Bedanya POCO X6 5G dan POCO X6 Pro 5G, Sangat Berlainan!

Sedang Trending 5 bulan yang lalu

POCO X6 5G Vs POCO X6 Pro 5G - Header

Gadgetren – Melanjutkan penetrasinya di pasar menengah, POCO mengawali Tahun 2024 dengan memperkenalkan beberapa perangkat baru yang mana di antaranya termasuk POCO X6 5G dan POCO X6 Pro 5G.

Kedua perangkat baru tersebut menariknya sama-sama menyasar pasar menengah walaupun secara khusus tersedia untuk rentang harga berbeda. POCO X6 5G dalam hal ini hadir sebagai alternatif untuk lini Rp3 jutaan sementara POCO X6 Pro 5G untuk Rp4 jutaan.

Meskipun hadir dengan beberapa persamaan seperti pada bagian layar, teknologi pengisian daya, hingga konfigurasi kamera, namun POCO X6 5G dan POCO X6 Pro 5G tetap dua perangkat yang berbeda. Keduanya mempunyai beberapa aspek yang disesuaikan mengikuti selisih harganya.

Perbedaan POCO X6 5G Vs POCO X6 Pro 5G

Yang paling mendasar, POCO X6 5G dan POCO X6 Pro 5G mempunyai perbedaan pada bagian mesinnya. Chipset yang digunakan soalnya cukup berbeda di mana secara berturut-turut adalah Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 dan MediaTek Dimensity 8300-Ultra.

Di atas kertas, kedua chipset ini seharusnya menyasar kelas dengan level yang sangat jauh berbeda. Snapdragon 7s Gen 2 dan Dimensity 8300-Ultra soalnya mempunyai spesifikasi dan dukungan yang cukup jomplang apabila kita bandingkan.

Snapdragon 7s Gen 2 merupakan chipset berkecepatan maksimal 2,4GHz yang dikembangkan berdasarkan arsitektur Qualcomm Kryo 670 di mana memuat kombinasi antara ARM Cortex-A78 dan Cortex-A55. Sedangkan Dimensity 8300-Ultra sudah menggunakan ARM Cortex-A715 dan ARM Cortex-A510 yang mampu dipacu sampai 3,35GHz.

Berdasarkan hasil pengujian sintetis dari Tim POCO, kemampuan Dimensity 8300-Ultra pun tercatat dua kali lebih unggul. Chipset ini mampu menyentuh skor 1.464.228 pada aplikasi AnTuTu saat Snapdragon 7s Gen 2 hanya mampu mengoleksi 640.170.

Pemakaian chipset berbeda ini juga berdampak pada dukungan konektivitas dari kedua perangkat tersebut. POCO X6 5G hanya mendukung Bluetooth 5.2 dengan WiFi 5. Sementara POCO X6 Pro 5G sudah mengakomodasi Bluetooth 5.4 dan WiFi 6.

Selaras dengan perbedaan chipset-nya, konfigurasi memori yang dipakai juga lumayan berbeda. Kedua perangkat bersaudara tersebut memang sama-sama membawa RAM berkapasitas 12GB tetapi POCO X6 5G hanya hadir dengan penyimpanan 256GB sedangkan POCO X6 Pro 5G 512GB.

Di sisi lain, teknologi memori yang digunakan pun lumayan berlainan. POCO X6 5G masih menggunakan RAM bertipe LPDDR4x dan media penyimpanan UFS 2.2 sementara POCO X6 Pro 5G sudah mengandalkan LPDDR5x serta UFS 4.0.

Saat diluncurkan, POCO X6 5G juga masih berjalan dengan sistem operasi Android 13 yang dibalut antarmuka MIUI 14. Sedikit tertinggal dari POCO X6 Pro 5G yang secara mendasar sudah beroperasi dengan menggunakan HyperOS berbasis Android 14.

Perbedaan lainnya terletak pada aspek baterai. Dalam hal ini menariknya, POCO X6 5G sudah dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan daya lebih besar di mana sampai 5.100mAh. POCO X6 Pro 5G padahal hanya mampu menampung hingga 5.000mAh.

Dengan spesifikasi layar yang hampir sama, kedua perangkat tersebut juga mempunyai beberapa perbedaan insignificant di dalamnya. Dukungan HDR10+ misalnya hanya tersedia untuk POCO X6 Pro 5G sementara itu absen pada versi standar.

Sebagai ganti, POCO X6 5G menariknya menawarkan proteksi layar yang lebih tangguh. Perangkat tersebut sudah menggunakan lapisan Corning Gorilla Glass Victus saat saudaranya justru kembali mengandalkan Corning Gorilla Glass 5.

Absennya jack audio 3,5mm pada POCO X6 Pro 5G juga tidak diikuti oleh saudaranya. POCO X6 5G masih mendukung fitur tersebut sehingga kita tetap bisa menggunakan peranti suara kabel tanpa memakai aksesori tambahan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged