Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 di Windows Maupun MacBook

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Untuk mempermudah pekerjaan yang memerlukan akses ke dua buah aplikasi secara bersamaan, laptop biasanya dilengkapi dengan fitur membagi layar menjadi dua bagian atau lebih.

Fitur untuk membagi layar tersebut setidaknya sudah tersedia untuk dua sistem operasi populer saat ini. Termasuk di antaranya Microsoft Windows maupun Mac OS. Jadi kita tidak perlu bersusah payah memasang dukungan dari pihak ketiga.

Dengan memakai fitur pembagi layar, kita pun dapat langsung menampilkan dua jendela aplikasi yang ingin digunakan secara bersamaan di laptop. Tentu saja lebih praktis daripada membukanya satu per satu secara bergantian.

Saya pribadi sering memanfaatkan dukungan tersebut misalnya untuk membuka Microsoft Word dan Google Chrome. Dengan begitu, saya bisa langsung mengetik sekaligus membaca bahan-bahan yang diperlukan tanpa perlu berpindah-pindah aplikasi.

Menggunakan fitur pembagi layar di laptop berbasis Windows maupun MacBook pun sangat mudah. Walaupun dalam hal ini, cara melakukannya akan berbeda-beda untuk setiap sistem maupun versinya.

Cara Membagi Layar Laptop Windows Menjadi 2

  • Buka kedua aplikasi yang ingin dijalankan bersamaan.
  • Di salah satu jendela aplikasi, tekan tombol Start Windows dan Arah (kanan atau kiri) secara serentak.
  • Selanjutnya pilih aplikasi kedua di sisi layar yang lain.

Selain menggunakan shortcut tombol Start Windows + Arah, fitur membagi sheet juga dapat digunakan dengan kursor. Klik beberapa detik di bilah judul aplikasi (Windows Title Bar) lalu tarik jendelanya ke kanan atau kiri sampai menyentuh sisi samping layar.

Khusus Windows 11

  • Buka semua aplikasi yang ingin digunakan.
  • Arahkan kursor ke tombol Minimize atau Maximize.
  • Selanjutnya pilih mode layar terbagi dua pada paper Snap Layout yang muncul.
    Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 - 1
  • Buka jendela aplikasi satunya di sisi yang lain.

Di Windows 11, secara khusus juga terdapat dukungan bernama Snap Layout yang mana juga bisa digunakan untuk melakukan hal itu. Namun kita sebelumnya perlu memastikan pengaturannya sudah aktif melalui Settings> System > Multi-tasking > Snap Windows.

Cara Membagi Layar Laptop MacBook Menjadi 2

  • Jalankan dua aplikasi yang dimaksud.
  • Pada salah satunya, arahkan pointer ke tombol Full-Screen.
  • Pilih opsi Tile Window to Left of Screen atau Tile Window to Right of Screen dari paper yang muncul.
    Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 - 2
  • Klik jendela aplikasi satunya di sisi layar yang lain.

Langkah-langkah di atas berlaku untuk MacBook dengan sistem macOS Catalina hingga terbaru. Jika masih menggunakan Mojave, High Sierra, Sierra, atau El Capitan, kita hanya perlu menekan beberapa saat tombol Full-Screen lalu menarik jendela aplikasi ke kanan atau kiri.

Jika fitur pembagi layar bernama Split View milik MacBook belum bisa digunakan maka kita pun perlu memastikan pengaturan Displays person abstracted Spaces menyala. Kita bisa menemukannya di halaman Apple menu > System Settings > Desktop & Dock atau Apple menu > System Preferences > Mission Control sesuai versi yang digunakan.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged