8 Peluang Usaha untuk Anda Lulusan SMA/ SMK, Anda Bisa Sukses!

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Menjadi lulusan SMA saja bukan argumen untuk tidak bisa sukses dalam bumi bisnis. Anda bisa mencontoh 8 kesempatan upaya untuk Anda lulusan SMA / SMK agar bisa meraih sukses.

Dalam info Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2021, tercatat pengangguran mencapai 9 juta orang alias sekitar 6,49% dari total masyarakat di Indonesia.

Dari jumlah TPT tersebut, sebesar 16,11% di antaranya adalah lulusan SMA/SMK, lebih besar daripada lulusan campuran SD-SMP nan hanya 7,85%.

Untuk itulah agar tidak masuk golongan TPT, Anda nan lulusan SMA/SMK wajib kreatif. Harus bisa mulai menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan menemukan buahpikiran bisnis.

Tenang saja, alumni sekolah menengah mempunyai kesempatan nan sama untuk sukses berbisnis seperti lulusan perguruan tinggi. Dan berikut ini adalah beberapa buahpikiran upaya untuk lulusan SMA/SMK nan bisa Anda pertimbangkan.

Inilah 8 Peluang Usaha Menguntungkan Untuk Lulusan SMA/SMK

1. Guru Les Privat Anak SD

Untuk menjadi tenaga pendidik, memang dibutuhkan keahlian akademik tinggi. Namun para lulusan SMA/SMK bisa menjadi tenaga pendidik non umum juga, untuk para pelajar di jenjang SD.

Mayoritas kurikulum pelajaran anak-anak SD meskipun selalu berubah, tetap mempunyai prinsip nan sama dan dikuasai oleh alumni sekolah menengah. Untuk itu, Anda bisa mencoba kesempatan upaya menjadi pembimbing les privat anak-anak SD.

Baca juga : Ekhi Ryan, Lulusan SMA nan Mampu Raup Rp 30 Juta/Bulan

Misalkan saja Anda menawarkan keahlian mengajar matematika dasar, bahasa inggris dasar hingga komputer dasar. Jasa ini bisa dikenalkan kepada orang-orang di sekitar tempat tinggal Anda.

Layani les privat sebanyak setidaknya dua kali dalam seminggu di sore hari. Berikan pengajaran nan sabar dan mudah dipahami anak SD agar jasa les privat nan Anda kenalkan makin membikin orangtua lain tertarik.

Kemajuan media sosial dewasa ini adalah sebuah kesempatan upaya nan banget sangat menjanjikan. Tak perlu kudu jadi selebgram alias selebtwit dengan jumlah pengikut ratusan ribu sampai jutaan orang agar bisa membuka jasa endorsement. Karena rupanya saat ini, banyak pemilik upaya hingga perusahaan nan justru konsentrasi pasang iklan pada micro-influencer.

Baca juga: 10+ Peluang Bisnis Terbaik dan Menjanjikan Tahun 2019

Untuk bisa disebut sebagai micro-influencer, akun media sosial Anda (entah Facebook/Twitter/Instagram) kudu punya pengikut di kisaran 1.000-10.000 orang.

Tidak susah bukan untuk mencapainya? Yah, meskipun memang tarif endorse tidak sebesar influencer nan sudah populer, cukup bisa memberikan pemasukan nan menjanjikan.

3. Kelola Toko Online

Toko online merupakan opsi upaya berikutnya nan bisa dipertimbangkan para lulusan SMA/SMK. Tidak perlu modal besar, pengalaman dan pengetahuan upaya tinggi, Anda bisa mencoba upaya toko online.

Entah jualan baju, sepatu, tas, hijab, peralatan bermerk, alias peralatan elektronik, semua bisa dilakukan secara daring. Bahkan sekalipun mungkin modal Anda pas-pasan, bisa memilih opsi dropshipper.

Berbeda dengan reseller nan kudu stok peralatan dulu dan dijual mencari untung, para dropshipper tak perlu beli peralatan dari produsen/distributor.

Sistem kerja dropshipper adalah mereka menawarkan peralatan lewat katalog dan kemudian pihak pemasok nan mengirimkannya langsung.

Tidak ribet dan cukup untung bukan? Intinya, Anda kudu jadi penjual nan sabar dan bertanggung jawab agar toko online makin dipercaya banyak konsumen.

4. Jadi Content Creator

Gaya hidup masyarakat modern nan semakin digital dan online membuka kesempatan bakal upaya imajinatif baru sebagai content creator. Seperti namanya, Anda dituntut untuk bisa menghasilkan konten di platform online.

Entah menulis lewat blog hingga menghasilkan vlog di Youtube. Kedua jenis pekerjaan ini sekarang begitu menarik perhatian milenial. Jika mau jadi content creator nan sukses, Anda tentu kudu konsisten dan selalu berkarya.

Nama-nama seperti Raditya Dika, Amrazing, Ria Ricis hingga Atta Halilintar adalah segelintir content creator dengan penghasilan fantastis.

Konten-konten mereka dihargai belasan hingga ratusan juta rupiah. nan unik, sebagian dari mereka adalah lulusan SMA/SMK saja.

Untuk itu apapun minat Anda entah menulis, bermain game, travelling, membikin video, lakukan dengan sebaik mungkin lantaran bisa saja jadi pekerjaan nan menjanjikan.

5. Bisnis Pulsa Elektrik

Anda termasuk sosok nan terkenal di sekolah? Maka upaya bisnis pulsa elektrik jelas bakal sangat menguntungkan. Sekalipun belum mempunyai toko, upaya Anda bisa dikenalkan dari mulut ke mulut.

Dengan kemajuan teknologi gawai, sekarang bukan hanya pulsa elektrik saja nan bisa Anda jual. Anda bisa menambah jasa dengan penjualan info internet, jual token listrik, hingga pembayaran PDAM, PLN, internet, TV kabel hingga angsuran sepeda motor.

Baca juga: 10 Tips Penting Sebelum Memulai Bisnis nan Harus Dilakukan

Tidak perlu modal besar untuk memulai upaya pulsa elektrik. Setidaknya Anda kudu punya sebuah ponsel dan tinggal melakukan deposit awal.

Tenang saja, banyak pemasok pulsa nan menerima deposit awal mulai Rp 100 ribu. Tentu saja semakin banyak deposit dan jasa pembayaran nan disediakan, upaya Anda makin berkembang. Bukan tak mungkin Anda bisa membujuk rekan sejawat lulusan SMA/SMK untuk jadi pekerja.

6. Agen Jasa Pengiriman

Jika Anda merasa kesulitan memulai upaya toko online tapi mau memanfaatkan peluang, maka pemasok jasa pengiriman adalah jawabannya.

Seperti namanya, upaya ini membikin Anda sebagai pihak pengirim peralatan dari penjual ke pembeli. Banyak penjual nan tak bisa mengantarkan peralatan pesanan konsumen dan akhirnya memerlukan jasa kurir. Sehingga jasa kurir merupakan upaya nan sangat menjanjikan.

Tidak butuh modal besar untuk memulai upaya ini, nan paling utama adalah Anda kudu memberikan pelayanan nan bertanggung jawab.

Cobalah bekerja sama dengan toko online nan punya omzet besar, lantaran itu bakal mempengaruhi pendapatan upaya Anda.

7. Pencucian Sepeda Motor

Dibandingkan mobil, pengguna sepeda motor jauh lebih besar dan rentan kotor. Apalagi jika sedang musim hujan, upaya pencucian sepeda motor bisa laku manis.

Anda tak perlu gelar pendidikan tinggi untuk bisa bersih mencuci sepeda motor lantaran nan dibutuhkan adalah kerja keras.

Asumsikan saja dalam sehari ada 20 motor dicuci dengan tarif masing-masing delapan ribu rupiah. Maka dalam satu bulan, pendapatan Anda bisa mencapai Rp 4,8 juta!

Sungguh menjanjikan bukan? Terlebih lagi jika Anda mempunyai tempat nan strategis, maka upaya pencucian sepeda motor bakal laku manis. Modal nan dibutuhkan tidaklah besar sehingga para lulusan SMA/SMK bisa mencobanya.

8. Usaha Kuliner

Inilah upaya nan tidak ada matinya di Indonesia. Kebiasan masyarakat nan doyan jajan dan ngemil menjadikan Indonesia sebagai surga upaya kuliner.

Entah apapun lulusan pendidikan Anda, semua berkesempatan menciptakan upaya kuliner. Asalkan bisa menjaga kualitas, nilai kompetitif dan selalu berinovasi, upaya kuliner Anda tidak bakal bisa dikalahkan.

Jangan lupa untuk selalu mengawasi kejadian nan tengah viral, lantaran itu merupakan tren upaya kuliner saat ini.

Sebut saja seperti es kepal milo, es kopi susu, ayam geprek hingga indomie pedas adalah segelintir kuliner viral nan bisa menjanjikan untung fantastis.

Anda bisa memulai upaya kuliner secara online, lampau bisa dikembangkan dengan gerobak mini hingga akhirnya mempunyai gerai di seluruh Indonesia.

Bagaimana? Delapan kesempatan upaya lulusan SMA di atas sangat menjanjikan bukan? Untuk itulah Anda lulusan SMA/SMK tak perlu merasa rendah diri dan tak bisa bersaing di masyarakat.

Selama Anda mempunyai tekad nan kuat, rasa bertanggung jawab, jujur dan disiplin, upaya apapun nan digeluti bakal sukses.

Bahkan bukan tak mungkin Anda bisa jauh lebih makmur daripada mereka nan lulusan perguruan tinggi. Semangat!

Selengkapnya
Sumber Bisnis Indonesia
Bisnis Indonesia