Hasil Sidang Isbat Lebaran Sabtu 22 April 2023.

Sedang Trending 10 bulan yang lalu

Hasil Sidang Isbat: Lebaran Sabtu 22 April 2023


Motivindonews.com Labuhanbatu-Kementerian Agama telah selesai menggelar sidang isbat (penetapan) awal Ramadhan 1444 H. Hasilnya, menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

Artinya Lebaran menurut pemerintah berbeda dengan keputusan Muhammadiyah. Muhammadiyah yang memakai metode hisab (perhitungan matematis dan astronomis) telah memutuskan Lebaran Jumat, 21 April.

"Kami menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh hari Sabtu, 22 April 2023," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers usai sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (20/4) malam.

Keputusan ini diambil setelah peserta sidang telah mendengarkan kesaksian yang telah menyaksikan ada tidaknya hilal. Pemantauan hilal dilakukan di 124 titik di seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah semua sepakat," tambah dia.Dalam sidang yang dimulai pukul 17.00 WIB, petugas Kemenag di berbagai wilayah melaporkan tidak melihat hilal.

Untuk menentukan 1 Syawal, ketinggian hilal minimal 3°, dengan umur hilal minimal 8 jam.

Di 124 titik, hilal tidak terlihat memenuhi ketentuan. 

Sidang isbat dihadiri oleh perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Komisi VIII DPR, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, ahli astronomi, BMKG, ormas Islam, dan lainnya.(SP).

Artikel Terkait