Cara Mengosongkan Google Drive Biar Semakin Lega

Sedang Trending 5 bulan yang lalu

Cara Mengosongkan Google Drive - Header

Gadgetren – Meskipun dapat digunakan secara gratis, kapasitas penyimpanan dasar yang ditawarkan oleh layanan Google Drive kepada para pengguna sebenarnya bisa dibilang sangat terbatas.

Setiap akun baru kini hanya akan memperoleh kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15GB. Itu pun digunakan untuk beberapa layanan secara bersamaan di mana mencakup Google Drive, Gmail, Google Photos, dan sekarang ditambah juga untuk cadangan WhatsApp.

Kita makanya perlu mengosongkan Google Drive secara berkala supaya tidak kehabisan ruang penyimpanan, kecuali mau berlangganan Google One atau Google Workspace. Dalam hal ini ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukannya.

1. Menghapus Berkas yang Sudah Tidak Diperlukan

Sudah menjadi hal wajar apabila dokumen, foto, video, atau audio yang dulunya penting menjadi usang seiring berjalannya waktu. Padahal jika dibiarkan begitu saja, berkas-berkas tersebut pun justru hanya akan memenuhi ruang penyimpanan di Google Drive.

Oleh karena itu, menghapus berkas-berkas tersebut pun dapat menjadi salah satu langkah yang bisa dicoba untuk mengosongkan ruang penyimpanan di Google Drive. Setidaknya nanti dapat menjadi tempat untuk dokumen, foto, video, atau audio yang baru.

2. Menghapus Berkas Berukuran Besar

Selain dokumen, gambar, video, hingga audio yang sudah tidak diperlukan, berkas dengan ukuran besar juga dapat menjadi penyebab penyimpanan di Google Drive semakin menipis. Kita yang memerlukan ruang untuk data-data baru pun bisa menghapusnya.

Namun jika masih merasa diperlukan, ada baiknya untuk memindahkan berkas-berkas tersebut ke ruang penyimpanan lain seperti komputer atau laptop yang umumnya mempunyai media soul berkapasitas besar. Menghapus berkas dengan cara di atas soalnya akan dilakukan secara permanen sehingga nanti tidak bisa dipulihkan.

3. Menghapus E-mail dengan Lampiran Besar

Berdasarkan pengalaman saya, lampiran dari email yang diterima juga menjadi salah satu penyebab kenapa Google Drive bisa cepat habis. Bahkan kadang-kadang ukurannya bisa lebih besar ketimbang berkas-berkas yang terlihat di pengelola ruang penyimpanan.

Untuk mengosongkan ruang penyimpanan di Google Drive, kita makanya dapat menghapus sejumlah email berukuran besar. Hanya saja sebelum melakukannya perlu dipastikan bahwa lampiran-lampiran yang masih sangat penting sudah disimpan atau dicadangkan ke tempat lain.

4. Mengelola Google Photos

Jika melakukan pencadangan foto dan video otomatis ke Google Photos, berkas-berkas yang diunggah ke layanan juga dapat membuat Google Drive semakin penuh. Kita pun terpaksa menghapusnya jika penyimpanan sudah benar-benar habis.

Dalam hal ini, kita dapat memilih foto atau video berukuran besar. Kita juga dapat mempertimbangkan untuk menghapus berkas-berkas yang sudah tersimpan sangat lama dan kemungkinan tidak diperlukan lagi.

Perlu dicatat beberapa fitur dari Google di atas tidak selalu muncul di seluruh pengguna karena tergantung pada tipe akun yang digunakan. Jika demikian, maka kita pun harus melakukannya secara manual lewat layanan yang sesuai.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged