Apa Fungsi Google Drive Backup and Sync? Sangat Berguna!

Sedang Trending 5 bulan yang lalu

Apa Fungsi Google Drive Backup and Sync - Header

Gadgetren – Untuk memberikan kemudahan dalam memanfaatkan penyimpanan awan di dalam layanannya, Google Drive tercatat mempunyai aplikasi khusus yang dirancang untuk membantu para pengguna.

Salah satu di antaranya termasuk Google Drive Backup and sync yang mana sebenarnya kini sudah digantikan dengan Google Drive for Desktop. Aplikasi khusus ini bisa sangat berguna bagi kita yang mengandalkan komputer dan layanan Google Drive untuk beraktivitas.

Backup and sync soalnya mempunyai sejumlah fungsi yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan pemakaian komputer dengan layanan Google Drive. Adapun buat kamu yang belum tahu, dapat menyimak penjelasan berikut.

Sesuai dengan sebutannya, Backup and Sync adalah aplikasi yang berfungsi untuk mencadangkan maupun menyinkronkan berkas di dalam komputer ke layanan Google Drive atau Google Photos secara lebih ringkas dan praktis.

Kita dapat memakainya untuk mengamankan berbagai macam information mulai dari dokumen hingga foto penting sehingga tidak perlu khawatir saat terjadi masalah. Kita tidak akan kehilangan mereka meskipun perangkat rusak atau dicuri oleh orang tidak bertanggung jawab.

Dengan menggunakan aplikasi Backup and Sync, kita juga dapat lebih mudah saat perlu berpindah-pindah perangkat. Kita dapat dengan mulus beralih dari komputer ke laptop atau ponsel tanpa perlu memindah-mindah data.

Di samping itu, fungsi sinkronisasi dan pencadangan information yang ditawarkan oleh Backup and Sync juga memungkinkan para pengguna lebih mudah untuk berkolaborasi. Aplikasi ini mengizinkan kita untuk mengakses dan mengedit information dari perangkat mana saja selama terhubung dengan akun yang dimiliki.

Sayangnya pada akhir Tahun 2021, Google menutup dukungan untuk aplikasi Backup and Sync. Untung fungsinya masih dapat kita nikmati di aplikasi Drive for Desktop baru yang menjadi penerusnya.

Bahkan dengan hadirnya Drive for Desktop versi baru, fungsinya kini semakin sempurna. Aplikasi tersebut soalnya tak hanya menawarkan dukungan sinkronisasi dan pencadangan information dari komputer saja melainkan juga media eksternal seperti USB flash thrust maupun HDD eksternal.

Drive for Desktop baru juga menawarkan fungsi untuk menampilkan berkas-berkas Google Drive ke komputer dengan menyalinnya ke penyimpanan perangkat. Jadi kita nanti bisa mengaksesnya secara lebih cepat.

Bagi kita yang ingin mendapatkan fungsi Backup and Sync di komputer, aplikasi Drive for Desktop baru pun dapat diunduh secara gratis melalui halaman https://www.google.com/drive/download/. Jangan lupa untuk memilih berkas yang sesuai dengan sistem operasi perangkat.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged