Aplikasi TikTok Tidak Bisa Dibuka? Kamu Bisa Coba 5 Solusi Ini

Sedang Trending 8 bulan yang lalu

TikTok Phone Feature

Gadgetren – Ponsel yang kita gunakan terkadang bisa saja mengalami masalah seperti aplikasi yang tiba-tiba tidak bisa dibuka. Masalah ini banyak penyebabnya bisa jadi aplikasi bukan diunduh dari pihak lain hingga belum ditingkatkan ke versi yang paling baru.

Masalah ini pun sering dihadapi pengguna ketika menggunakan aplikasi yang sering digunakan atau yang populer. Salah satunya seperti penggunaan aplikasi TikTok yang kini semakin banyak di seluruh dunia.

Dengan populernya TikTok, semakin banyak pengguna yang mengalami permasalahan seperti tidak bisa membuka aplikasi tersebut pada perangkatnya. Sebenarnya masalah ini juga kerap dihadapi dengan aplikasi lainnya yang kadang kala tiba-tiba tidak bisa dibuka, hanya muncul layar putih atau hitam, hingga diam di halaman utama tidak bisa beralih ke paper lainnya.

Jika kamu menghadapi permasalahan TikTok yang sulit dibuka atau ketika diketuk kembali lagi ke ikon awal, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk agar kembali normal sehingga kamu bisa berselancar dengan nyaman.

1. Cek Update Aplikasi TikTok

Dengan melakukan pembaruan aplikasi TikTok pada Google Play Store atau Apple App Store, kamu akan mendapatkan versi aplikasi yang telah diperbaiki berbagai bug maupun correction yang ada sehingga bisa bekerja secara normal tanpa adanya kesalahan-kesalahan sistem.

Kamu bisa melihat update TikTok secara berkala sehingga tidak mengalami masalah yang tidak dinginkan. Apalagi update aplikasi juga penting untuk selalu dilakukan agar kamu bisa menikmati fitur-fitur baru yang diberikan oleh pihak TikTok.

2. Muat Ulang Aplikasi dan Perangkat

Salah satu metode yang bisa dikatakan cukup ampuh untuk menyelesaikan berbagai kendala sistem adalah dengan mematikan ponsel dan menyalakannya lagi. Selain itu juga pastikan aplikasi TikTok sudah ditutup secara penuh dan tidak berjalan di latar.

Selain sistem menjadi segar kembali, sistem juga akan membuka TikTok dari awal. Namun jika masih tidak bisa, kamu mungkin perlu menghapus seluruh information aplikasi atau bahkan dan memasang ulang TikTok.

3. Periksa Koneksi Internet

Tentunya kamu juga harus memastikan koneksi net yang digunakan memiliki kualitas bagus maupun kecepatan tinggi untuk menjamin penggunaan yang lancar.

Ada baiknya kamu menggunakan WiFi yang memiliki sinyal kencang untuk mendapatkan jaringan yang kuat. Kamu pun bisa menggunakan sinyal information dari usability seluler, namun pastikan sinyal yang didapat penuh.

4. Bersihkan Cache Aplikasi

Opsi selanjutnya bisa coba bersihkan cache aplikasi TikTok yang kamu lakukan dengan masuk ke Pengaturan dan Aplikasi. Setiap ponsel tentunya memiliki nama dan letak setelan berbeda-beda.

Namun paper untuk Bersihkan Cache selalu akan tersedia ketika kamu membuka TikTok pada paper Aplikasi yang ada di Pengaturan. Selanjutnya kamu bisa memuat ulang perangkat untuk menyegarkannya. Selain lewat pengaturan di ponsel, membersihkan cache juga bisa melalui profil TikTok lalu masuk ke paper Pengaturan dan Privasi.

5. Laporkan Masalah ke Pihak TikTok

Jika telah mengikuti langkah-langkah di atas dan masalah masih belum teratasi, kamu bisa memberitahu TikTok dengan melaporkan masalah tersebut agar bisa ditindak lanjut lebih jauh.

Kamu tinggal masuk ke ikon tiga garis pada profil TikTok lalu pilih Pengaturan dan privasi yang dilanjutkan dengan mengetuk paper Laporkan masalah. Selanjutnya pilih paper paling bawah Kirim laporan dengan menggulir sampai akhir.

Tulis masalah kamu seperti TikTok tidak bisa dibuka dan sertakan juga foto atau video berisi bukti permasalahan. Jika sudah, lalu ketuk tombol Kirim dan tunggu balasan dari TikTok selama 1×24 jam.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged