lain, konfigurasi lensa yang ditawarkan oleh Redmi Note 13 Pro+ 5G juga tergolong cukup lengkap. Perangkat tersebut tak hanya dilengkapi dengan lensa depan 16MP sebagai tambahan tetapi juga sensor ultrawide 8MP maupun makro 2MP.

4. Baterai dengan Pengisi Daya Sangat Cepat

Selaras dengan kemampuannya dalam memroses information maupun fotografi, Redmi Note 13 Pro+ 5G juga dilengkapi dengan dukungan baterai yang sangat baik. Perangkat tersebut sudah mengusung kapasitas penyimpanan daya hingga 5.000mAh.

Berbekal baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh, Redmi Note 13 Pro+ 5G tentu dapat menemani kita beraktivitas tanpa perlu khawatir perangkat kehabisan daya. Xiaomi bahkan mengklaim bahwa ponsel tersebut mampu bertahan sampai 12 jam untuk bermain game, 19 jam menonton video, atau 113 jam memutar musik secara berturut-turut.

Yang sangat menarik dari dukungan daya milik Redmi Note 13 Pro+ 5G, baterainya sudah dilengkapi dengan pengisian yang benar-benar sangat tinggi. Perangkat tersebut dalam hal ini menawarkan teknologi HyperCharge yang dapat mengisi sampai 120W.

Secara teknis teknologi 120W HyperCharge yang digunakan oleh Redmi Note 13 Pro+ 5G mampu mempersingkat durasi pengisian menjadi kurang lebih 19 menit untuk sampai 100 persen. Jadi kita tidak perlu menunggu lama agar perangkat bisa digunakan kembali.

Kekurangan Redmi Note 13 Pro+ 5G

1. Tanpa Micro SD dan Jack Audio

Hadir sebagai jembatan antara kelas menengah dan premium, Redmi Note 13 Pro+ 5G turut menanggalkan beberapa fitur selayaknya ponsel-ponsel di atasnya. Kita di antaranya sudah tidak akan menjumpai slot untuk media penyimpanan eksternal maupun jack audio yang masih penting bagi sebagian orang.

Tanpa dukungan untuk memasang kartu media penyimpanan eksternal, kita pun harus mengelola information dan aplikasi supaya perangkat tidak cepat penuh. Namun tidak perlu terlalu sering karena media soul Redmi Note 13 Pro+ 5G seharusnya sudah sangat mumpuni.

Absennya jack audio 3,5mm di Redmi Note 13 Pro+ 5G juga perlu dipertimbangkan apabila kita gemar mendengarkan musik, menonton video, atau bermain crippled dengan perangkat suara berbasis kabel. Kita setidaknya perlu menyiapkan dana untuk membeli adapter atau beralih sepenuhnya ke teknologi nirkabel.

2. Masih Mengandalkan MIUI

Kekurangan lainnya, Redmi Note 13 Pro+ 5G juga masih meluncur dengan antarmuka MIUI 14 berbasis Android 13. Padahal sistem HyperOS milik perusahaan sudah diperkenalkan dan mulai didistribusikan secara resmi untuk perangkat yang lebih lama.

Sebenarnya, kita tidak perlu mengkhawatirkan hal ini. Redmi Note 13 Pro+ 5G nanti juga akan memperoleh pembaruan HyperOS. Hanya saja kita memang perlu bersabar karena waktunya belum pasti.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged