Ini 9 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A78 5G – Cukup Untuk Kelas Menengah?

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A78 5G Header

Gadgetren – Bersaing dengan ponsel pintar lainnya di segmen kelas menengah, OPPO telah menghadirkan OPPO A78 5G yang memiliki beragam fitur.

OPPO A78 5G sudah dilengkapi dengan ColorOS 13 berbasiskan Android 13 yang memiliki tampilan antarmuka sederhana dan mudah dinavigasikan.

Pada sistem operasi ini terdapat fitur Split Screen yang dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Hadir juga dukungan fitur App Cloner yang dapat menggandakan aplikasi sehingga dapat menggunakan dua akun media sosial sekaligus dalam satu perangkat.

Perangkat ini juga sudah mendukung jaringan 5G dari usability dengan kecepatan download hingga 2,77 Gbps berkat penggunaan chipset MediaTek Dimensity 700.

Kelebihan OPPO A78 5G

1. Performa Lancar Berkat Dimensity 700

Dapur pacu OPPO A78 5G dipercayakan pada chipset MediaTek Dimensity 700 (7nm) yang diklaim mampu menjalankan aplikasi maupun crippled dengan lancar.

Hadirnya fitur HyperBoost dapat meningkatkan performa OPPO A78 5G ketika menjalankan game. Terdapat juga fitur Game Assistant yang dapat membuat pengalaman bermain crippled menjadi lebih imersif.

OPPO A78 5G pinch RAM Expansion

RAM 8 GB didaulat untuk menunjang multitasking dengan mulus saat menjalankan aplikasi dan game. Terdapat fitur RAM Expansion yang mampu meminjam ruang kosong penyimpanan soul menjadi RAM Virtual hingga 8 GB. Sementara penyimpanan internalnya sendiri mencapai 128 GB sehingga mampu menampung banyak aplikasi, game, maupun information sekaligus.

2. Layar 6,56″ dengan Refresh Rate 90Hz

OPPO A78 5G mempunyai layar dengan dukungan lebar 6,56 inci yang mampu menampilkan konten dengan leluasa. Terdapat fitur Eye Comfort yang dapat mengurangi radiasi sinar biru sehingga mata tidak mudah lelah ketika melihat konten dalam waktu yang lama.

Berkat refresh complaint 90Hz, gerakan transisi dan animasi crippled terlihat halus terutama ketika menjalankan crippled dengan framework complaint tinggi. Namun jika ingin lebih menghemat konsumsi daya baterai, tetap dapat mengunci refresh complaint hanya pada 60Hz saja.

3. Desain Menawan

Perangkat yang satu ini menggunakan warna bodi dan bingkai pinggir yang berkilau ketika terkena pantulan cahaya. Pada varian warna Ungu Bersinar dapat terlihat warna gradasi ungu yang menawan ketika dilihat dari beragam sudut yang berbeda.

Sementara pada varian warna Hitam Bersinar akan terlihat gradasi warna hitam yang terkesan kalem. Adapun terdapat dua lingkaran besar di dalam kotak melengkung pada bagian belakangnya mirip seperti OPPO Reno8 T.

OPPO A78 glowing purple

Untuk lingkaran besar pada bagian atas digunakan untuk menyimpan kamera utama dan lingkaran besar pada bagian bawahnya dipakai untuk menyimpan kamera depan beserta LED Flash.

Terdapat sertifikasi IPX4 yang membuktikan bahwa OPPO A78 5G telah tahan terhadap cipratan aerial sehingga masih kondisinya bakal tetap baik-baik saja ketika terkena cipratan gerimis.

4. Kamera Utama Beresolusi Besar

OPPO A78 5G hadir dengan dukungan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan extent 2 MP. Secara bawaan, kamera utamanya akan menghasilkan foto beresolusi 12,5 MP karena menggunakan teknologi 4-in-1 pixel binning agar mampu menyerap banyak cahaya sekaligus memiliki warna yang kaya.

Namun masih dapat menghasilkan foto dengan resolusi yang lebih besar dengan menggunakan kamera utama ketika mengaktifkan mode 50 MP. Sementara itu mode Portrait dapat menghasilkan foto dengan subjek yang terlihat jelas dan latar belakangnya memiliki efek bokeh berkat dukungan kamera depth.

OPPO A78 5G All

Tak hanya sampai di situ saja, OPPO juga telah mengombinasikan kemampuan dari kamera belakangnya agar bisa memaksimalkan resolusi foto menjadi sangat besar lewat kehadiran fitur 108 MP Ultra-Clear Image.

Selain dapat menghasilkan foto selfie dengan wajah yang mulus, kamera depan dari OPPO A78 5G juga dapat merekam video berkualitas Full HD (1080p) 30fps yang sama seperti kamera belakangnya.

5. Baterai Besar dengan 33W SUPERVOOC

Dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 5.000mAh, OPPO A78 5G diklaim mampu bertahan selama 7,55 jam untuk memainkan game, 16,63 jam untuk memutar video, atau 22,85 jam untuk telepon.

Terdapat juga Mode Hemat Daya Super yang memungkinkan daya tahannya menjadi semakin lama ketika persentase baterai sudah mencapai titik kritis antara 15% hingga 5%. Nantinya Mode ini akan menampilkan latar belakang berwarna hitam dengan maksimal enam pilihan aplikasi saja yang dapat dijalankan.

OPPO A78 5G 33W SUPERVOOC

Perangkat ini pun sudah dilengkapi dengan fitur 33W SUPERVOOC yang mampu mengisi daya baterai dengan cepat dari kondisi 0% ke 52% dalam waktu hanya 30 menit. Sementara dari kondisi 0% ke 100% akan memakan waktu 67 menit.

Tentunya dengan daya tahan baterai yang lama, OPPO A78 5G menjadi perfect untuk digunakan dalam rutinitas harian. Hadirnya fitur 33W SUPERVOOC jadi tidak perlu terlalu lama menunggu saat mengisi daya agar siap untuk digunakan.

6. Fitur Pendukung Lengkap

OPPO A78 5G sudah dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan untuk pembayaran digital, pengecekan atau pengisian saldo kartu e-money, hingga transportation information secara cepat.

Untuk membuat hiburan menjadi lebih hidup, OPPO juga telah menghadirkan dua speaker yang mampu menghasilkan suara secara stereo. Dengan dua speaker, suara yang dikeluarkan akan terdengar dengan jelas walaupun hanya menggunakan tingkat measurement 50% saja.

Bahkan terdapat Mode Ultra Volume yang dapat meningkatkan measurement mencapai 200% sehingga terdengar sangat kencang dan cocok untuk didengarkan bersama-sama banyak orang.

Kekurangan OPPO A78 5G

1. Tidak Memiliki Kamera Ultrawide

Meskipun sudah didukung multi kamera, namun OPPO A78 5G justru tidak memiliki kamera ultrawide. Bisa dibilang kamera jenis ini sudah digunakan oleh banyak ponsel kelas menengah lain di masa kini.

Kamera ultrawide sendiri memungkinkan untuk menghasilkan foto dengan area yang luas sehingga lebih mudah untuk mengambil foto pemandangan alam atau perkotaan secara instan tanpa harus repot menggunakan mode Panorama.

OPPO A78 5G Camera

2. Layar Masih HD+

Dengan harga Rp3.999.000, OPPO A78 5G masih menggunakan layar dengan resolusi HD+ (1612 x 720 piksel). Padahal ponsel di kelas yang sama sudah ada yang menggunakan layar dengan resolusi Full HD+.

Tentunya layar Full HD+ akan membuat konten yang ditampilkan lebih jernih dibandingkan layar yang masih beresolusi HD+. Padahal harga OPPO A78 5G sudah memungkinkan penggunaan layar Full HD+. Sisi baiknya, layar HD+ memungkinkan konsumsi daya baterai menjadi lebih hemat.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged