Ini 8 Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z7x 5G – Paket Komplit di Kelas Menengah

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kelebihan dan Kekurangan IQOO Z7x 5G - Header

Gadgetren – iQOO akhirnya meluncurkan ponsel mereka untuk menyasar pasar Indonesia di Tahun 2023. Salah satunya lewat iQOO Z7x 5G yang kini sudah bisa dipinang lewat berbagai saluran penjualan.

Perangkat iQOO Z7x 5G sendiri secara khusus meluncur dalam dua varian memori yang bisa dibeli dengan harga normal antara Rp3.299.000 dan Rp3.699.000. Ada dua corak warna yang bisa dipertimbangkan, yaitu Metalic Grey dan Tropical Blue.

Sama seperti iQOO Z7 5G yang turut meluncur bersamanya, iQOO Z7x 5G juga membawa sejumlah kelebihan dan kekurangan. Jika tidak mau terlalu menyesal maka kita pun perlu mempertimbangkan hal itu sebelum membeli perangkat tersebut.

Kelebihan iQOO Z7x 5G

1. Chipset Bertenaga yang Mendukung 5G

iQOO Z7x 5G mengandalkan Qualcomm Snapdragon 695 yang mendukung frekuensi hingga 2,2GHz sebagai dapur pacu. Jadi kita tidak perlu khawatir dengan kemampuan perangkat tersebut karena chipset ini termasuk salah satu yang bisa diandalkan di kelas menengah.

Perusahaan iQOO sendiri mengklaim bahwa chipset yang dikembangkan memakai teknologi TSMC 6nm ini mampu memberikan peningkatan kinerja dan penurunan konsumsi daya yang nanti bisa menyempurnakan pengalaman pemakaian.

Berdasarkan uji laboratorium mereka, iQOO Z7x 5G bahkan bisa menyentuh lebih dari 418.000 poin di AnTuTu v9 atau membawa peningkatan CPU hingga 15 persen dan GPU hingga 30 persen jika dibandingkan dengan generasi yang sebelumnya.

Tak hanya menawarkan kinerja yang mumpuni, Snapdragon 695 menariknya juga menawarkan berbagai macam teknologi mutakhir. Chipset ini di antaranya sudah mengemas modem jaringan 5G yang mana secara teori mempunyai kecepatan transportation information lebih baik dari LTE.

2. Multitasking Lancar dan Penyimpanan Lega

Di samping itu, kita pun tak perlu khawatir dengan kemampuan multitasking dari iQOO Z7x 5G. Perangkat tersebut soalnya sudah membawa dukungan RAM berkapasitas besar yang bisa diperluas dengan teknologi memori virtual.

Sebagai bawaan, iQOO sudah menyematkan RAM berkapasitas 8GB ke dalam iQOO Z7x 5G untuk kedua varian memori yang ditawarkan. Kita pun bisa memperluasnya dengan fitur Extended RAM yang mampu mengaktifkan memori virtual hingga 8GB jika masih merasa kurang.

iQOO Z7x 5G

Media penyimpanan yang diusung oleh perangkat tersebut juga lumayan besar karena bisa dipilih antara 128GB atau 256GB. Dengan dukungan ini, kita pun bisa menyimpan berbagai macam information dan aplikasi tanpa perlu khawatir akan cepat kehabisan ruang.

Kalaupun nanti kehabisan ruang, iQOO Z7x 5G juga mendukung slot kartu hibrida yang memungkinkan kita memasang Micro SD dengan kapasitas hingga 1TB. Jadi tak perlu bersusah payah untuk memindahkan information ke perangkat lain atau berlangganan penyimpanan awan.

3. Baterai Jumbo yang Disokong Pengisian Sangat Cepat

Yang cukup menarik, iQOO Z7x 5G membawa baterai yang lebih besar ketimbang berbagai macam exemplary ponsel sekelasnya. Perangkat menengah besutan iQOO tersebut dibekali dengan kapasitas daya hingga 6.000mAh padahal kebanyakan hanya 5.000mAh.

Dengan baterai berukuran jumbo ini, iQOO Z7x 5G tentu bisa diandalkan untuk menjalani berbagai macam aktivitas. Perangkat tersebut diklaim mampu bertahan hingga 77,05 jam untuk memutar musik, 24,30 jam streaming video, hingga 7,61 jam bermain crippled dalam satu kali pengisian daya.

Untuk mengimbangi baterai berkapasitas jumbo ini, iQOO Z7x 5G juga dilengkapi dengan teknologi 80W FlashCharge. Pengisian daya perangkat pun bisa berjalan lebih singkat di mana secara teknis bisa mengisi hingga 50 persen hanya dalam kurun waktu 25 menit.

Terlebih lagi, teknologi pengisian yang digunakan juga dibekali dengan berbagai algoritma kesehatan baterai yang mampu memperpanjang masa pakai hingga dua kali lipat. Perangkat tersebut bahkan diklaim bisa menyelesaikan siklus pengisian hingga 1.600 kali.

4. Kamera Beresolusi Tinggi

Meskipun hadir sebagai ponsel menengah berkinerja tinggi, iQOO Z7x 5G tidak melupakan aspek kamera yang jadi andalan bagi sebagian orang. Perangkat tersebut juga mengusung lensa utama beresolusi tinggi untuk menangani berbagai macam keperluan.

Kelebihan dan Kekurangan IQOO Z7x 5G - bodi

Lensa utama iQOO Z7x 5G mendukung resolusi hingga 50MP yang secara teknis bisa menghasilkan gambar berukuran besar sehingga tidak mudah pecah ketika dilakukan zoom atau dipotong. Teknologi pixel-binning yang dibawanya pun memungkinkan pengambilan gambar lebih baik di kondisi kurang cahaya.

5. Pengalaman Audio Visual yang Memanjakan

Meluncur di rentang harga Rp3 jutaan, iQOO Z7x 5G pun menawarkan layar IPS berukuran 6,64 inci dengan resolusi Full HD+ (2388 × 1080 piksel). Panel yang digunakan juga sudah mendukung refresh complaint adaptif hingga 120Hz yang mampu menyesuaikan konten.

Berbekal layar ini, kita pun bisa menikmati berbagai macam hiburan atau bermain crippled dengan lebih menyenangkan. iQOO apalagi juga menyematkan sejumlah perlindungan mata seperti select cahaya biru atau mode malam yang bisa membuat pemakaian semakin nyaman.

Yang cukup menarik, layar iQOO Z7x 5G pun mendukung touch sampling rate hingga 1.200Hz yang menawarkan respon lebih baik untuk bermain game. Panel perangkat tersebut selain itu juga diklaim mempunyai bidang sentuh yang lebih presisi sehingga mampu mengenali gerakan ujung jari secara lebih baik.

Tak cukup dengan layarnya, iQOO Z7x 5G juga bakalan memanjakan para pengguna dengan dukungan suara yang lebih baik. Perangkat tersebut soalnya tercatat sudah mengemas sertifikasi Hi-res Audio baik untuk kabel maupun nirkabel.

Terdapat juga fitur getaran 4D untuk menciptakan pengalaman bermain crippled yang lebih seru. Ada juga kontrol crippled sensoris yang memungkinkan kita memperoleh dukungan pengontrol lebih lengkap untuk mendukung berbagai macam aksi.

6. Bodi Cantik dan Tangguh

Seperti ponsel-ponsel di bawah naungan vivo, iQOO Z7x 5G juga tampil dengan desain yang sangat menarik. Bodinya ramping dengan penutup belakang yang dibuat agak melengkung di sisi sampingnya dan modul kamera bernama Ring Halo Ganda.

Ketangguhan perangkat dalam pemakaian pun tak boleh diragukan. Pasalnya sebelum meluncur ke pasaran, iQOO Z7x 5G akan menjalani pengujian yang sangat ketat seperti tes tombol daya hingga 150 ribu kali, tombol measurement 70 ribu kali, larboard USB 10 ribu kali, serta penggunaan di lingkungan ekstrem.

Kekurangan iQOO Z7x 5G

1. Belum Membawa Lapisan Pelindung Khusus

Meskipun sudah berhasil melewati pengujian yang ketat, saya tetap menyarankan supaya kita menambahkan lapisan pelindung layar baik itu surface guard, tempered glass, atau hydrogel. Perangkat tersebut soalnya belum membawa proteksi khusus seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya.

Kelebihan dan Kekurangan IQOO Z7x 5G - layar

Absennya lapisan pelindung seperti Corning Gorilla Glass tentu dapat membuat pemakaian sedikit lebih riskan. Layar perangkat tersebut bisa lebih mudah tergores akibat debu atau kotoran mikro tanpa sengaja yang mana bisa semakin parah seiring pemakaian.

2. Kamera Depan Beresolusi Standar

Dukungan kamera depan iQOO Z7x 5G juga bisa dibilang sangat standar meskipun membawa kamera utama yang cukup tinggi. Saat kebanyakan ponsel membawa resolusi lebih dari 13MP, perangkat tersebut masih mengandalkan lensa 8MP.

Padahal jika memakai lensa dengan resolusi lebih tinggi, perangkat tersebut bisa menghasilkan gambar yang lebih baik. Jadi kita tetap bisa mengabadikan foto diri dengan lebih mudah tanpa memerlukan bantuan orang lain.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged