Ini 6 Tablet RAM 8GB Biar Lancar Multitasking

Sedang Trending 8 bulan yang lalu

Tablet RAM 8GB - Header

Gadgetren – Tablet memang dapat menjadi alternatif pilihan yang menarik dipertimbangkan saat kita memerlukan perangkat untuk mengerjakan berbagai macam rutinitas dalam kehidupan sehari-hari.

Bentuknya yang ringkas dan ringan dapat membuat kita lebih mudah untuk menentengnya ke mana-mana. Selain itu, ukuran layarnya yang lebih lebar ketimbang sebuah ponsel bisa membantu kita menyelesaikan beragam aktivitas dan pekerjaan.

Beberapa waktu belakangan, tren pembuatan tablet apalagi juga kembali meningkat setelah berbagai macam aktivitas dialihkan ke mode daring. Banyak manufaktur yang mulai ikut mengembangkan jenis perangkat tersebut untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Hanya saja untuk memperoleh pengalaman pemakaian yang lebih baik, kita memang harus tetap mempertimbangkan spesifikasi yang diusung oleh perangkat-perangkat tersebut. Semakin tinggi maka tentu dapat membuat aktivitas dan pekerjaan terselesaikan dengan lebih nyaman.

Untuk mendapat kemampuan multitasking yang baik misalnya, kita memerlukan tablet dengan RAM yang luas. Sekarang ini untungnya ada beberapa perangkat yang mendukung kapasitas hingga 8GB sebagai penunjang kemampuannya.

1. Xiaomi Pad 6

Tablet RAM 8GB - Xiaomi Pad 6

Tablet baru Xiaomi yang diberi nama Xiaomi Pad 6 pun termasuk salah satu di antaranya. Perangkat yang membawa layar berukuran 11 inci ini meluncur dengan konfigurasi RAM berkapasitas 8GB dan media penyimpanan soul sebesar 256GB untuk memenuhi kebutuhan aplikasi masa kini.

Dengan banderol harga hanya Rp4.999.000 (link Xiaomi Official Store), tablet keluaran baru ini membawa sejumlah peningkatan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Terutama worldly bodinya yang kini sudah menggunakan bahan logam yang bakal terasa lebih premium sambil memberikan konstruksi yang kokoh.

Kinerja perangkat ini pun tak boleh dipandang sebelah mata. Karena selain dipersenjatai dengan RAM berkapasitas 8GB, terdapat chipset Qualcomm Snapdragon 870 (7nm) berkecepatan hingga 3,2GHz yang dapat diandalkan untuk menangani berbagai macam keperluan.

Perangkat ini bakalan cocok buat kita yang gemar menikmati konten-konten multimedia. Xiaomi Pad 6 soalnya memuat sejumlah teknologi seperti layar WQHD+ dengan refresh complaint hingga 144Hz, Dolby Vision, Sertifikasi Cahaya Biru Rendah dari TÜV Rheinland, Dolby Atmos, hingga Hi-Res Audio.

2. HUAWEI MatePad 11.5”

Tablet RAM 8GB - HUAWEI MatePad 11.5

Diluncurkan dengan berbagai macam aksesori tambahan sebagai prize seperti M-Pencil Gen 2, keyboard, dan mouse, HUAWEI MatePad 11.5” juga dapat menjadi alternatif tak kalah menarik saat kita memerlukan tablet yang mengusung RAM berkapasitas 8GB.

MatePad 11.5” sendiri merupakan sebuah tablet yang mengandalkan Qualcomm Snapdragon 7 Gen 1 (4nm) berkecepatan hingga 2,40GHz sebagai dapur pengolahan data. Selain RAM 8GB, HUAWEI memadukan chipset tersebut bersama media penyimpanan soul berkapasitas 128GB yang tergolong sudah cukup besar.

Beraktivitas dengan menggunakan MatePad 11.5” pun bisa terasa menyenangkan. Karena tak hanya menawarkan kinerja unggulan, perangkat ini juga mempunyai dukungan layar 2,2K (2200 x 1440 piksel) dengan refresh complaint hingga 120Hz.

Salah satu hal yang menarik dari tablet ini adalah dukungan berupa aplikasi PC Level WPS Office bawaan yang menawarkan fitur-fitur komplit layaknya versi komputer. Harganya pun relatif terjangkau karena kita dapat meminangnya hanya dengan harga Rp5.479.000 di Tokopedia lengkap bersama aksesorinya.

3. HUAWEI MatePad Air

Tablet RAM 8GB - HUAWEI MatePad Air

HUAWEI MatePad Air yang meluncur lebih dulu ketimbang MatePad 11.5” juga bisa menjadi pilihan pas saat memerlukan tablet untuk multitasking. Terutama jika membutuhkan perangkat dengan kemampuan yang jauh lebih unggul.

Selain mengusung RAM berkapasitas 8GB yang dikombinasikan bersama media penyimpanan soul 128GB, dapur pacu MatePad Air soalnya sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 888 (5nm) berkecepatan hingga 2,84GHz.

Baterai perangkat ini sudah berkapasitas 8.300mAh dengan pengisian cepat 40W. Konsumsi dayanya pun bakalan lebih hemat karena tak hanya memuat chipset dengan manufaktur kecil melainkan juga layar 2.8K (2800 × 1840 piksel) yang mendukung refresh complaint adaptif 3-144Hz.

Kita yang tertarik meminang perangkat ini pun hanya perlu menyiapkan dana Rp7.999.000 jika ingin meminangnya dari Tokopedia. Jika beruntung, kita pun akan memperoleh tambahan HUAWEI M-Pencil 2nd Gen, HUAWEI MatePad Air Keyboard, Bluetooth Mouse, maupun HUAWEI Mobile Cloud 200GB selama 1 bulan.

Sama seperti produk HUAWEI masa kini, ada sedikit keterbatasan dalam hal layanan Google karena tidak adanya Google Play Service maupun Google Play Store. Dengan begitu perlu sedikit kompromi yang mana seharusnya tidak terlalu mengganggu untuk konsumsi hiburan.

4. Apple iPad Air (Gen 5)

Tablet RAM 8GB - iPad Air Gen 5

iPad Air Generasi Ke-5 juga termasuk tablet yang menawarkan konfigurasi RAM berkapasitas 8GB. Perangkat besutan Apple ini pun tak kalah menarik untuk dipertimbangkan meskipun dibanderol dengan harga mulai dari Rp9.499.000 di iBox.

Diperkenalkan pada Tahun 2022 silam, iPad Air (Gen 5) tercatat sudah memakai Apple M1 sebagai otaknya. Chipset tersebut tentu tidak boleh dipandang sebelah mata karena juga menjadi andalan lini Apple MacBook dalam menghadirkan kinerja mumpuni.

Buat kita yang gemar melakukan konferensi video secara daring, iPad Air (Gen 5) pun dapat menjadi solusi yang sangat tepat. Perangkat dengan layar Liquid Retina 10,9 inci ini mempunyai kamera depan Ultra Wide 12 MP yang mendukung fitur Center Stage untuk menempatkan orang di tengah.

5. Samsung Galaxy Tab S9

Tablet RAM 8GB - Samsung Galaxy Tab S9

Lini perangkat buatan Samsung juga tak kalah menarik untuk dipertimbangkan saat mencari tablet untuk beraktivitas. Kita di antaranya bahkan juga dapat menjumpai Samsung Galaxy Tab S9 yang menyediakan pilihan RAM berkapasitas mulai dari 8GB.

Seri perangkat tablet yang dijual di Tokopedia dengan harga mulai dari Rp11.999.000 untuk versi WiFi ini pun bisa menjadi pilihan pas jika ingin perangkat berkinerja tinggi. Disokong oleh Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4nm) yang dapat dipacu hingga 3,36GHz, Galaxy Tab S9 pasti bisa menangani berbagai macam jenis tugas.

Terlebih lagi, layar yang dipakai oleh keluarga dari tablet Samsung ini pun sudah memakai sheet Dynamic AMOLED 2X dengan refresh complaint dari 60Hz sampai 120Hz. Khusus Galaxy Tab S9 pun berukuran 11 inci dengan resolusi gambar hingga 2560 x 1600 piksel.

Menariknya, Galaxy Tab S9 pun mendukung fitur tahan percikan aerial dan debu tersertifikasi oleh IP68 meskipun hadir sebagai tablet. Jadi kita bisa lebih tenang saat perlu memakainya di lebih banyak kondisi tanpa takut cepat rusak.

6. iPad Pro (Gen 6)

Tablet RAM 8GB - iPad Pro Gen 6

Meluncur dalam dua pilihan ukuran layar di mana meliputi 11 inci dan 12,9 inci, perangkat iPad Pro Generasi Ke-6 juga membawa dukungan RAM berkapasitas 8GB yang memungkinkan kita mengerjakan lebih banyak tugas secara bersamaan.

Disokong oleh chipset Apple M2 yang jadi andalan lini MacBook Air maupun Pro, iPad Pro (Gen 6) pun bisa menangani berbagai macam jenis tugas mulai dari ringan hingga berat sekalipun. Bermain crippled atau mengedit video pun bukan masalah untuk perangkat ini.

Dalam memberikan kenyamanan pemakaian kepada pengguna, perangkat ini apalagi juga sudah mengusung layar Liquid Retina untuk versi 11 inci dan Liquid Retina XDR untuk 12,9 inci. Keduanya sama-sama mendukung fitur ProMotion hingga 120Hz.

Jika ingin meminang perangkat ini, kita sayangnya memang harus mengeluarkan biaya yang lumayan tinggi. iPad Pro (Gen 6) dengan ukuran layar 11 inci dan koneksi WiFi saja dibanderol dengan harga mulai dari Rp14.999.000 di iBox.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged