Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 7 – Ponsel Gaming yang Generasi Selanjutnya

Sedang Trending 11 bulan yang lalu

Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 7 - Header

Gadgetren – Keran pemesanan awal atau pre-order dari ponsel gaming ASUS ROG Phone 7 sudah dibuka di beberapa saluran penjualan meskipun belum diperkenalkan secara resmi di pasar Indonesia.

Kamu yang memerlukan pengalaman bermain crippled seluler dengan lebih baik pun bisa segera merapat ke lokasi-lokasi tempat pre-order karena ada hadiah eksklusif dari ASUS ROG Indonesia bagi sejumlah pembeli pertama perangkat tersebut.

Jika mempertimbangkan spesifikasi yang diperkenalkan secara global, perangkat tersebut termasuk solusi pas bagi kita yang gemar bermain game. ROG Phone 7 soalnya membawa sejumlah keunggulan yang bisa meningkatkan pengalaman untuk hal itu.

Kelebihan ASUS ROG Phone 7

Perangkat crippled besutan ASUS tersebut salah satu di antaranya sudah membawa Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 sebagai dapur pacu. Dengan chipset ini, berbagai macam judul crippled dari ringan hingga berat bukan masalah besar untuk ROG Phone 7.

Chipset flagship yang mampu dipacu hingga 3,2GHz ini menawarkan sejumlah peningkatan jika dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 di ASUS ROG Phone 6. Termasuk kinerja 15 persen lebih cepat, pemrosesan grafis 20 persen lebih bertenaga, dan konsumsi daya 15 persen lebih efisien.

Ditambah lagi, ASUS juga menyematkan dukungan memori yang sangat baik untuk mendorong kemampuan chipset ini. Mereka sudah menggunakan RAM LPDDR5X berkapasitas minimal 12GB serta media penyimpanan soul UFS 4.0 ke dalam ROG Phone 7.

Agar suhu perangkat tetap dingin dan kinerjanya bisa stabil meskipun dipakai bermain crippled berat dalam durasi lama, ASUS pun menyematkan sistem pendingin yang ditingkatkan. Mereka secara khusus memberinya nama dengan sebutan Gamecool 7.

Gamecool 7 disebut membawa tiga pendekatan yang memungkinkan proses pendinginan chipset akan berlangsung dari segala arah. Sistem ini menggabungkan antara Rapid-Cycle vapor enclosure dan graphite di sisi depan, Boron Nitride (BN) di sisi belakang, serta tambahan dari aksesori AeroActive Cooler 7.

ASUS-ROG-Phone-7-Ultimate-2

Sedikit catatan, AeroActive Cooler 7 juga membawa sejumlah peningkatan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Aksesori penunjang ini kini tak hanya menawarkan kemampuan pendinginan lebih baik tetapi juga tambahan subwoofer untuk meningkatkan produksi suara bass.

Layar ROG Phone 7 juga tergolong cukup menarik. Selain membawa sheet AMOLED 6,78 inci dengan resolusi gambar hingga Full HD+ (2448 x 1080 piksel), perangkat tersebut juga mempunyai refresh rate hingga 165Hz yang notabene paling tinggi untuk ponsel masa sekarang.

Fitur penunjang bermain crippled dari ROG Phone 7 juga cukup komplit. Perangkat tersebut tercatat membawa mulai dari tombol ultrasonik AirTrigger yang dapat difungsikan selayaknya L dan R konsol, motion pengontrol, X-Haptic untuk umpan balik, serta Supercharged Software untuk mengelola banyak hal.

Keunggulan dari ROG Phone 7 juga terletak pada aspek dukungan dayanya. Perangkat tersebut sudah mengemas baterai berkapasitas 6.000mAh dengan teknologi 65W HyperCharge yang hanya memerlukan waktu sekitar 42 menit untuk mengisi hingga penuh.

Sebagai penunjang pada aspek daya ini, ROG Phone 7 pun memiliki beberapa fitur unggulan seperti Steady Charging untuk mengatur kecepatan pengisian dan Bypass Charging untuk menjeda prosesnya saat perangkat dipakai bermain game.

Kekurangan ASUS ROG Phone 7

Karena dirancang sebagai perangkat untuk bermain game, ROG Phone 7 sayangnya melewatkan sebuah hal dalam sistem kameranya. Ponsel tersebut memang sudah dilengkapi dengan lensa utama Sony IMX766 beresolusi 50MP dan ultra-wide 13MP tetapi belum membawa sensor telefoto yang umumnya jadi andalan di kelas flagship.

Kita yang mempunyai Micro SD dan berencana memakainya kembali harus mengurungkan niat karena ponsel tersebut pun tidak dilengkapi dengan slot khusus untuk itu. Memori hanya saja memori penyimpanan yang besar dari ROG Phone 7 seharusnya sudah cukup memadai untuk pemakaian di masa sekarang.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged