9 Kelebihan dan Kekurangan POCO M6 Pro, Bawa Layar Flow AMOLED 120Hz!

Sedang Trending 5 bulan yang lalu

Kelebihan dan Kekurangan POCO M6 Pro Header

Gadgetren – Selain POCO X6 5G dan X6 Pro 5G, POCO juga telah menghadirkan ponsel yang lebih terjangkaunya di Indonesia, yakni POCO M6 Pro.

Dibandingkan saudaranya, POCO M6 Pro masih hanya mendukung hingga jaringan 4G-LTE saja. Namun performa yang ditawarkan dari perangkat seri M bisa dibilang bertenaga untuk kelas menengah.

Dengan layar penuh 120Hz dan bezel yang kecil, kamu bakal dapat menikmati hiburan dengan leluasa pada POCO M6 Pro. Sementara kapasitas RAM, penyimpanan internal, dan baterai yang dibawa produk ini pun besar.

Kelebihan POCO M6 Pro

1. Lancar Menjalankan Aplikasi dan Game

POCO M6 Pro - Performa

POCO M6 Pro bisa dibilang menarik karena menggunakan chipset MediaTek Helio G99 Ultra (9nm) Octa-Core 2,2 GHz yang mempunyai performa bertenaga untuk menjalankan aplikasi maupun crippled dengan lancar.

Apalagi berdasarkan pengujian soul dari POCO, ponsel mendapatkan skor AnTuTu V10 mencapai 451.159 poin. Tentunya skor ini cukup tinggi apabila disandingkan dengan ponsel di harga serupa yang mana menjadi salah satu daya tarik utama dari POCO M6 Pro.

Chipset ini juga didukung fitur MediaTek HyperEngine 2.0 Lite yang mampu meningkatkan performa POCO M6 Pro dan membuat konektivitas net menjadi lebih stabil ketika memainkan game.

Berkat RAM 8 GB, aktivitas multitasking mampu berjalan dengan lancar pada ponsel ini. Sementara penyimpanan internalnya pun terasa lega karena memiliki kapasitas yang mencapai 256 GB.

2. Layar Nyaman di Mata

POCO M6 Pro - Layar

Mengikuti tren saat ini, POCO M6 Pro sudah menggunakan layar 6,67 inci yang memenuhi bagian depan dengan bezel yang kecil dan memiliki punch spread di bagian atas sehingga mampu menampilkan konten dengan area yang luas.

Layarnya didukung teknologi Flow AMOLED, resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel), 100% DCI-P3, dan dilindungi Corning Gorilla Glass 5 sehingga dapat menampilkan konten secara jernih. Dengan tingkat kecerahan puncak 1.300 nits, konten masih terlihat dengan jelas walaupun kamu sedang berada di bawah terik matahari sekalipun.

Berkat refresh complaint 120Hz, layarnya dapat menampilkan gerakan transisi dan animasi crippled yang halus. Terdapat touch sampling complaint instan hingga 2.160Hz ketika mode Game Turbo aktif sehingga sentuhan jari terhadap layar lebih responsif yang membuat bermain crippled terasa nyaman.

3. Desain Menarik

POCO M6 Pro - Desain

Sebagai ponsel kelas menengah, POCO M6 Pro hadir dengan desain yang menarik dengan 1/3 bingkai kotak di bagian atas yang berisikan dua lingkaran besar untuk kamera utama serta ultrawide dan dua lingkaran kecil untuk kamera makro yang ditemani LED Flash di samping.

Sementara 2/3 kotak di bagian bawah benar-benar terlihat polos dengan dominasi warna yang lebih cerah dibandingkan 1/3 kotak di bagian atas. Ponsel ini hadir dengan pilihan warna Black atau Blue sehingga kamu dapat memilihnya sesuai dengan selera.

4. Baterai Tahan Lama dan Pengisian Cepat

POCO M6 Pro - Turbo Charge

Berbekal baterai 5.000mAh, POCO M6 Pro diklaim mampu bertahan 8 jam untuk memainkan game, 9 jam untuk video call, atau 17 jam streaming video online. Tentunya dengan begitu kamu dapat menikmati hiburan dalam waktu yang lama.

Menariknya, fitur 67W Turbo Charging yang hadir pada perangkat ini mempunyai kemampuan pengisian daya dari 1% ke 100% hanya dalam waktu 44 menit saja. Hadirnya Smart Charging Engine pun mampu membuat ponsel tetap aman walaupun diisi daya dengan kecepatan tinggi.

5. Hadirkan Multi Kamera

POCO M6 Pro - Potret

Dari sektor fotografi, POCO M6 Pro hadir dengan dukungan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Sementara kamera depan 16MP tersedia untuk kebutuhan selfie dan video call.

Dengan hadirnya OIS (Optical Image Stabilization), pihak POCO mengklaim bahwa kamera utamanya mampu membuat fotografi jadi lebih stabil sehingga mampu menghasilkan item yang jelas dan minim buram. Apalagi perekaman video pun turut menjadi lebih stabil bahkan ketika kamu sedang bergerak.

Sementara kamera ultrawide dapat menghasilkan foto yang memiliki area luas dengan sudut pandang 118 derajat. Terdapat fitur Night Mode yang mampu meningkatkan hasil foto di malam hari menjadi terang dan minim noise.

Kamera makronya dapat digunakan untuk membidik objek dari jarak dekat sedangkan kamera depannya dapat mendukung foto selfie hingga video call. Kombinasi kamera tersebut membuat POCO M6 Pro mudah untuk digunakan foto-foto di mana saja.

Tak ketinggalan, POCO Imaging Engine juga dihadirkan pada ponsel ini sehingga mampu meningkatkan kinerja kamera menjadi lebih baik seperti peningkatan kualitas gambar dengan fusi optik ruang, cahaya, dan bayangan. Terdapat juga pengoptimalan gambar untuk berbagai skenario yang didukung kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

6. Sertifikasi IP54

POCO M6 Pro - IP54

Ponsel ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP54 yang membuktikannya telah tahan terhadap debu dan cipratan air. Sertifikasi ini didapatkan berdasarkan pengujian di lingkungan terkontrol oleh TÜV SÜD Certification and Testing (China) Co., Ltd. Cabang Jiangsu dengan standar IEC 60529: 1989+A1:1999+A2:2013.

Perlu dicatat bahwa perangkat ini hanya tahan terhadap cipratan aerial sehingga POCO memberitahukan bahwa kamu jangan memasukkan ponsel ke dalam aerial atau membiarkannya terkena cairan lain seperti aerial laut dan aerial atau cairan berklorin karena akan menyebabkan kerusakan yang fatal.

7. Penuh Fitur

POCO M6 Pro - Depan

Dengan hadirnya sensor Infra Red, POCO M6 Pro dapat menjadi distant power bagi perangkat elektronik lainnya seperti Televisi, AC, proyektor, DVD Player, kipas angin, dan masih banyak lagi.

Sementara sensor NFC (Near Field Communication) dapat dimanfaatkan untuk mengecek atau mengisi saldo kartu e-money. Dukungan speaker ganda, Dolby Atmos, dan Hi-Res Audio membuat ponsel ini dapat menghadirkan suara stereo yang jernih sehingga menonton movie maupun memainkan crippled terasa lebih hidup.

Ponsel ini pun sudah menggunakan sensor fingerprint di bawah layar. Tak ketinggalan terdapat larboard USB Type-C, USB OTG (On-Th-Go), larboard jack audio 3,5mm, Bluetooth 5.2, Wi-Fi, GPS, GLONASS, BDS, Galileo, dan MIUI 14 yang sudah dibenamkan di dalamnya. Menariknya pihak POCO juga menjanjikan update ke Xiaomi HyperOS yang mana menjadi sistem operasi generasi terbaru dari Xiaomi.

Kekurangan POCO M6 Pro

1. Slot Kartu Hybrid

POCO M6 Pro - Semua

POCO M6 Pro masih menggunakan SIM Tray dengan slot Hybrid dimana kamu harus memilih menggunakan satu kartu SIM dan satu microSD atau memakai dua kartu SIM tanpa microSD.

Dengan begitu, kamu yang memiliki dua kartu SIM dan tetap ingin menyematkan kartu microSD harus berkorban karena hanya ada salah satu yang tidak bisa digunakan secara langsung. Namun jika kamu sudah merasa bahwa penyimpanan internalnya sudah lega, mungkin tidak perlu memasukkan microSD dan lebih memilih menggunakan dua kartu SIM.

2. Belum Mendukung 5G

POCO M6 Pro - HandsOn

Dengan harga Rp2.999.000, seharusnya POCO M6 Pro sudah mendukung jaringan 5G karena sudah ada berbagai chipset menengah yang memiliki modem untuk jaringan 5G.

Bahkan jika dibandingkan dengan ponsel dari kompetitor di kisaran harga yang sama atau di bawahnya, sudah ada beberapa ponsel memiliki kemampuan untuk jaringan 5G sehingga cukup disayangkan POCO M6 Pro belum memilikinya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged