ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition, Bawa Kombinasi CPU dan GPU dari AMD

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

ASUS TUF Gaming 16 Advantage Edition - 1

Gadgetren – ASUS kembali membawa laptop gaming yang cukup menarik ke Tanah Air di mana kali ini hadir dari keluarga TUF Gaming.

Dinamakan TUF Gaming A16 Advantage Edition, laptop gaming yang satu ini mempunyai spesifikasi yang jempolan di kelasnya untuk menghadirkan performa lancar ketika dibawa bermain game.

Melalui produk barunya ini, ASUS ingin menyasar segmen laptop gaming dengan layar 16 inci yang mana menurut ASUS mulai diminati belakangan ini dengan pangsa pasar yang meningkat, khususnya untuk rentang harga Rp20 jutaan.

Selain membawa layar 16 inci, menariknya lagi TUF Gaming A16 Advantage Edition pun menjadi pertama di keluarganya yang menghadirkan CPU dan GPU dari AMD secara bersamaan untuk menawarkan kinerja yang optimal.

Lebih tepatnya TUF Gaming A16 Advantage Edition dibekali prosesor AMD Ryzen 7 7735HS dengan arsitektur Zen 3+ yang mana memiliki 8 Core dan 16 Thread dengan kecepatan maksimal mencapai 4,7 Ghz. Lalu prosesor tersebut ditemani dengan olah grafis diskrit RDNA 3 berupa AMD Radeon RX 7600S yang memiliki VRAM 8GB.

ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition - 5

Berkat kedua komponen tersebut sama-sama dari AMD, kinerja dan fitur yang dibawanya dapat bekerja saling harmonis. Salah satunya lewat fitur SmarShift dengan TGP maksimal 120 Watt yang memungkinkan daya diatur secara dinamis baik untuk CPU atau GPU tergantung beban yang tengah dijalankan.

Selain itu terdapat fitur SmartAccess Graphics yang dapat beralih dari grafis terintegrasi ke diskrit atau sebaliknya serta memberikan kendali manual secara penuh melalui Armoury Crate terhadap MUX Switch yang tersemat di dalam TUF Gaming A16 Advantage Edition.

Dengan begitu laptop gaming yang satu ini dapat selalu memberikan kinerja yang optimal tergantung dari kebutuhan dan aktivitas penggunaan. Menariknya, laptop ini juga sudah mendukung teknologi SmartShift RSR untuk kemampuan upscaling ketika menjalankan crippled dalam resolusi rendah. Hanya saja dukungan fitur ini masih terus dilakukan pengembangan ke depannya.

ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition - 4

Tak ketinggalan TUF Gaming A16 Advantage Edition juga sudah dibekali RAM DDR5 16GB dalam frekuensi 4800Mhz serta solusi penyimpanan M.2 PCIe NVMe SSD berkapasitas 512GB yang memiliki kecepatan tinggi. ASUS pun menyediakan dua slot pada RAM maupun SSD sehingga dapat ditingkatkan lagi jika dibutuhkan.

Agar bisa menikmati crippled maupun konten dengan lebih nikmat, TUF Gaming A16 Advantage Edition turut dibekali layar IPS 16 inci dengan rasio 16:10 yang memiliki resolusi QHD+ 2560 x 16600 piksel, 240Hz refresh rate, 100% sRGB, FreeSync Premium, dan 100% AMD Advantage.

Laptop ini pun menyajikan rasio layar-ke-body mencapai 90% berkat bezelnya yang tipis sehingga bakal terasa luas. Sementara dalam hal audio, laptop ini dibekali dukungan Dolby Atmos dan Hi-Res Audio.

Untuk menjamin suhu komponen tetap adem dan nyaman digunakan, ASUS membenamkan 6 buah power tube dengan kipas Arc Flow yang biasanya ada di seri ROG ke dalam laptop ini. Sementara untuk sumber daya mengandalkan baterai berkapasitas 90Whr.

ASUS TUF Gaming 16 Advantage Edition - 2

Segala spesifikasi dan fitur tersebut dibalut dalam bodi TUF Gaming A16 Advantage Edition yang ringkas, namun tetap kokoh karena sudah berstandar MIL-STD-810H setelah melewati berbagai pengujian ekstrem.

Laptop ini pun sudah mendukung deretan konektivitas terkini seperti USB 4.0 Type-C yang mendukung DisplayPort 1.4 dan USB Power Delivery hingga 100W, HDMI, USB 3.2 Gen1 Type-A, 3.5mm combo audio jack, WiFi 6, dan Bluetooth 5.2.

Tersedia dalam varian warna Off Black dan Sandstorm, TUF Gaming A16 Advantage Edition dibanderol seharga Rp22.990.000 dengan garansi world selama 2 tahun dan ASUS VIP Perfect Warranty selama 1 tahun. Terdapat juga prize tas dan rodent TUF Gaming pada paket penjualan.

Selain TUF Gaming A16 Advantage Edition, ASUS juga menyediakan SKU lain dengan harga lebih murah mencapai Rp20.999.000 dengan perbedaan pada layarnya yang hanya FHD+ dengan 165Hz refresh complaint tanpa adanya sertifikasi AMD Advantage.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged