Cara Menjual Carbon di IDXCarbon

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

FOLDERBISNIS.COM – Ingin ikut dalam jual beli carbon di Indonesia dan meraih untung dari carbon? Berikut langkah menjual carbon di IDXCarbon.

Di era kepedulian terhadap lingkungan nan semakin meningkat, Indonesia telah mengambil langkah besar dengan mendirikan bursa karbon sendiri, nan dikenal sebagai IDXCarbon.

Bursa karbon ini dikelola oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan memberikan kesempatan bagi perusahaan nan bisa mengurangi emisi karbon untuk menjual angsuran karbonnya kepada perusahaan nan melewati pemisah emisi.

Artikel ini bakal membahas lebih dalam mengenai apa itu IDXCarbon, serta cara-cara untuk ikut serta dalam jual-beli karbon di bursa ini alias langkah menjual carbon di IDXCarbon.

Baca Juga : Cara Membeli Saham BCA Terbaru 2023

Bagaimana IDXCarbon Beroperasi

IDXCarbon beraksi mirip dengan bursa karbon dunia lainnya. Saat ini, hanya perusahaan dan lembaga nan dapat menjadi pembeli angsuran karbon di bursa ini.

Hal ini sejalan dengan tujuan utama bursa karbon, ialah membantu negara mencapai sasaran net zero emisi, bukan sebagai sarana spekulasi.

Sebagai contoh, Bursa Karbon Korea, nan telah melangkah selama 8 tahun, juga belum melayani pembeli retail. Ini lantaran konsentrasi utamanya adalah pada perdagangan karbon sebagai perangkat untuk mengurangi emisi secara keseluruhan.

Syarat Menjual Carbon

Untuk ikut serta dalam aktivitas perdagangan karbon di IDXCarbon, lembaga alias perusahaan kudu mempunyai instansi dan aktivitas nan terdaftar di Indonesia.

Selain itu, perusahaan nan mau menyuplai angsuran karbon juga kudu terdaftar dalam Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN-PPI) nan dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Baca Juga : 10 Peluang Usaha Modal Kecil Bagi Pemula, Pengajuan Modal Bisa Daftar Melalui KUR BRI 2023

Harga Carbon di IDXCarbon

IDXCarbon mempunyai sistem pasar nan memungkinkan nilai angsuran karbon berfluktuasi. Harga angsuran karbon dapat naik alias turun tergantung pada kondisi pasar.

Sebagai contoh, saat pembukaan IDXCarbon, nilai angsuran karbon untuk produk Pertamina adalah Rp 69.900 per tCO2e.

Namun, hanya dalam beberapa jam, nilai tersebut naik menjadi Rp 77.000. Hal ini menunjukkan bahwa pasar karbon mempunyai volatilitas tertentu, dan pembeli karbon mempunyai keleluasaan untuk menjual kembali dengan nilai nan sesuai dengan sistem pasar.

Cara Menjual Carbon di IDXCarbon

Bagi lembaga alias perusahaan nan mau menjadi pengguna jasa IDXCarbon dan berperan-serta dalam jual-beli angsuran karbon, berikut adalah langkah-langkahnya:

Hubungi PT Bursa Efek Indonesia

Pendaftar dapat menghubungi PT Bursa Efek Indonesia melalui email di support.idxcarbon@idx.co.id untuk mendapatkan penjelasan mengenai tata langkah pendaftaran Pengguna Jasa Penukaran Karbon (IDXCarbon).

Siapkan Dokumen Pendukung

Pendaftar kudu menyiapkan dokumen-dokumen pendukung nan diperlukan untuk pendaftaran. Dokumen-dokumen ini termasuk:

  • Formulir Pendaftaran Layanan Pengguna IDXCarbon (Formulir 1)
  • Surat Pernyataan Calon Pengguna Jasa IDXCarbon nan bermaterai dan bertandatangan.
  • Fotokopi Anggaran Dasar (AD/ART)
  • Fotokopi Anggaran Dasar Perseroan
  • Salinan Akta Pendirian
  • Salinan Surat Izin Usaha
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Surat Keterangan Nomor Induk Berusaha alias Business Registration Number.
  • Daftar Pemilik Manfaat Perseroan
  • Laporan Keuangan Terkini (diaudit jika tersedia)
  • Fotokopi Rincian Rekening Bank nan digunakan untuk penarikan biaya alias arsip sejenisnya.
  • Salinan Rincian Akun Sistem Registri.

Kirim Dokumen

Semua arsip nan disiapkan kudu dikirimkan ke IDXCarbon melalui email ke support.idxcarbon@idx.co.id dengan titel email [PENDAFTARAN] Permohonan Pengguna Jasa Bursa Karbon PT (Nama Perusahaan).

Proses Persetujuan

IDXCarbon bakal melakukan peninjauan arsip nan telah diajukan. Proses ini biasanya menyantap waktu paling lambat 5 hari kerja.

Setelah seluruh proses peninjauan selesai, IDXCarbon bakal menerbitkan surat persetujuan dalam waktu paling lambat 5 hari kerja setelahnya.

Penutup

IDXCarbon membuka kesempatan bagi perusahaan dan lembaga untuk berperan-serta dalam perdagangan angsuran karbon, nan merupakan langkah krusial dalam mengurangi emisi karbon secara global.

Dengan mengikuti prosedur pendaftaran nan tepat, lembaga alias perusahaan dapat menjadi pengguna jasa IDXCarbon dan berkontribusi dalam upaya mencapai sasaran net zero emisi.

IDXCarbon adalah wadah nan menawarkan kesempatan besar bagi mereka nan mau berkedudukan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Jadi, jika Anda berkeinginan untuk berasosiasi dalam perdagangan angsuran karbon di IDXCarbon, jangan ragu untuk mengikuti langkah-langkah pendaftaran nan telah dijelaskan di atas.

Dengan demikian, Anda dapat menjadi bagian dari solusi dalam menghadapi perubahan suasana global. Itulah penjelasan mengenai langkah menjual carbon di IDXCarbon, semoga bermanfaat.

Selengkapnya
Sumber Bisnis Indonesia
Bisnis Indonesia