Cara Mengembalikan Kontak Hilang Terhapus Supaya Bisa Dihubungi Lagi

Sedang Trending 8 bulan yang lalu

Cara Mengembalikan Kontak Hilang Terhapus - Header

Gadgetren – Data kontak yang tiba-tiba hilang atau terhapus dari ponsel memang bisa menjadi masalah serius bagi sebagian orang. Belum lagi jika nomor-nomor tersebut memang sangat penting.

Bertanya kepada orang bersangkutan atau mereka yang berhubungan dengannya tentu bisa menjadi cara paling mudah untuk mendapatkan kembali kontak-kontak tersebut. Baik itu ketemu langsung atau lewat aplikasi pesan instan yang kini sangat beragam.

Namun bagaimana jika kita tidak bisa melakukan hal itu karena kondisi atau faktor-faktor tertentu? Masih bisakah kita mengembalikan kontak yang hilang atau terhapus? Kita tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dicoba apabila kita mengalaminya.

Cara Mengembalikan Kontak Hilang Atau Terhapus

  • Jalankan aplikasi Contacts di ponsel.
  • Buka Menu pengelolaan atau pengaturan.
  • Cari paper Trash atau Recycle bin.
  • Gunakan fitur Restore contacts yang ada di dalamnya.

Salah satu di antaranya, kita dapat memanfaatkan dukungan yang ada di dalam aplikasi kontak. Beberapa manufaktur seperti Samsung soalnya membekali perangkat-perangkat buatannya dengan fitur trash atau recycle bin yang bisa dipakai untuk mengembalikan kontak terhapus.

Antarmuka tampilan dari aplikasi kontak setiap ponsel sayangnya bisa berbeda-beda sehingga kita mungkin perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas untuk mengembalikan data. Selain itu perlu diingat, tidak semua manufaktur mempunyai fungsi untuk itu.

Menggunakan Google Contacts

Apabila aplikasi Contacts ponsel tidak mendukung fungsi Trash atau Recycle bin maka selanjutnya kita dapat mencoba memulihkan nomor terhapus lewat layanan Google. Pengaturan sinkronisasi yang diterapkan bisa jadi juga memuat data-data kontak.

Menggunakan Layanan iCloud

  • Kunjungi halaman https://icloud.com/.
  • Login dengan Apple ID yang dimiliki.
  • Setelah masuk ke dalam layanan, cari dan pilih Data Recovery.
  • Selanjutnya pilih Restore Contacts.
  • Pilih Restore pada waktu sebelum kontak terhapus.
  • Ketuk Restore sekali lagi untuk mengonfirmasi pemulihan.

Sama seperti Android yang menggunakan layanan Google, kita juga dapat mengembalikan kontak terhapus lewat iCloud apabila iPhone sudah ditautkan ke salah satu Apple ID. Hanya saja perlu diingat bahwa pemulihan information pun akan dilakukan pada semua perangkat yang tersambung.

Sedikit catatan, fitur pemulihan information yang ditawarkan oleh kebanyakan manufaktur biasanya cukup terbatas. Kita umumnya hanya dapat memakainya untuk mengembalikan information yang hilang atau terhapus sebelum kurun waktu tertentu, misalnya 30 hari untuk Google Contact atau Samsung.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged