Istri Punya Cicilan Lain, Bisakah Ajukan KUR BRI?

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Apakah bisa mengusulkan KUR BRI jika istri alias suami kita sudah punya angsuran di tempat lain?

Kira-kira itulah salah satu pertanyaan nan seringkali di pertanyakan. Mungkin perihal ini mengenai dengan beberapa syarat pengajuan KUR BRI.

Pertama, calon debitur tidak boleh mempunyai angsuran komersil di tempat lagi. Lalu syarat lainnya ialah calon debitur juga kudu mempunyai riwayat BI checking nan baik.

Sehingga jika pernah menunggak dalam suatu angsuran di perusahaan pembiayaan resmi, maka bisa di nilai sebagai debitur bermasalah alias apalagi di blacklist.

Namun apakah pihak Bank bakal melakukan BI checking pada suami dan istri sekaligus alias hanya calon debitur nan mengusulkan KUR saja? Yuk simak penjelasannya dengan komplit berikut ini!

Proses BI Checking

Seperti nan sudah kirta tahu, bahwa KTP dan kartu family merupakan termasuk syarat arsip nan kudu di berikan saat mengusulkan KUR. Namun, bukan hanya KTP pemohon KUR saja nan kudu di sertakan.

Nantinya pihak bank bakal meminta fotocopy KTP suami dan istri. Kemudian BI checking nan bakal di periksa itu dari sisi calon debitur dan juga pasangannya (jika sudah menikah).

Jadi sampai disini jelas ya, jika ada nan bertanya apakah keduanya (suami dan istri) bakal di periksa riwayat kreditnya?

Jawabannya, iya.

Hal ini tentu saja di lakukan untuk memandang apakah pasangan tersebut punya pinjaman di tempat lain alias tidak. Kalau iya, apakah ada riwayat angsuran macet ataukah tidak.

Nah, gimana jika sang suami mempunyai upaya dan mau mengusulkan KUR BRI namun istrinya sedang punya pinjaman lain? Apakah pengajuan KUR bakal di tolak ataukah tetap bisa lolos?

Baca juga, Pengajuan KUR DITOLAK? Ini Sebab dan Solusinya!

Syarat Pengajuan KUR BRI Agar Bisa Tetap Cair

Sebenarnya pengajuan KUR BRI tetap bisa lolos dan di cairkan meski pasangan sedang mempunyai angsuran di tempat lain. Namun dari sumber kanal Youtube Evan Alzaed, ada beberapa perihal nan perlu di perhatikan.

Misalnya saja, suami sudah mempunyai upaya nan melangkah lebih dari 6 bulan. Tapi rupanya istri sedang mempunyai angsuran lainnya, seperti paylater, alias angsuran kendaraan.

Nah nan perlu di perhatikan adalah apakah sang istri mempunyai pekerjaan alias penghasilan sendiri?

Jika iya, maka pengajuan KUR BRI memungkinkan untuk lolos dan di cairkan. Mengapa?

Sebab jika pasangan kita mempunyai penghasilan sendiri, itu berfaedah dia bisa bayar cicilannya sehingga potensi untuk tersangkut paut dengan penghasilan suami bisa di minmalisir.

Baca juga, Iuran BPJamsostek Bagi Penerima KUR 2023

Berbeda lagi jika istri/ pasangan kita tidak mempunyai penghasilan alias menjadi full time IRT (Ibu Rumah Tangga). Ia tidak mempunyai penghasilan selain nafkah nan diberikan suami. Sehingga Bank pasti berpikir bahwa penghasilan suami juga bakal di gunakan untuk melunasi cicilannya.

Biasanya jika kondisinya seperti ini maka pengajuan KUR bakal di tolak. Apalagi jika istri/ pasangan punya riwayat angsuran macet.

Namun seandainya pinjaman tersebut sudah lunasi alias mulai lancar kembali di bulan berikutnya, maka tetap ada kemungkinan pengajuan KUR BRI bisa di terima. Meskipun pelunasan pinjaman tetap berjalan.

Oh ya, sebagai info tambahan saja. Bagi Anda nan berencana mengusulkan KUR di bulan Ramadhan ini, sebaiknya menyiapkan persyaratan dengan baik dan mendaftar sesegera mungkin.

Karena berasas info dari Bank BRI, selama Ramadhan tahun ini, permintaan KUR sangat meningkat.

Baca juga, Pengajuan KUR BRI Melesat di Bulan Ramadhan 2023!

Kesimpulan

Jadi gimana nasib pengajuan KUR BRI kita jika pasangan punya pinjaman di tempat lain?

Dari penjelasan diatas bisa simpulkan bahwa sebenarnya potensi pengajuan KUR BRI bisa di terima tapi juga bisa di tolak. Ini tergantung kapabilitas income sang istri/ pasangan tersebut dan juga riwayat kreditnya.

Jika istri/ pasangan mempunyai penghasilan sendiri dan punya riwayat angsuran nan lancar-lancar saja maka kemungkinan pengajuan KUR bakal tetap di ACC Bank, dan juga sebaliknya.

Demikian penjelasan mengenai pertanyaan pengajuan KUR jika pasangan mempunyai angsuran di tempat lain. Semoga informasinya bermanfaat.

Selengkapnya
Sumber Bisnis Indonesia
Bisnis Indonesia