Cara Menggunakan WhatsApp Web Komunikasi Bisnis

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

WhatsApp dikenal sebagai salah satu aplikasi mengirim pesan terpopuler, kehadirannya juga turut membantu bumi upaya Online. Anda bisa ikuti langkah menggunakan WA Web berikut untuk aktifitas komunikasi bisnis.

WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan nomor satu favorit dunia. Ini lantaran fitur-fitur nan ada dalam WA bisa membikin penggunanya merasa puas dan mau terus menggunakannya.

Karena banyak pengguna aplikasi tersebut membikin mereka terus melakukan penemuan nan semakin memanjakan dan memudahkan mereka untuk menggunakannya.

Contohnya saja whatsApp sudah bisa diakses melalui website sehingga bisa dibuka menggunakan PC alias laptop.

Kemudahan ini juga disinyalir bisa membikin upaya Anda semakin mudah untuk dilakukan, apalagi jika upaya nan Anda jalankan termasuk bisnis online/ jualan online nan memerlukan komunikasi antara customer service dan calon pembeli.

Nah, bagi Anda nan belum mengetahui gimana langkah menggunakan whatsApp lewat website berikut bakal kami paparkan ulasannya.

Mengenal WA Web

Sebelum beranjak pada pembahasan langkah langkah menggunakan WA Web, alangkah lebih baik untuk mengetahui dan mengenal terlebih dulu WA web. Dengan tujuan untuk mempermudah Anda menggunakan aplikasi tersebut.

WhatsApp Web merupakan sebuah laman website nan unik digunakan dan bisa diakses oleh para pengguna aplikasi WA lewat laptop/PC alias komputer.

Fitur-fitur nan ada di dalam WA web tidak jauh berbeda dengan nan ada di smartphone. Hanya nan membedakan dari segi ukuran layar monitor nan tentunya tampak lebih besar, keluasaan ketika mengetik teks, dan memudahkan Anda untuk mengirimkan file.

Sesuai dengan namanya WA Web ini tidak memerlukan aplikasi tambahan sehingga tidak bakal memenuhi kapabilitas PC alias laptop Anda.

Anda hanya perlu membuka WA web lewat aplikasi browser nan sudah terinstall di perangkat tersebut, seperti Opera, Chrome, dan Mozila Firefox.

Syarat Memakai WA Web di PC alias Laptop

Sebelum membuka WA Web di PC alias Laptop ada beberapa syarat nan perlu Anda lakukan agar bisa melangkah dengan optimal, seperti; Smartphone nan digunakan adalah Android, Ios 8.1, windows phone 8.0, Blackberry10.

  1. Memiliki fitur lensa alias kamera belakang lantaran untuk memproses pemindaian kode QR.
  2. Aplikasi WA sudah diinstal dan telah akfif digunakan
  3. Di Laptop alias PC telah terinstal salah satu aplikasi browser, seperti nan telah dipaparkan di atas.
  4. Saat membuka WA Web pastikan internet terkoneksi dengan baik.

Cukup mudah bukan syarat nan diajukan?

Cara Menghubungkan Apikasi WA di Smartphone dengan Website

Setelah memenuhi syarat di atas, langkah berikutnya adalah menggunakan WA Web tersebut.

Salah satu kegunaan menggunakan WA web ini adalah untuk memudahkan Anda berinteraksi dengan para mitra alias customer.

Dikatakan mudah lantaran layar nan cukup besar bisa mempercepat aktifitas komunikasi tersebut. Adapun langkah menggunakannya adalah sebagai berikut;

1. Buka website https://web.whatsapp.com pada browser nan ada di PC alias lapto Anda.

Jika sudah terhubung, maka Anda bakal mendapati sebuah tampilan QR Code.

2. Buka Aplikasi WA di Smartphone

Langkah berikutnya buka aplikasi WA nan ada di smartphone Anda. Pada tampilan awal whatsapp di smartphone android bakal terlihat tanda titik tiga nan ada pada bagian atas kanan whatsapp. Kemudian, tap tanda titik tiga tersebut.

Setelah melakukan tap tiga titik tersebut, bakal muncul banyak pilihan. Maka tugas Anda adalah memilih menu Linked Devices. Kemudian bakal muncul tampilan berikut.

Cara Menggunakan WA Web Untuk Komunikasi Bisnis

4. Scan Barcode

Setelah melakukan tap pada menu WA Web, Anda bakal diarahkan pada laman konfirmasi dan kudu menscan barcode nan ada di whatsapp website tersebut.

Pastikan layar kamera mengarah pada barcode dengan posisi nan pas. Karena jika tidak pas bakal susah terakses pada website tersebut.

Jangan lupa sebelum memindai barcode, Anda kudu menekan tanda OK, GOT IT terlebih dahulu.

Tampilan nan bakal terlihat adalah sebagai berikut, WA sedang menghubungkan dengan smartphone Anda.

Cara Menggunakan WA Web Untuk Komunikasi Bisnis

Nah, ketika memindai scan barcode di website telah sukses maka Anda sudah terhubung dengan WA Web itu sendiri.

Cara Menggunakan Fitur WA di Web

Jika Anda sudah terbiasa menggunakan WA di smartphone, maka bakal mudah mengoperasikannya. Fitur-fiturnya pun sesuai dengan apa nan ada di aplikasi WA smartphone. nan membedakan adalah letak fitur-fitur tersebut serta pengoperasiannya.

Tetapi, jangan berambisi bisa melakukan video call alias voice call lantaran fitur tersebut tidak bisa digunakan oleh WA Web.

Tetapi jangan khawatir, Anda nan baru menggunakan WA Web bakal kami telaah di bawah ini ;

1. Fitur Chatting

Tampilan fitur chatting tidak berbeda jauh dengan yanga da smartphone. Hanya saja ketika Anda membukanya di website tampilan fitur chatting tampak lebih lebar.

Cara menggunakannya, tinggal mencari nama kawan alias grup nan mau Anda tuju di fitur pencarian. Setelah menemukan nama nan dimaksud, tap nama tersebut maka bakal keluar tampilan chatting.

Kurang lebih tampilannya nyaris sama dengan Smartphone Anda, hanya bakal lebih lebar.

2. Fitur Voice Recording

Jika Anda sering menggunakan fitur voice recording, maka fitur tersebut bisa diakses lewat WA Web.

Proses penggunaannya tentu saja nyaris sama dengan nan ada di smartphone. Ada sedikit perbedaan sebelum proses merekam.

Yaitu, ketika Anda mengklik tombol microphone nan ada di bagian kanan bawah, bakal muncul layar untuk konfirmasi.

Tugas Anda mengklik tombol ‘’Allow’’ kemudian klik tombol OK, I Got It. Dan proses voice recording pun bisa langsung digunakan serta langsung dikirimkan saat itu juga kepada orang alias grup nan dituju.

Jangan lupa sebelum mengirimkan file voice recording tersebut, Anda kudu menekan tanda centang hijau nan ada pada fitur tersebut. Tujuannya agar voice recording bisa terkirim.

3. Fitur Mengirim File

Salah satu fitur unggulan di WA Web adalah fitur mengirim file. Dikatakan unggul lantaran memang file nan dikirimkan bisa berupa dokumen, video, foto, dan juga nomor kontak.

Mengirim file arsip lewat smartphone terkadang ada hambatan nan kudu dihadapi. Seperti arsip nan terlalu besar kapasitasnya sehingga tidak bisa disimpan lewat smartphone, begitupun juga dengan video nan memang mempunyai kapabilitas nan cukup besar.

Tentunya jika mengirimkan file lewat WA Web bakal lebih mudah mencarinya dan mengirimkannya.

Cara kerjanya pun cukup mudah. Pilih file arsip alias video nan ada di laptop alias PC. Kemudian pilih tanda kirim, jika jaringan internet stabil, file tersebut bakal langsung terkirim.

Cara Log Out dari WA Web

Setelah menggunakan WA Web, sangat krusial untuk melakukan Log Out dari website. Hal ini dilakukan agar akun whatsapp Anda tetap kondusif mengingat banyaknya kejahatan nan terjadi di bumi maya.

Log Out dari WA Web ini kuncinya ada pada smartphone Anda. Karena pada dasarnya WA Web tidak bisa diakses andaikan smartphone Anda tidak aktif alias terkoneksi dengan internet.

  1. Adapun langkah nan bisa dilakukan adalah sebagai berikut ;Buka Aplikasi WA di smartphone, kemudian tap kembali tanda tiga titik nan berada di bagian kanan atas.
  2. Pilih kembali menu WA Web, tampilan bakal berbeda lantaran Anda sudah terhubung dengan WA Web.
  3. Langkah berikutnya adalah pilih menu log out from all device. Kemudian bakal ada pop konfirmasi dan pilih tombol Log Out.

Maka, secara otomatis Anda telah keluar dari WA Web tersebut. Dan keamanan pun terjamin.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi WA Web

Tentunya dengan adanya aplikasi whatsapp web ini dibuat dengan beragam macam faedah dan kemudahan. Seperti nan ada di Aplikasi WA Web ini mempunyai kelebihan nan perlu Anda ketahui sebagai berikut;

1. Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja

Ada beberapa bagian di sebuah perusahaan nan sangat diuntungkan dengan adanya WA Web. Salah satu contohnya adalah bagian customer service nan memang kudu stand by melayani customer.

Dengan menggunakan whatsapp web mereka bakal mudah dan sigap melayani setiap pertanyaan ataupun keluhan dari customer.

Selain bagian customer service, bertindak pula untuk bagian marketing. Karena mereka bisa

2. Mudah untuk mengirimkan file

Dengan menggunakan Whatsapp web Anda tak perlu memindahkan file dari PC alias laptop ke smartphone.

Tentu ini menjadi untung tersendiri lantaran tak perlu bingung lagi utk mengirimkan file dengan kapabilitas nan cukup besar.

3. Tampilan sesuai dengan nan ada di smartphone

Tampilan nan sama kerap memudahkan para penggunanya. Karena dengan begitu tidak perlu beradaptasi lagi untuk menggunakan Whatsapp web tersebut.

Kekurangan Menggunakan WA Web

Selain mempunyai kelebihan, WA Web pun mempunyai kekurangan nan perlu diketahui dan juga diantisipasi, seperti:

1. Membutuhkan jaringan internet nan stabil

Karena ketika internet tidak stabil Anda bakal kesulitan mengakses WA web tersebut. Maka dari itu, pastikan kuota Anda tercukupi dengan baik. Dan periksa apakah jaringan tersebut tersedia di tempat Anda tinggal saat itu.

2. Tidak Bisa Melakukan Video Call dan Panggilan Suara

Jangan berambisi utk bisa melakukan panggilan bunyi alias video sama seperti nan ada di smartphone. Karena di Whatsapp web ini belum dilengkapi fitur tersebut. Jika mau menggunakan fitur tersebut maka kudu menggunakan smartphone nan Anda miliki.

3. Lebih Cepat menguras Daya baterai Smartphone

Seperti nan diketahui berbareng untuk bisa mengakses WA web tersebut kondisi baterai smartphone kudu stabil dan mempunyai kuota nan mencukupi. Tanpa perihal tersebut Anda tidak bisa mengaksesnya di website.

4. Whatsapp web tidak bisa diakses ketika smartphone mati.

Nah, itulah dia pembahasan mengenai langkah menggunakan Whatsapp web untuk memudahkan upaya anda.

Bisnis bakal lancar dijalankan lantaran setiap customer service Anda bisa menghandle dengan baik. Baik itu pertanyaan,complain, sampai promosi lewat WA web tersebut.

Bahkan seperti nan sudah dibahas di atas, bagian marketing pun bisa memanfaatkan perihal tersebut untuk mempromosikan produk, mencari donator, dan lain sebagainya.

Saat Ini, WA Web telah digunakan oleh banyak perusahaan di bumi maupun Indonesia. Tentunya mereka menggunakan perihal tersebut lantaran memang Sudha dirasakan manfaatnya terutama untuk kemajuan upaya nan mereka jalankan.

Ingat, Anda kudu konsentrasi pada kelebihan nan dimiliki aplikasi tersebut. Karena Pada dasarnya Whatsapp web ini sangat membantu dan berfaedah bagi penggunaan Whatsapp. Karena itu gunakanlah dengan sebijak mungkin dan sesuai dengan keperluan anda.

Dan nan paling penting, Jangan panik ketika smartphone Anda tertinggal di rumah. Karena whatsapp tetap bisa diakses lewat WA Web tersebut.

Semoga berfaedah untuk Anda nan sedang merintis ataupun sudah menjalnkan upaya dengan baik.

Selengkapnya
Sumber Bisnis Indonesia
Bisnis Indonesia