Ini Rasanya Mencicipi Kecanggihan Teknologi Mobil Hyundai STARGAZER X

Sedang Trending 8 bulan yang lalu

Ini Rasanya Mencicipi Kecanggihan Teknologi Mobil Hyundai STARGAZER X

Gadgetren – Hyundai Motor Indonesia (HMID) beberapa waktu lalu mengajak tim Gadgetren untuk mengikuti acara Media Drive Experience dalam mencoba mobil keluaran terbarunya di Tanah Air yakni Hyundai STARGAZER X.

Dilihat secara kasat mata, Hyundai STARGAZER X ini memiliki desain eksterior futuristik yang membuatnya terlihat menawan. Saya sendiri berkesempatan mencoba mobil dengan bodi yang berwarna Gravity Gold Matte dengan lapisan doff yang licin dan minim pantulan sehingga membuatnya terlihat mewah.

Untuk desainnya sendiri menggunakan konsep tipologi Sleek One Box dengan desain one-curve yang diklaim Hyundai dapat menciptakan profil areodinamis sehingga memberikan kesan interior yang lapang.

Hyundai STARGAZER X Lampu

Pada bagian depannya tepat dekat kap, terdapat LED DRL (Daytime Running Light) horizontal tipis yang mampu membuat mobil ini tampak terlihat futuristik. Apalagi pada malam hari, lampu LED berwarna putih tersebut akan terlihat lebih menarik lagi.

Tak lupa pada bagian belakangnya terdapat LED horizontal tipis berbentuk H dengan warna merah yang menjadi awalan dari huruf di Hyundai. Terdapat juga Distinctive H Rear Lamp yang lebih memperlihatkan lagi huruf H pada mobile ini yang mengisyaratkan bahwa produk dari Hyundai.

Hyundai STARGAZER X Dashboard

Sebagai mobil SUV (Sport Utility Vehicle), Hyundai STARGAZER X ini mempunyai interior dengan area yang luas. Untuk sheet dashboard dari mobil ini pun tampak stylish dengan desain Black Piano menghadirkan speedometer integer yang luas sehingga dapat menampilkan beragam informasi, layar 8 inci Touch Display Audio yang dapat terhubung dengan handphone, Ambient Light, dan operation dengan berbagai tombol fungsi.

Untuk mobil yang saya gunakan memiliki 6 kursi dengan rincian 2 kursi di bagian depan, 2 di tengah, dan 2 di belakang. Menariknya 2 kursi di bagian depan ini merupakan Captain Seat sehingga menyerupai kursi di bagian depan yang dapat membuat duduk nyaman untuk setiap orangnya.

Hyundai STARGAZER X Interior

Untuk 2 kursi bagian belakangnya dapat dilipat sehingga memudahkan saya untuk membawa banyak barang di dalam mobil.  Bahkan apabila membawa 1 penumpang pun, kursi bagian tengahnya dapat dilipat sehingga memudahkan untuk membawa lebih banyak barang.

Kursi pada mobil ini menggunakan lapisan kulit sintetis dan jahitan berwarna merah yang membuatnya terasa empuk ketika diduduki. Kenyamanan ini tetap terasa walaupun dilakukan perjalanan jauh.

Terkoneksi dengan Aplikasi Hyundai Bluelink

Hyundai STARGAZER X Bluelink Status

Salah satu hal yang paling diunggulkan pada Hyundai STARGAZER X ini adalah mampu terkoneksinya dengan aplikasi Hyundai Bluelink yang dapat diinstal di handphone berbasis Android maupun iPhone.

Aplikasi Hyundai Bluelink ini sangat mudah untuk dihubungkan dengan mobil STARGAZER X. Tentunya pada saat pembelian mobil ini, pembeli akan dibantu oleh pihak penjual agar bisa langsung menghubungkan aplikasinya dengan mobil STARGAZER X.

Sementara pada saat pemakaian selama di Solo – Yogyakarta, sudah tersedia handphone yang berisikan aplikasi Hyundai Bluelink yang sudah terhubung dengan mobil Hyundai STARGAZER X dari masing-masing peserta.

Hyundai STARGAZER X Bluelink Hidupkan Mesin

Pada halaman utama aplikasi Hyundai Bluelink, saya dapat langsung melihat gambar mobil beserta warnanya, position kondisi mesin kendaraan sedang menyala atau mati, terhubung dengan aplikasi atau tidak, kecepatan rata-rata, riwayat tempat yang telah dikunjungi, dan jarak tempuh.

Pada bagian Kontrol kendaraan di aplikasi Bluelink, saya dapat menghidupkan mesin mobil secara langsung dengan cukup menekan tombol Nyalakan Mesin dari luar mobil dari jarak dekat maupun jarak yang sangat jauh.

Setelah mesin mobil menyala, maka saya hanya perlu membuka kunci mobil. Hal ini tentunya memudahkan kita yang sedang menuju mobil agar mesin menyala terlebih dulu dan bisa memberikan waktu pada AC untuk menyejukan bagian dalam Hyundai STARGAZER X.

Perlu dicatat bahwa aplikasi Bluelink ini dapat diakses lebih dari satu orang di mana satu akun yang terhubung dengan mobil dapat diinstall pada 5 handphone atau tablet sekaligus sehingga membuat setiap anggota keluarga dapat mengawasi STARGAZER X yang dimiliki.

Hyundai STARGAZER X Bluelink Arahkan Kendaraan

Selain itu aplikasi Hyundai Bluelink ini juga dapat digunakan untuk mengunci kunci pintu mobil dari jarak jauh. Pada saat kelupaan mengenai posisi STARGAZER X berada, saya memilih paper Peta di aplikasi untuk mengetahui lokasinya berada.

Pada saat lokasi mobil ditekan pada peta, maka akan muncul paper pop-up dengan tombol Panduan AR dan Lampu/Klakson. Apabila memilih panduan AR, maka peta akan mengarahkan saya ke lokasi mobil berada.

Namun pada saat memilih Lampu/Klakson, maka mobil akan menyalakan lampu dan membunyikan klakson. Hal ini tentunya sangat memudahkan ketika saya sedang berada di lokasi dekat dengan mobil, terutama ketika terdapat mobil dengan seri yang sama.

Saya juga dapat menyalakan, mematikan, dan mengatur suhu AC yang terdapat pada mobil STARGAZER X dengan mudah melalui aplikasi. Sementara batas maksimal kecepatan atau radius paling jauh mobil pun masih dapat diatur melalui Hyundai Bluelink.

Hyundai SmartSense

Hyundai STARGAZER X SmartSense BCA

Beberapa fitur Hyundai SmartSense pada STARGAZER X yang telah dicoba pada acara Media Drive Experience terdiri dari Blind-Sport Collision-avoidance Assist (BCA), Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA), dan Rear View Monitor (RVM).

BCA ini dapat memonitor blind-spot yang tidak bisa dilihat pengemudi STARGAZER X di mana apabila ada kendaraan lain yang terdeteksi di sekitar mobil maka LED pada kaca spion akan menyala memberikan peringatan.

Hyundai STARGAZER X SmartSense RVM

Apabila ada risiko benturan dengan kendaraan di sisi samping dalam kecepatan rendah (0-3 km/jam), seperti misalnya saat keluar dari posisi parker parallel, maka sistem akan berfungsi secara otomatis membantu pengereman darurat.

RCCA dapat memperingatkan apabila ada kendaraan di jalur belakang yang mendekat pada saat mundur dan melakukan pengereman darurat jika diperlukan. Dibantu dengan RVM, membuat pengemudi STARGAZER X dapat lebih aman memantau pada layar 8 inci dashboard ketika mundur atau parkir karena kamera belakang akan memonitor area belakang mobil.

Fitur Andalan Lainnya

Hyundai STARGAZER X Android Auto

Handphone berbasis Android yang saya gunakan dapat terhubung dengan layar 8 inci Touch Display Audio yang berada di dashboard menggunakan fitur Android Auto dengan koneksi Bluetooth.

Dengan begitu saya pun dapat menyetel lagu di handphone agar tampil di layar mobil dan juga suaranya langsung dikeluarkan dengan lantang dan jernih oleh 8 speaker dengan sistem BOSE yang terdapat pada STARGAZER X.

Hyundai STARGAZER X Bose Speaker

Sementara saya juga dapat menampilkan Maps yang dibuka di handphone langsung ke layar mobil agar memudahkan dalam mengikuti rute dari lokasi awal berada ke lokasi tujuan selama acara Media Drive Experience berlangsung di Solo serta Jogja.

Pada bagian tengah depan mobil ini terdapat Tuas Transmisi Otomatis yang terdiri dari logo P untuk Parking, R untuk Reverse, N untuk Netral, D untuk Drive, atau S untuk Sport.

Hyundai STARGAZER X Transmisi Otomatis

Tuas dapat dipindahkan ke P ketika mobil sedang parkir, R ketika mobil sedang dimundurkan, N ketika ingin mobil dalam posisi berhenti sejenak, D ketika mobil sedang berjalan dengan normal, dan S pada saat mobil membutuhkan akselerasi yang lebih untuk mempercepat peningkatan kecepatan STARGAZER X.

Pada saat posisi tuas dipindahkan dari D ke S, maka speedometer pada STARGAZER X ini akan berubah warna dari biru ke merah yang membuat tarikan maupun akselerasi perpindahan kecepatan mobil menjadi lebih ringan.

Hyundai STARGAZER X Sport Mode

Tepat pada sebelah kanan tuas transmisi otomatis terdapat tombol Drive Mode yang memudahkan saya untuk mengganti mode STARGAZER X antara Eco, Normal, Sport, dan Smart yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan berkendara.

Tidak perlu repot lagi, tepat di bawah tuas transmisi otomatis terdapat Electric Parking Brake yang pada saat ditekan akan mengaktifkan rem tangan secara otomatis yang dapat digunakan ketika mobil sedang parkir maupun berhenti.

Hyundai STARGAZER X Charger Handphone

Pada area di antara dashboard dan tuas transmisi otomatis, terdapat larboard USB dan tempat wireless charging yang dapat digunakan untuk mengisi daya baterai. Port USB dapat digunakan untuk mengecas daya baterai dengan baik, namun saya belum mencoba fitur wireless charging karena tidak memiliki handphone yang mendukung.

Sementara pada baris kedua mobil, terdapat juga dua larboard USB yang dapat digunakan untuk mengecas perangkat. Dengan begitu, pengendara dan supir tidak perlu khawatir dengan masalah pengisian daya handphone maupun perangkat mobile lainnya.

Hyundai STARGAZER X Tombol SOS

Pada bagian atas depan mobil, terdapat tombol Bluelink dan SOS. Tombol Bluelink ini dapat digunakan untuk mengarahkan ke Call Center untuk Roadside Assistance dalam memandu ketika terjadi masalah pada mobil.

Namun selain menggunakan tombol fisik, Call Center juga dapat dihubungi dengan menggunakan aplikasi Hyundai Bluelink. Sementara tombol SOS dapat ditekan untuk mengarahkan ke Call Center SOS ketika terjadi keadaan darurat.

Mobil Hyundai STARGAZER X ini sendiri tersedia secara nasional di Indonesia dengan harga (On The Road / OTR Jakarta) mulai dari Rp325.600.000 untuk STARGAZER X Style dan Rp336.200.000 untuk STARGAZER X Prime.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged