Ini 9 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 Pro 5G – Beneran Jawara

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 Pro 5G - Header

Gadgetren – Xiaomi memang tak hanya asal memasang motto “Jawara Tanpa Batas” untuk perangkat Redmi Note 12 Pro 5G yang mereka perkenalkan di kelas menengah beberapa waktu kemarin.

Perangkat tersebut soalnya membawa spesifikasi yang lengkap dan mumpuni untuk berbagai macam kebutuhan. Terlebih lagi, banderol harganya juga hanya Rp4.599.000 di mana bisa dikatakan cukup terjangkau jika kita mempertimbangkan apa yang dibawanya.

Meskipun demikian, mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan perangkat tersebut tetap harus dilakukan sebelum kita memutuskan untuk meminangnya. Jadi nanti bisa sedikit mengurangi rasa kecewa jika memang tidak sesuai harapan.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G

1. Kamera Jawara

Redmi Note 12 Pro 5G membawa dukungan lengkap yang membuatnya patut menjadi jawara di kelas menengah. Salah satu di antaranya pada aspek fotografi dan videografi di mana dibuktikan dengan hadirnya konfigurasi sistem kamera yang tinggi.

Di sisi peranti keras, Redmi Note 12 Pro 5G sudah menggunakan sensor kelas atas Sony IMX766 yang mempunyai resolusi hingga 50MP. Perangkat tersebut makanya mampu menghasilkan gambar yang baik pada berbagai macam kondisi.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 Pro 5G - Kamera

Berukuran sebesar 1/1,56”, Sony IMX766 memungkinkan kamera Redmi Note 12 Pro 5G menangkap cahaya dengan lebih baik. Sensor ini apalagi mengadopsi teknologi 4-in-1 pixel binning yang akan menggabungkan empat pixel berdekatan menjadi satu dan menghasilkan sensitivitas lebih tinggi.

Sensor ini juga mempunyai teknologi All-pixel Auto Focus yang menawarkan pemfokusan gambar berkecepatan tinggi. Dikombinasikan dengan OIS (Optical Image Stabilization) yang menawarkan pengambilan gambar minim guncangan, hasil foto maupun videonya pun bisa terlihat semakin jelas.

Guna mendorong kemampuan kameranya, Xiaomi sendiri mengembangkan algoritma kamera khusus bernama Xiaomi Imaging Engine. Di dalamnya memuat Ecosphere Engine, Color Engine, Bionic Sensing, Accelerating Engine, hingga Optic Fusion yang mampu meningkatkan kualitas dan proses pengambilan gambar secara cerdas.

Karena tidak lagi memakai chipset yang dilimitasi, Redmi Note 12 Pro 5G menariknya kini juga mendukung perekaman hingga 4K @30fps. Jadi kita tetap bisa menghasilkan video dengan resolusi sangat tinggi saat membuat konten unggahan.

2. Kinerja Bertenaga

Bagi kamu yang belum tahu, Redmi Note 12 Pro 5G kini menggunakan MediaTek Dimensity 1080 (6nm) berkecepatan hingga 2,6GHz sebagai dapur pacu. Chipset ini mempunyai kemampuan yang baik dalam menangani berbagai macam kebutuhan.

Hal itu bisa dibuktikan dari hasil uji coba benchmark memakai AnTuTu v9 untuknya yang mana rata-rata berkisar antara 475ribu hingga 510 ribu. Bermain crippled atau sekadar berselancar di media sosial bakalan terasa lancar tanpa kendala.

Terlebih lagi, Redmi Note 12 Pro 5G meluncur dalam satu varian memori dengan kapasitas yang besar. Perangkat tersebut tercatat membawa RAM bertipe LPDDR4X sebesar 8GB yang bisa diperluas dengan fitur representation hold hingga 5GB dan media penyimpanan soul UFS 2.2 sebesar 256GB.

Kita pun tak perlu khawatir saat ingin memakai Redmi Note 12 Pro 5G untuk bermain crippled dengan durasi lama. Perangkat tersebut soalnya mengusung lapisan granit berkinerja tinggi serta area pembuangan panas berukuran besar yang akan memastikan suhu tetap dingin.

3. Layar Menawan

Berbekal teknologi P-OLED, layar Redmi Note 12 Pro 5G pastinya mempunyai tampilan gambar yang dapat memanjakan mata. Panel ini soalnya mendukung kontras tinggi hingga 5.000.000:1, tingkat kecerahan sampai 900 nit, HDR10+, serta gamut warna DCI-P3.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 Pro 5G - Layar

Xiaomi apalagi juga menggunakan sheet berukuran sangat besar untuk Redmi Note 12 Pro 5G di mana bahkan tercatat membentang hingga 6,67 inci. Dengan resolusi hingga Full HD+ (2400 x 1080 piksel), gambar yang ditampilkan pun akan terlihat jelas.

Untuk menampilkan konten crippled atau video yang mendukung animasi tinggi, layar Redmi Note 12 Pro 5G juga bakalan mampu menampilkannya secara lebih mengalir. Panel perangkat tersebut soalnya membawa refresh rate yang bisa diatur hingga 120Hz.

4. Fitur Multimedia Lengkap

Pengalaman bermain crippled hingga menonton video pun bisa semakin menyenangkan karena Redmi Note 12 Pro 5G juga membawa dukungan multimedia yang lengkap. Termasuk di antaranya kita dapat menemukan Dolby Vision maupun Dolby Atmos.

Dolby Vision merupakan teknologi yang dirancang untuk meningkatkan kualitas penayangan video pada sebuah sheet layar sementara Dolby Atmos untuk menghasilkan suara spasial yang baik. Jadi nanti Redmi Note 12 Pro 5G mampu menawarkan pengalaman visual-audio yang terasa lebih nyata.

Di samping itu, Redmi Note 12 Pro 5G pun dilengkapi dengan jack 3,5mm yang mendukung pemutaran Hi-res Audio. Terdapat juga teknologi Hi-res Audio Wireless yang menawarkan dukungan serupa tetapi untuk perangkat nirkabel.

5. Baterai Besar dengan Pengisian Cepat

Seperti ponsel-ponsel yang meluncur di kelas menengah, Redmi Note 12 Pro 5G juga mengandalkan baterai berkapasitas 5.000mAh. Jadi kita tak perlu khawatir kehabisan daya saat sedang beraktivitas baik itu bekerja, menikmati hiburan, atau bermain game.

Jika kehabisan daya dan terpaksa untuk mengisinya terlebih dulu, kita pun tak perlu menunggu terlalu lama. Redmi Note 12 Pro 5G juga dibekali dukungan 67W Turbo Charge lengkap dengan charger dalam kotak penjualan yang bisa mempersingkat durasinya.

Dengan teknologi pengisian daya cepat ini, Xiaomi bahkan mengklaim perangkat Redmi Note 12 Pro 5G bisa dipakai kembali untuk berselancar di media sosial hingga 7 jam, bermain crippled 4 jam, menonton video 10 jam hanya dengan mengisi baterai selama 15 menit.

6. Bodi Premium

Desain minimalis Redmi Note 12 Pro 5G pun terasa premium. Selain mempunyai ketebalan yang hanya 7, 99mm di mana akan terasa cukup tipis saat dipegang, bodi belakang perangkat tersebut juga sudah memakai worldly berbahan kaca.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 Pro 5G - Bodi

Tersedia dalam dua pilihan warna antara Midnight Black dan Sky Blue yang menarik, bodi bermaterial kaca milik Redmi Note 12 Pro 5G tidak terasa licin berdasarkan hands-on yang pernah kami lakukan. Bahkan masih terasa nyaman untuk digenggam dengan satu tangan.

Kesan premium yang ditawarkan Redmi Note 12 Pro 5G semakin lengkap karena juga dilengkapi dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5 untuk layarnya. Ada juga sertifikasi IP53 yang akan memastikan perangkat lebih tahan terhadap percikan aerial dan debu.

Kekurangan Redmi Note 12 Pro 5G

1. Fitur Pendukung Kurang Lengkap

Berbeda dengan versi reguler yang dijual dengan harga lebih terjangkau, Redmi Note 12 Pro 5G sayangnya memang membawa fitur yang kurang lengkap. Perangkat tersebut sudah mengikuti jejak ponsel-ponsel kelas atas yang menghilangkan slot kartu microSD.

Oleh karena itu, kita harus memaksimalkan pemakaian media penyimpanan soul di mana untungnya sudah berkapasitas 256GB. Jika terasa masih kurang maka kita pun perlu mencoba layanan unreality atau rajin-rajin memindahkan information ke penyimpanan lain.

2. Kamera Tambahan Kalah dengan Kompetitor

Bukan rahasia lagi bahwa Redmi Note 12 Pro 5G juga mencoba menggoda para pengguna dengan kamera rangkap tiga. Selain lensa utama yang jadi andalan, perangkat menengah tersebut memuat sensor sudut lebar dan makro.

Sayangnya, resolusi yang ditawarkan oleh Redmi Note 12 Pro 5G untuk kedua jenis sensor ini bisa dibilang kalah jika dibandingkan dengan beberapa ponsel lain di kelasnya. Perangkat tersebut soalnya hanya mempunyai sudut lebar 8MP dan makro 2MP.

3. Masih Android 12

Hadir sebagai ponsel baru, Redmi Note 12 Pro 5G sayangnya masih menggunakan sistem operasi berbasis Android 12 padahal Android 13 sebenarnya sudah keluar. Perangkat tersebut kabar baiknya sudah memakai antarmuka MIUI 14 yang paling anyar.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged