Ini Tips Hemat Baterai di OPPO Reno8 T 5G Biar Perjalanan Mudik Makin Lancar

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

OPPO Reno8 T 5G Feature

OPPO Reno8 T 5G merupakan salah satu handphone yang dapat digunakan untuk menemani perjalanan mudik karena memiliki baterai berkapasitas 4.800mAh yang diklaim OPPO mampu bertahan lama dalam pemakaian normal.

Berdasarkan pengujian dari artikel sebelumnya, OPPO Reno8 T 5G ini berhasil mendapatkan skor 14 jam 45 menit dari PCMark for Android ketika layarnya menggunakan refresh complaint tinggi mencapai 120Hz.

Sementara pada layar dengan refresh complaint 60Hz, OPPO Reno8 T 5G ini berhasil mendapatkan skor 15 jam 54 menit. Pengujian daya tahan baterai ini juga dilakukan dengan parameter Work 3.0 Battery Life, tingkat kecerahan 50%, dan kondisi baterai 100%.

OPPO-Reno8-T-5G-BatteryBenchmark

Tak hanya sampai di situ saja, AccuBattery juga telah mencatatkan daya tahan Reno8 T 5G untuk menjalankan beragam aplikasi sehari-hari dengan Screen connected Time 7 jam 42 menit dari kondisi 100% ke 12% untuk layar dengan refresh complaint 120Hz.

Sementara berhasil mendapatkan Screen connected Time 8 jam 32 menit dari kondisi 100% ke 12% pada layar dengan refresh complaint 60Hz. Dengan kapasitas baterai yang dibawanya, tentunya daya tahan baterai OPPO Reno8 T 5G terasa lama.

Namun perlu dicatat bahwa daya tahan baterai perangkat ini dapat berbeda-beda tergantung dari kebiasaan pengguna. Sedangkan apabila kamu melakukan perjalanan mudik yang cukup lama, maka dapat menghemat konsumsi energi dari handphone agar daya tahannya dapat meningkat menjadi lebih lama.

Untuk itulah, kamu dapat melakukan beberapa tips agar bisa membuat daya baterai dari OPPO Reno8 T 5G menjadi lebih hemat. Hal ini tentunya akan berimbas pada penggunaan perangkat yang menjadi lebih lama selama perjalanan mudik.

Pakai Wallpaper Gelap

Reno8 T 5G Wallpaper Gelap

OPPO Reno8 T 5G sudah menggunakan layar dengan teknologi AMOLED, dimana akan mengaktifkan piksel yang berwarna saja. Sedangkan pada area hitam akan dibuat mati full sehingga akan menghemat konsumsi energi ketika menggunakan wallpaper dengan warna hitam atau gelap.

Pada perangkat ini juga disediakan fitur Always On Display yang aktif ketika layar istirahat, dimana didominasi warna hitam dan hadirnya beberapa informasi penting, seperti notifikasi, jam, tanggal, persentase baterai, gambar, dan lainnya.

Berkat hadirnya fitur Always On Display ini, kamu masih dapat melihat informasi penting pada layar. Namun layar akan menggunakan daya baterai yang tidak terlalu boros.

Tentukan Tingkat Kecerahan

Reno8 T 5G Brightness

OPPO Reno8 T 5G sudah dilengkapi dengan fitur Auto Brightness yang memungkinkan sistem dapat mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis sesuai kondisi lingkungan sekitar.

Misalnya tingkat kecerahan layar akan menurun ketika handphone sedang digunakan pada lingkungan yang redup atau malam hari dan secara otomatis tingkat kecerahannya ditingkatkan ketika tiba-tiba berpindah pada lingkungan yang berlimpah cahaya.

Namun justru fitur Auto Brightness ini bisa menguras daya baterai lebih besar karena kecerahan akan terus berganti tingkatnya ketika sedang beradaptasi pada kondisi cahaya di sekitar yang terkadang berubah-ubah.

Dengan begitu, sebaiknya kamu mematikan fitur Auto Brightness dan mengatur tingkat kecerahan secara manual. Berkat pengaturan manual ini, membuat kamu dapat langsung mengunci tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi sekitar agar tidak boros dalam mengkonsumsi daya baterai.

Nyalakan Fitur Power Saving Mode atau Super Power Saving Mode

Reno8 T 5G Super Power Sving

Pada saat kamu sedang tidak melakukan banyak aktivitas di perjalanan mudik, maka dapat mengaktifkan fitur Power Saving Mode agar aplikasi yang berjalan di-background handphone OPPO Reno8 T 5G dibatasi sehingga meminimalisir konsumsi energi.

Sedangkan pada saat persentase baterai sudah mengalami titik kritis dari 15% hingga 5%, maka kamu dapat mengaktifkan fitur Super Power Saving Mode yang dapat membuat daya tahan baterai menjadi sangat hemat sehingga cocok dipakai ketika baterai di Reno8 T 5G sedang sekarat.

Super Power Saving Mode mampu menggunakan daya baterai dengan sangat irit karena akan menampilkan latar belakang hitam pada halaman Home Screen dan hanya mengizinkan 6 ikon aplikasi yang muncul.

Tentunya hal tersebut mampu membuat konsumsi energi pada handphone menjadi lebih efisien karena menghentikan beberapa fitur dan hanya memungkinkan aplikasi yang berjalan dalam jumlah terbatas.

Aktifkan Airplane Mode

OPPO-Reno8-T-5G-DisplayFrontDiagonal

Pada saat di perjalanan mudik memasuki daerah yang memiliki sinyal seluler sedang kurang baik, sebaiknya kamu mengaktifkan fitur Airplane mode agar mematikan koneksi seluler sehingga dapat menghemat konsumsi energi dari OPPO Reno8 T 5G.

Kita ketahui bersama bahwa sinyal yang tidak stabil dan berpindah-pindah jaringan, misal 4G ke 3G dan sebaliknya yang secara terus menerus akan mengakibatkan penggunaan daya baterai menjadi boros.

Selain itu, Airplane Mode juga dapat digunakan ketika kamu sedang berada di dalam Pesawat Terbang untuk mudik ke kampung halaman. Tentunya dengan sinyal seluler yang dimatikan akan meminimalisir terjadinya gangguan gelombang di Pesawat Terbang.

Prioritaskan Widget

OPPO-Reno8-T-5G-DisplayHandsOn

ColorOS 13 yang disematkan pada OPPO Reno8 T 5G mempunyai beragam widget yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi shortcut aplikasi secara interaktif pada halaman Home Screen.

Widget yang muncul ini biasanya dihadirkan dengan tampilan yang menarik agar memanjakan mata pengguna, seperti jam, foto, cuaca, kalender, Google Translate, Tracking pengiriman, dan lainnya.

Namun perlu dicatat bahwa hadirnya banyak widget pada halaman Home Screen akan menyedot daya baterai OPPO Reno8 T 5G menjadi lebih banyak. Dengan begitu, sebaiknya kamu dapat memprioritaskan penggunaan widget yang memiliki fitur penting dan sering digunakan.

Hapus Aplikasi Penguras Daya Baterai

OPPO-Reno8-T-5G-DisplayHalfBottom

Perlu kamu ketahui bahwa terdapat beberapa aplikasi yang dapat menguras daya baterai OPPO Reno8 T 5G dengan cepat, seperti Facebook, Instagram, Telegram, TikTok, Snack Video, Twitter, dan lainnya.

Borosnya konsumsi energi tersebut diakibatkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut yang memiliki banyak fitur di dalamnya. Sebagai solusinya, kamu dapat menghapus atau uninstall beragam aplikasi tersebut.

Dengan begitu, kamu dapat mengakses Facebook, Telegram, Instagram, Twitter, TikTok, dan lainnya melalui aplikasi browser di handphone sehingga membuat penggunaan daya baterai menjadi lebih hemat.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged