Aplikasi Edit Video Final Cut Pro di iPad Segera Bisa Dibeli, Apa Saja Fitur-Fiturnya?

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Apple-iPad-Final-Cut-Pro-1

Gadgetren – Apple secara resmi telah mengumumkan akan memboyong aplikasi pengeditan video Final Cut Pro pada perangkat iPad. Pengguna akan mulai bisa berlangganan Final Cut Pro tanggal 23 Mei 2023 mendatang melalui Apple App Store dengan harga 4.99 USD atau sekitar Rp73 ribuan per bulan.

Menurut keterangan resmi pada situs Apple, aplikasi Final Cut Pro untuk iPad membawa sejumlah alat baru yang lebih intuitif untuk para pembuat konten melakukan proses merekam hingga mengedit.

Salah satu fitur canggih yang dibawa Final Cut Pro adalah alat baru berupa jog instrumentality atau bantuan alat berbentuk bulatan untuk navigasi fitur-fiturnya dan proses editing sehingga semakin lebih mudah.

Kemudian Final Cut Pro juga hadir dengan alat baru berupa Live Drawing yang memungkinnkan pengguna bisa menggambar dan menulis secara langsung di atas konten video mereka menggunakan Apple Pencil.

Pada iPad Pro yang ditenagai chipset M2, Apple Pencil bisa membantu pengguna melihat sekilas dan mempratinjau rekaman dengan cepat tanpa menyentuh layar. Selain itu pengguna juga dapat melihat dan mengedit video HDR di layar Liquid Retina XDR iPad Pro berukuran 12,9″.

Setelah itu pengguna bisa menerapkan colour grading dengan akurat menggunakan Mode Referensi. Selanjutnya Final Cut Pro juga menyediakan kemampuan merekam video dengan Pro Camera Mode pada iPad Pro dengan chipset M2 dan pengeditan video multi kamera.

Apple-iPad-Final-Cut-Pro-2

Dengan Pro Camera Mode, pembuat konten bisa merekam video berkualitas tinggi baik secara lanskap maupun portrait. Sekaligus juga bisa  memantau kualitas audio, waktu perekaman, mengontrol pengaturan secara manual seperti fokus, pencahayaan, dan achromatic balance.

Untuk pengeditan video multi kamera, pengguna bisa menyinkronkan lebih dari satu klip secara otomatis atau diedit bersama dengan hasil yang memuaskan dan bahkan bisa beralih sudut dalam klip multi kamera hanya dengan sentuhan jari.

Tak lupa Final Cut Pro untuk iPad memberikan fitur potong yang cepat dengan instrumentality learning yang bisa mempersingkat tugas pengeditan. Fitur tersebut yakni Scene Removal Mask yang mampu dengan cepat menghapus atau mengganti latar belakang subjek dalam klip tanpa menggunakan layar hijau.

Apple-iPad-Final-Cut-Pro-5

Fitur tersebut akan memangkas latar belakang secara otomatis dan menyesuaikan rekaman untuk rasio aspek vertikal, persegi, dan lainnya. Audio suara yang muncul ketika direkam di lapangan pun bisa dihilangkan ketika pemangkasan latar belakang.

Agar semakin kreatif Final Cut Pro menyediakan beragam fitur untuk mempercantik video seperti HDR, animasi, efek, audio, dan HDR. Selain bisa mengimpor hasil editan video dalam files proyek Final Cut Pro di iPad, pengguna juga bisa mengimpor ke komputer Mac.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged