Ini Cara Mengatasi Akun Twitter yang Ditangguhkan dengan Metode Baru

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Cara Mengatasi Akun Twitter yang Ditangguhkan Header

Gadgetren – Sejak Twitter dibeli oleh Elon Musk pada bulan Oktober 2022, banyak kebijakan-kebijakan baru yang bahkan beberapa aturan terbilang kontroversial sehingga membuat beberapa pihak tidak setuju.

Begitu pula terkait penangguhan akun yang mendapatkan aturan baru dimana telah diumumkan pada tanggal 1 Februari 2023 kemarin.

Kamu yang akunnya ditangguhkan kini bisa melakukan banding ke pihak Twitter sebagai metode baru selain sebelumnya dengan mengaktifkan akun secara mandiri dengan nomor ponsel dan membuka akun yang dikunci dari pesan yang diterima.

Pihak Twitter menyebutkan pengajuan banding terhadap akun yang ditangguhkan akan dievaluasi terlebih dahulu berdasarkan kriteria baru. Twitter sendiri menangguhkan akun hanya untuk pengguna yang telah melakukan pelanggaran berat, berkelanjutan, dan berulang terhadap peraturan Twitter.

Selain itu akun yang ditangguhkan telah terlibat dalam aktivitas spam, akun palsu, dan menimbulkan risiko keamanan untuk Twitter hingga pengguna lain. Bisa juga dikarenakan akun yang ditangguhkan telah diretas atau disalahgunakan hingga telah dilaporkan pengguna lain karena telah melakukan penghinaan seperti ancaman atau menirukan akun lain.

Bagi kamu yang merasa akunnya tidak disengaja ditangguhkan, pihak Twitter akan menghubungi orang yang bersangkutan atas akun tersebut untuk memastikannya. Namun untuk akun yang diretas, maka pihak Twitter akan mengamankan akun tersebut dan dipulihkan kembali ke pemilik akun yang asli.

1. Aktifkan Kembali Akun Secara Mandiri

Kamu bisa melakukan pembatalan akun Twitter yang ditangguhkan secara mandiri dengan masuk ke akun dan melihat perintah yang meminta kamu untuk memberikan nomor ponsel atau mengonfirmasi alamat email. Setelah itu kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi akun melalui salah satu dari dua metode tersebut.

Seharusnya dengan dua metode verifikasi tersebut, akun kamu dapat aktif kembali jika memang tidak ada masalah lain. Proses ini biasanya akan memakan waktu sepuluh hingga dua puluh menit, namun paling mudah untuk dilakukan sendiri dan efektif tanpa harus menghubungi pihak Twitter.

2. Melihat Pesan Pemberitahuan Akun Dikunci

Jika kamu bisa masuk ke akun Twitter kamu dan tidak bisa melakukan tweet selama satu hari, biasanya akun kamu sudah ditangguhkan dan bisa melakukan pemulihan akses setelah waktu yang ditentukan Twitter. Setelah itu kamu akan menerima pesan yang memberitahukan akun dikunci dan diminta untuk melakukan verifikasi tentang informasi tertentu untuk mendapatkan bantuan dalam membuka akun yang dikunci.

Akun yang dinonaktifkan sementara biasanya telah dilaporkan oleh pengguna lain atau pihak tertentu karena telah melakukan aktivitas spam dan perilaku menghina pengguna lain. Apabila kamu melihat pesan pemberitahuan akun dikunci, maka kamu harus memverifikasi kepemilikan melalui ponsel, email, atau recaptcha.

3. Ajukan Banding ke Twitter

Pengajuan banding dilakukan sebagai langkah terakhir bilamana kamu tidak bisa membatalkan penangguhan akun dengan dua metode sebelumnya. Banding yang kamu buat bisa berisi bahwa pihak Twitter telah keliru menangguhkan atau mengunci akun sehingga harus dipulihkan dengan beberapa alasan yang kuat.

Untuk melakukan banding ke Twitter, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Masuk ke akun Twitter di perangkat kamu.
  • Cari pesan pemberitahuan yang mengatakan bahwa akun kamu telah dikunci.
  • Ketuk tombol paper Go to Twitter.
  • Kemudian ketuk https://help.twitter.com/forms/general?subtopic=suspended. 
  • Isi formulir pengajuan banding.
  • Setelah mengisi lengkap informasi pribadi.
  • Ketuk centang pada kolom Are you human? untuk menjaga keamanan data.
  • Ketuk tombol Submit untuk mengirimkan pengajuan banding.
  • Buka email yang dikirimkan oleh Twitter.
  • Balas dengan alasan mengapa kamu tidak merasa melakukan penyalahgunaan akun Twitter.
  • Tunggu proses evaluasi dari Twitter apakah akun kamu pantas dipulihkan kembali.

Apabila akun kamu terbukti tidak bersalah atau tidak melanggar peraturan Twitter, maka penangguhan akun akan dibuka dalam waktu minimal dua hari sebelum bisa digunakan kembali.

Proses evaluasi yang dilakukan Twitter sendiri terhadap akun yang ditangguhkan membutuhkan waktu yang tidak bisa dipastikan berapa lamanya sehingga kamu harus perlu sabar menunggu karena Twitter akan mengumpulkan bukti-bukti terkait pelanggaran peraturan Twitter terhadap akun tersebut.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged