Kelebihan dan Kekurangan IQOO Z7 Pro – Tampak Lebih Premium

Sedang Trending 8 bulan yang lalu

Kelebihan dan Kekurangan IQOO Z7 Pro - Header

Gadgetren – Melanjutkan lini IQOO Z7 yang sudah diboyong ke Indonesia pada Bulan April 2023 kemarin, IQOO memperkenalkan sebuah ponsel baru dengan spesifikasi lebih menarik sebagai varian Pro-nya.

Meskipun sudah diperkenalkan secara global, ponsel yang diberi nama IQOO Z7 Pro tersebut sayangnya belum dibawa masuk secara resmi ke Indonesia. Sekarang ini pun baru tersedia secara terbatas di sejumlah wilayah yang mana termasuk India.

Jika melihat banderol harganya untuk wilayah India, perangkat tersebut tampaknya akan ikut meramaikan pasar di rentang harga Rp4 jutaan. Kita pun dapat mempertimbangkannya saat mencari ponsel baru apabila melihat kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan IQOO Z7 Pro

Selaras dengan fokus pengembangan submerek perusahaan vivo yang menjadi tempat kelahirannya, IQOO Z7 Pro pun meluncur dengan dibekali kinerja mumpuni. Perangkat tersebut secara khusus sudah memakai chipset MediaTek Dimensity 7200.

Dimensity 7200 merupakan chipset 4nm yang mampu dipacu dengan kecepatan hingga 2,8GHz. Dengannya, IQOO Z7 Pro mampu menyentuh angka lebih dari 728.911 poin ketika diuji menggunakan aplikasi AnTuTu versi 10 di laboratorium vivo.

Dengan chipset ini, IQOO Z7 Pro pun tentu mampu menangani berbagai macam tugas mulai dari ringan hingga berat sekalipun. Perangkat tersebut apalagi juga membawa RAM 8GB yang bisa diperluas hingga full 16GB agar multitasking semakin lancar.

Saat mengerjakan berbagai macam aktivitas, kita pun bisa lebih tenang tanpa khawatir perangkat mudah kehabisan daya. Baterai 4.600mAh yang dibawanya diklaim mampu bertahan hingga 56,85 jam untuk memutar musik, 22,36 jam berjejaring di media sosial, 20,89 jam menonton video, atau 7,28 jam bermain game.

Guna menunjang baterainya, IQOO Z7 Pro juga sudah dipersenjatai dengan teknologi 66W FlashCharge yang dapat mempersingkat durasi waktu pengisian daya. Perangkat tersebut makanya hanya memerlukan sekitar 22 menit untuk mengisi hingga kapasitas 50 persen.

Mengikuti sejumlah ponsel yang meluncur di kelas menengah, IQOO Z7 Pro juga tampil dengan desain layar yang terlihat premium. Sisi-sisi sheet AMOLED yang dipakainya sudah dibuat melengkung dengan sensor pemindai sidik jari tertanam.

Kekurangan IQOO Z7 Pro

Hanya saja sebagai gantinya, ada beberapa dukungan yang dihilangkan dari IQOO Z7 Pro. Ponsel tersebut pun mengikuti jejak perangkat flagship yang menghilangkan slot kartu Micro SD untuk memperluas ruang penyimpanan saat terasa kurang.

Tanpa dukungan slot kartu Micro SD, kita pun perlu mengelola penyimpanan di IQOO Z7 Pro secara bijak. Kita bisa mencoba menghapus berkas yang sudah tidak diperlukan, mencopot aplikasi yang tidak dipakai, memindahkan information ke perangkat lain, atau menggunakan layanan penyimpanan awan.

Selain slot kartu Micro SD, IQOO Z7 Pro juga memperkenalkan diri tanpa membawa jack audio 3,5mm. Jika gemar mendengarkan musik, menonton video, atau bermain crippled maka kemungkinan kita perlu menyiapkan dana tambahan untuk membeli perangkat suara nirkabel atau adapter.

Kita di samping itu juga perlu mempertimbangkan bahwa IQOO Z7 Pro belum mendukung fitur tahan percikan aerial dan debu apapun. Banyak ponsel yang meluncur di kelasnya padahal sudah mulai membawa dukungan ini walau berbeda-beda tingkatannya.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged