Hands On Xiaomi Pad 6 – Tablet Menarik di Harga Rp6 Jutaan

Sedang Trending 11 bulan yang lalu

Hands On Xiaomi Pad 6

Gadgetren – Saat ini Xiaomi Indonesia tengah memasarkan tablet terbarunya yang bernama Xiaomi Pad 6. Sebagai penerus Xiaomi Pad 5 di tahun 2021, Xiaomi Pad 6 sebenarnya masih membawa kinerja performa yang sama seperti sebelumnya.

Lantas apa saja peningkatan yang diberikan Xiaomi Pad 6 dari generasi sebelumnya? Tim Gadgetren berkesempatan untuk hands connected tablet baru tersebut yang diselenggarakan Xiaomi secara luring di daerah SCBD Senayan Jakarta.

Ketika melakukan unboxing, boks Xiaomi Pad 6 berisi satu portion tablet, kertas garansi, kertas panduan, dan kepala charger beserta kabel USB Type C. Xiaomi Pad 6 belum didukung aksesoris tambahan sehingga pembeli harus merogoh uang lagi untuk bisa menikmati stylus pen gen ke-2 dan keyboard magnetik. Untuk portion tabletnya saja dibanderol  dengan harga Rp4.999.000.

Sedangkan pembelian dengan salah satu aksesoris stylus pen gen ke-2 atau keyboard magnetik dilepas dengan harga Rp5.748.000. Sementara pembelian Xiaomi Pad 6 dengan kedua aksesoris tersebut dihargai  Rp6.497.000.

Pemasangan tablet Xiaomi Pad 6 ke keyboard magnetiknya menurut saya bisa dipasang dengan mudah, begitupun ketika dilepas. Keyboard Xiaomi Pad 6 juga bisa berperan menjadi casing untuk melindungi tablet dari goresan atau benturan benda keras.

Aksesoris-charger-Xiaomi-Pad-6

Modul kamera belakang Xiaomi Pad 6 pada casing keyboard ini memiliki ruang khusus sehingga tampak pas ketika dipasang. Dengan casing keyboard tersebut, saya bisa mengetik di tablet dalam perangkat berdiri seperti tenda.

Sementara untuk penggunaan stylus pen gen ke-2 ini menggunakan Bluetooth untuk dapat terhubung ke Xiaomi Pad 6. Setelah terhubung dengan cepat, stylus pen gen ke-2 juga memiliki fungsi shortcut untuk masuk langsung ke aplikasi Notes dengan mengetuk tombol yang ada di bodinya.

Tombol shortcut menuju aplikasi Notes bisa dibilang memiliki respon yang cepat dengan muncul keterangan pada layar untuk meminta saya mengetuk agar bisa masuk ke aplikasi Notes. Dengan fitur shortcut ini saya bisa mengakses Notes tanpa harus mencarinya di layar.

Selain bisa mengakses cepat aplikasi Notes, stylus pen gen ke-2 Xiaomi Pad 6 juga dapat menawarkan fungsi untuk pengoperasian Notes seperti memilih warna, jenis pensil, dan masih banyak lagi. Goresan menggambar maupun menulis juga memberikan pengalaman layaknya menulis di atas kertas.

Tap-to-Screen-to-start-writing-Xiaomi-Pad-6

Secara keseluruhan pengalaman berselancar pada layar seperti masuk ke aplikasi dan beralih ke aplikasi lainnya, dan menonton YouTube dengan stylus pen gen ke-2 juga memberikan kemudahan untuk menikmati konten.

Sementara dari segi audio, Xiaomi Pad 6 menggunakan empat speaker yang didukung Dolby Atmos dan sertifikasi Hi-Res Audio serta Hi-Res Audio Wireless. Suara dengan measurement penuh yang dikeluarkan terasa keluar dan hidup.

Tampilan gambar di layar 11″ berpanel LCD juga sudah cukup jernih karena dibekali resolusi WQHD+ (2880 x 1800 piksel) serta mendukung refresh complaint dari 30Hz sampai 144Hz, 99% DCI-P3, dan HDR10. Tingkat kecerahannya sudah mentok di 550 nit sehingga ketika digunakan di bawah sinar matahari akan terlihat silau di mata.

 Xiaomi-Pad-6-belakang.

Ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 870 Octa-Core (7nm) 3.2GHz, Xiaomi Pad 6 menjadi tablet alternatif baru lainnya yang bisa menjadi pilihan lain pengguna yang tengah mencari tablet terjangkau karena mendukung RAM dan baterai besar. Peningkatkan lain yang diberikan adalah RAM 8GB dari 6GB dan baterai lebih besar menjadi 8.840mAh dengan pengisian cepat 33W.

Tablet baru ini juga menyediakan fitur produktivitas lainnya seperti bisa membagi layar menjadi dua dan floating windows. Lalu memiliki fitur peredam suara bising untuk telekonferensi video dan  memiliki aplikasi WPS untuk mengetik dokumen.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged