Ini 9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6 – Harga dan Fitur Menarik

Sedang Trending 11 bulan yang lalu

Xiaomi-Pad-6-layar-2

Gadgetren – Akhirnya Xioami secara resmi telah memasarkan tablet generasi terbarunya di Indonesia yang bernama Xiaomi Pad 6. Dibandingkan dengan pendahulunya, secara performa masih membawa spesifikasi yang sama.

Namun tablet kelas menengah baru ini memberikan beberapa pembaruan di dalam bodinya yang masih dibanderol dengan harga sama seperti generasi sebelumnya yakni Rp4.999.000. Tak hanya itu dari segi desain, Xiaomi Pad 6 juga tampil dengan warna baru berupa biru muda.

Dengan harga tersebut, pengguna sayangnya belum mendapatkan aksesoris pendukung seperti stylus pen gen ke-2 dan keyboard magnetik sehingga harus menambah uang lebih untuk bisa merasakan pengalaman tablet seperti laptop.

Jika kamu merasa tertarik dengan tablet Xiaomi Pad 6 untuk menunjang aktivitas keseharian dan bekerja maka inilah kelebihan dan kekurangannya yang bisa kamu jadikan acuan untuk dapat meminangnya.

Kelebihan Xiaomi Pad 6

1. RAM Lebih Besar

Xiaomi Pad 6 menariknya membawa RAM lebih besar dari generasi sebelumnya menjadi 8GB. Tentunya dengan RAM lebih besar ini menjadikan kinerja aplikasi maupun sistem perangkat akan lebih lancar berjalan.

Sementara itu penyimpanan soul Xiaomi Pad 6 masih menawarkan besaran yang sama sebesar 256GB yang sudah bisa menunjang aktivitas produktivitas seperti untuk mencatat, browsing, mengetik, video telekonferensi, menonton film, dan bermain media sosial.

Xiaomi-Pad-6-1

2. Baterai Lebih Besar

Xiaomi Pad 6 juga memiliki kapasitas baterai lebih besar dibandingkan pendahulunya. Kini Xiaomi Pad 6 menyediakan kapasitas baterai 8.840mAh yang dilengkapi fitur pengisian cepat 33W.

Dengan baterai besar, Xiaomi Pad 6 diklaim bisa bertahan dalam kondisi siaga hingga 26 hari. Sementara untuk penggunaan mendengarkan musik bisa hingga 65 jam, untuk pemutaran video bisa sampai 16 jam, dan untuk membaca bisa sampai dengan 23 jam.

3. Stylus Generasi Kedua dengan Fitur Baru

Stylus generasi ke-2 pada Xiaomi Pad 6 hadir dengan dukungan fitur shortcut untuk mengakses aplikasi Notes dengan cepat. Caranya kamu hanya mengetuk tombol kecil yang tersemat pada bodi stylus tersebut.

Kemudian secara cepat pada layar akan memunculkan keterangan ‘Tap nan surface to commencement writing’ yang mana kamu harus mengetuk layar untuk dapat segera masuk ke aplikasi Notes. Dengan fitur shortcut Notes melalui stylus, pengguna bisa memangkas waktu untuk membuka layar.

Tap-to-Screen-to-start-writing-Xiaomi-Pad-6

4. Bisa Terhubung ke Monitor

Xiaomi Pad 6 mengutamakan penggunaan kolaborasi antar perangkat yang dapat membantu pengguna untuk presentasi, menikmati hiburan lebih imersif, hingga karaoke bersama. Dengan hadirnya larboard USB 3.2 Gen 1, Xiaomi Pad 6 dapat dihubungkan ke show eksternal melalui antarmuka USB-C.

5. Audio dan Layar Tersertifikasi Dolby

Konten hiburan baik dari sisi ocular dan audio yang dinikmati pada Xiaomi Pad 6 sudah tersertifikasi Dolby Atmos dan Dolby Vision sehingga segala macam konten bisa dihasilkan dengan kualitas gambar jernih dan audio terasa.

Xiaomi-Pad-6-Dolby-Vision

Ditambah lagi kini empat speaker yang mendukung sertifikasi Hi-Res Audio, Hi-Res Audio Wireless, dan AAC/LDAC/LHDC 3.0 sehingga dapat mengeluarkan suara yang hampir sangat baik kualitasnya. Menonton video di tablet tersebut dengan layarnya yang berukuran 11 inci berpanel LCD juga sudah cukup jernih dan cerah.

Layarnya juga dibekali dengan resolusi WQHD+ (2880 x 1800 piksel), mendukung refresh complaint dari 30Hz sampai 144Hz, 99% DCI-P3, dan HDR10. Selain itu layarnya juga telah mendapatkan sertifikasi TÜV Rheinland untuk perlindungan mata saat digunakan dalam waktu yang lama.

6. Chipset dengan Kecepatan Tinggi

Meskipun Xiaomi Pad 6 masih menggunakan chipset yang terbilang sudah lagi tidak baru, yakni Qualcomm Snapdragon 870 Octa-Core (7nm) 3.2GHz. Namun chipset ini tetap menawarkan kinerja yang lebih untuk menjalankan berbagai macam tugas. Chipset tersebut juga ditemani RAM LPDDR5 dan penyimpanan UFS 3.1.

7. Fitur Penunjang Lainnya

Kemudian, Xiaomi Pad 6 mendukung aktivitas video telekonferensi kamu dengan memberikan empat mikrofon yang dilengkapi peredam bising sehingga suara yang dihasilkan dalam video bisa terdengar dengan jelas.

Sementara pada tampilan video telekonferensi memiliki fitur seperti Fill ray untuk mencerahkan layar dan FocusFrame untuk membuat posisi wajah berada di tengah layar. Keperluan multitasking juga telah diberikan yang mana kamu bisa membagi tampilan menjadi dua dalam satu layar dan floating windows untuk berpindah aplikasi.

Kekurangan Xiaomi Pad 6

1. Hanya Tersedia Versi WiFi

Xiaomi Pad 6 versi Indonesia memiliki kekurangan pada konektivitas yang tidak didukung jaringan seluler sehingga harus mengandalkan jaringan WiFi saja. Selain itu, tablet ini tidak menyediakan larboard jack audio 3,5mm yang mana berarti membutuhkan perangkat audio nirkabel, USB-C atau, menggunakan adaptor jack 3,5mm.

Xiaomi-Pad-6-USB-3.2-Gen-1

2. MicroSD dan Pindai Sidik Jari Absen

Xiaomi Pad 6 tidak membawa dukungan microSD sehingga kamu harus memaksimalkan kapasitas yang ada untuk menyimpan berbagai data. Lalu tablet ini tidak memiliki PC mode saat terhubung ke show dan hanya mirroring saja. Kekurangan lainnya, tablet ini tidak menyediakan pemindai sidik jari.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged