Ini 8 Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z7 5G – Terlihat Sangat Menarik

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z7 5G Header

Gadgetren – Setelah bermain di kelas atas melalui iQOO 11 5G, kini iQOO telah memasuki kelas menengah dengan menghadirkan iQOO Z7 5G di Indonesia.

Untuk memberikan pilihan bagi masyarakat, perangkat yang satu ini hadir dengan dua varian yang terdiri dari RAM 8 GB + penyimpanan 128 GB seharga Rp4.299.000 dan RAM 12 GB + penyimpanan 256 GB seharga Rp4.899.000.

Dengan harga yang ditawarkan, tentunya kapasitas yang ditawarkan tersebut sudah terbilang lega. Sementara itu, iQOO Z7 5G juga telah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 782G yang telah mendukung jaringan 5G dengan kecepatan download hingga 3,7 Gbps dan upload hingga 1,6 Gbps.

Kelebihan iQOO Z7 5G

1. Lancar Jalankan Aplikasi Secara Multitasking

Dapur pacu iQOO Z7 5G telah dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 782G yang mampu menjalankan crippled dan aplikasi dengan lancar sambil memiliki konsumsi daya baterai yang efisien.

Bahkan berdasarkan pengujian soul iQOO dengan AnTuTu Benchmark v9.5.9, iQOO Z7 5G berhasil mendapatkan skor mencapai 593.000 poin yang mana termasuk tinggi untuk ponsel pintar 5G di kelas menengah.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin cair yang memiliki 10 lapis Lempeng Pending Ultrabesar dan Gel Termal Super yang diklaim mampu menurunkan suhu inti CPU hingga 15oC sehingga tetap terasa adem saat menjalankan crippled atau aplikasi dalam waktu lama.

iQOO Z7 5G Gaming

RAM dengan pilihan 8 GB atau 12 GB akan membuat aktivitas multitasking berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Apalagi terdapat fitur RAM Extension yang mampu meminjam ruang kosong penyimpanan soul menjadi RAM Virtual hingga 8 GB.

Sementara penyimpanan soul yang disediakan pun tergolong lega dengan pilihan 128 GB atau 256 GB. Perangkat ini juga hadir dengan Motor Linier Sumbu-X yang dapat memberikan umpan balik getaran yang tajam dengan reaksi centrifugal cepat.

Terdapat juga getaran 4D yang merupakan getaran khusus untuk aksi crippled seperti menembak agar terasa lebih nyata. Hadirnya kontrol crippled sensoris memungkinkan pengguna dapat mengatur gerakan atau kemiringan tangan sebagai pemetaan tombol untuk mencapai lebih banyak kemungkinan sehingga membuat pengalaman bermain crippled menjadi lebih imersif.

2. Layar dengan Visual Nyaman

iQOO Z7 5G hadir dengan layar IPS LCD 6,64 inci yang memenuhi bagian depan dengan dukungan  HDR10, 100% Color Gamut P3, dan resolusi Full HD+ (2388 x 1080 piksel) yang mampu menampilkan ocular secara jelas dan luas.

iQOO Z7 5G Display Gaming

Adapun fitur Eye Care dapat memberikan perlindungan mata dari radiasi sinar biru agar tidak cepat lelah ketika melihat layar dalam waktu yang lama. Penggunaan refresh complaint 120Hz membuat layarnya dapat menampilkan gerakan transisi antar paper dan animasi crippled secara halus.

Bahkan terdapat fitur Adaptive Refresh Rate yang memungkinkan kecepatannya dapat secara otomatis beradaptasi sesuai dengan konten yang dilihat mulai dari web, video, game, dan lainnya. iQOO pun mengklaim bahwa respon sentuhan jari terhadap layar memiliki presisi yang tinggi.

3. Desain Tampak Estetik

iQOO Z7 5G memiliki desain estetik yang hadir dengan balutan warna yang menarik. Matrix Blue menghadirkan warna gradasi dari biru, merah, ungu, dan putih yang akan berubah-ubah tergantung dari sudut pandang dan arah pantulan cahaya.

Sementara Metallic Grey memancarkan gradasi warna hitam dan abu-abu yang terlihat kalem ketika dilihat secara kasat mata. Masih pada bagian belakangnya, terdapat desain ringing Halo ganda dengan dua lingkaran besar di dalam kotak yang membuatnya terlihat menawan.

Lingkaran besar di bagian atas merupakan tempat kamera utama dan lingkaran besar di bagian bawah untuk menempatkan kamera depth. Tepat di sebelah kotaknya terdapat LED Flash dan tulisan OIS Photography High Definition.

iQOO Z7 5G Design

4. Kamera Utama 64 MP dengan OIS

iQOO Z7 5G sudah dilengkapi dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP dan kamera extent 2 MP yang mampu menghasilkan foto Portrait secara instan.

Kamera utama 64 MP dilengkapi untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang jelas. Terdapat juga mode Super Night yang membuat foto malam hari menjadi terang dan minim noise.

Mode Super Night menggunakan algoritma Peredaman Kebisingan Malam Hari terbaru yang dikombinasikan dengan pembelajaran algoritma AI sehingga dapat meningkatkan kualitas gambar dan membuat pencitraan di lingkungan dengan pencahayaan redup atau kompleks menjadi lebih jelas.

iQOO Z7 5G Camera

Aplikasi kameranya juga dilengkapi dengan fitur Super Moon ditambah algoritma AI untuk memotret bulan. Sementara itu, kamera utama iQOO Z7 5G dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization) yang memungkinkan perekaman video tetap stabil walaupun dalam keadaan bergerak atau berlari sekalipun.

Kamera depan 16 MP iQOO Z7 5G didukung spot AI sehingga dapat mengoptimalkan item utama pada subjek dimana membuat rambut lebih tegas dan tekstur kulit lebih halus pada foto selfie yang diambil.

5. Jagokan 120W Flash Charge

Dengan baterai 5.000mAh yang menjadi sumber energi kehidupannya, iQOO Z7 5G diklaim mampu bertahan hampir seharian dalam pemakaian normal, terutama untuk aktivitas sehari-hari.

Sementara itu, baterainya diperkirakan bertahan selama 6,07 jam untuk memainkan game, 18,06 jam untuk video streaming, 24,47 jam untuk Facebook, atau 58,64 jam untuk memutar lagu.

iQOO Z7 5G Charge

Menariknya lagi, iQOO Z7 5G sudah dilengkapi dengan fitur 120W Flash Charge yang mengisi daya baterai dari kondisi 0% ke 100% dalam waktu 26 menit. Hal ini tentunya membuat pengguna tidak perlu menunggu waktu saat mengisi daya, khususnya bagi yang memiliki kesibukan padat.

iQOO juga mengklaim bahwa fitur FlashCharge yang dihadirkan memiliki tingkat keamanan yang baik sehingga tidak akan menyebabkan baterai cepat rusak.

6. Dilengkapi Fitur Canggih

iQOO telah menghadirkan dua speaker ultralinear yang dapat menghasilkan suara stereo untuk memberikan pengalaman menonton video mampu memainkan crippled menjadi lebih imersif.

Terdapat juga algoritma ekspansi bidang suara yang diperluas dari 80o ke 120o sehingga memberikan latar belakang yang terbuka dan suara manusia yang lebih realistis.

iQOO Z7 5G (1)

Sebagai ponsel kelas menengah saat ini, iQOO Z7 5G sudah dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) untuk menunjang kebutuhan sehari-hari seperti pengecekan atau pengisian saldo kartu e-money.

Sensor fingerprint terdapat di bagian samping bersama tombol Power agar mudah untuk diakses. Adapun Funtouch OS 13 berbasiskan Android 13 yang memiliki tampilan antarmuka sederhana sudah dibenamkan dari awal.

Kekurangan iQOO Z7 5G

1. Tidak Punya Kamera Ultrawide Atau Makro

Dengan harga Rp4 jutaan, iQOO justru tidak menghadirkan kamera tambahan seperti ultrawide dan makri pada iQOO Z7 5G. Padahal jelas-jelas kamera jenis ini memiliki fungsi yang penting untuk kebutuhan fotografi masa kini.

Kamera ultrawide akan mampu mempermudah dalam menghasilkan foto dengan area luas tanpa perlu repot menggunakan mode Panorama. Begitu juga kamera makro yang mampu membidik objek dari jarak dekat.

iQOO-Z7-5G-1

2. Tidak Ada Slot microSD

Dengan penyimpanan soul besar, slot microSD dipilih untuk tidak hadir pada iQOO Z7 5G. Namun dengan tidak hadirnya slot microSD, penggunanya tentu harus memanfaatkan penyimpanan yang ada secara maksimal.

Salah satu alternatifnya dengan memanfaatkan penyimpanan awan seperti Google Drive, Microsoft OneDrive, dan lainnya untuk menjaga kapasitas penyimpanan ponsel tidak cepat penuh.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged