Apa Itu Pixel Experience? Berikan Pengalaman Mirip Google Pixel

Sedang Trending 4 hari yang lalu

Pixel Experience

Gadgetren – Pixel Experience adalah Custom ROM hasil modifikasi dari sistem operasi Android yang diciptakan untuk menghadirkan pengalaman tampilan dan fitur Stock Android, seperti yang berada di perangkat Google Pixel.

Dengan menggunakan Custom ROM ini, tentunya ponsel berbasis Android bisa berubah tampilan antarmuka, fitur, dan performa yang telah dioptimalkan mirip dengan yang dimiliki oleh Google Pixel.

Pixel Experience sendiri menghadirkan beragam fitur eksklusif yang dimiliki oleh ponsel Google Pixel seperti Pixel Launcher, Dark Mode, Gesture untuk navigasi, aplikasi kamera dengan fitur Google Pixel, dan masih banyak lagi.

Apa Itu Pixel Experience?

Dengan melakukan kustomisasi dari sistem operasi yang dimiliki oleh Google Pixel, maka ponsel yang menggunakannya akan mendapatkan tampilan antarmuka yang bersih dan minimalis tanpa hadirnya bloatware yang mengganggu.

Pengalaman seperti di Google Pixel pun dapat dinikmati terutama Pixel Launcher dan fitur-fitur kamera yang dibawa oleh Google Pixel, seperti salah satunya fitur Astrophotography yang dapat digunakan untuk memotret bintang-bintang di langit.

Menurut pihak pengembang, Custom ROM ini telah dioptimalkan untuk memberikan performa yang lancar dan stabil pada ponsel dengan fokus pengalaman pengguna yang mulus dan responsif.

Pixel Experience sendiri telah mendukung banyak perangkat berbasis Android dari berbagai merek seperti ASUS, Nokia, Lenovo, Motorola, OnePlus, realme, Samsung, Nothing, Xiaomi, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, kamu dapat mengetahui seri ponsel apa saja yang didukungnya pada situs resmi Pixel Experience. Untuk memasang Pixel Experience membutuhkan beberapa langkah rumit seperti Unlock Bootloader, Install Custom Recovery, Download Pixel Experience, Install Pixel Experience, dan Flash Google Apps.

Kamu pun harus berhati-hati dalam melakukan instalasi dan melihat tutorialnya agar tidak salah yang mana nantinya malah membuat rusak sistem ponsel.

Pengembangan Pixel Experience Sudah Dihentikan

Pixel Experience Down

Sayangnya Jose Henrique selaku pendiri Pixel Experience mengumumkan bahwa setelah melalui pertimbangan yang panjang, dirinya memutuskan untuk menghentikan pengembangan Pixel Experience.

Jose juga menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh kontributor, komunitas, tester, dan pendukung dari Pixel Experience. Dengan begitu, tidak ada dukungan resmi lagi untuk Custom ROM ini ke depannya.

Jadi ponsel yang hingga saat ini belum mendapatkan Pixel Experience perlu mencari alternatif lain jika ingin merasakan pengalaman penggunaan seperti menggunakan Google Pixel.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged