Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A14 4G – Layak Dipertimbangkan?

Sedang Trending 11 bulan yang lalu

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A14 4G - Header

Gadgetren – Selang kurang lebih satu bulan sejak meluncurkan Samsung Galaxy A14 5G, Samsung pun memperkenalkan exemplary 4G dari seri ponsel itu untuk menyasar lebih banyak pasar.

Disebut dengan Samsung Galaxy A14 4G, perangkat baru tersebut mengemas bodi yang sangat mirip dengan saudaranya itu. Hanya saja komponen-komponen yang digunakan di dalamnya memang sangat berbeda.

Galaxy A14 4G tentu bisa menjadi salah satu pilihan menarik saat sedang mencari perangkat baru. Adapun buat kamu yang ragu-ragu untuk meminangnya, berikut mengenai kelebihan dan kekurangan perangkat tersebut sebagai bahan pertimbangan.

Kelebihan Samsung Galaxy A14 4G

1. Konfigurasi Kamera yang Komplit

Samsung membekali Galaxy A14 4G dengan kamera utama berlensa tiga seperti saudaranya. Hanya saja mempunyai konfigurasi yang sedikit berbeda di mana perangkat tersebut mengusung sensor 50MP, ultra-wide 5MP, dan makro 2MP.

Dengan kata lain, Samsung mengganti sensor kedalaman 2MP yang sebelumnya digunakan oleh Galaxy A14 5G dengan ultra-wide 5MP. Saya pribadi lebih menyukai hal ini karena bakal lebih berguna saat perlu mengambil gambar dengan sudut lebih lebar daripada hanya menjadi gimik.

Di samping itu, kita pun tidak boleh melupakan sensor kamera utamanya yang mempunyai resolusi hingga 50MP. Kita secara teknis bakalan bisa mengambil gambar dengan ukuran lebih besar sehingga nanti tidak akan pecah saat di-zoom atau dicetak dengan ukuran jumbo.

Untuk kebutuhan berswafoto, ponsel pintar garapan Samsung tersebut pun sudah mendukung kamera beresolusi 13MP. Jadi sudah cukup bisa diandalkan untuk mengabadikan berbagai macam momen penting, membagikan konten ke sosial, maupun melakukan panggilan video.

2. Baterai Berkapasitas Besar

Kita yang mempunyai aktivitas padat selama sehari penuh pun tak perlu resah saat menggunakan Galaxy A14 4G. Perangkat tersebut soalnya dibekali dengan dukungan baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh.

Bahkan dalam klaimnya, baterai berkapasitas 5.000mAh dari Galaxy A14 4G mampu bertahan hingga 20 jam untuk menonton video, 52 jam untuk berbincang lewat panggilan VoLTE, atau 92 jam jika sekadar memutar musik.

3. Layar Full HD+ yang Luas

Sama seperti kebanyakan perangkat yang meluncur di kelas menengah ke bawah, Galaxy A14 4G pun mengandalkan layar berukuran lebar untuk menggoda pengguna. Perangkat tersebut mengusung sheet IPS 6,6” beresolusi Full HD+ (2408 x 1080 piksel).

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A14 4G

Menonton video hingga berselancar di media sosial makanya bakalan terasa lebih menyenangkan dengan memakai Galaxy A14 4G. Konten-konten yang ditampilkan oleh perangkat tersebut akan terlihat dengan jelas dan tajam.

4. Kapasitas Memori Cukup Untuk Sekarang

Saat mencari perangkat di masa sekarang, kapasitas RAM dan media penyimpanan soul menjadi faktor yang harus dipertimbangkan. Sistem dan aplikasi seluler semakin ke sini soalnya semakin membutuhkan ruang yang lebih besar.

Kabar baiknya, Galaxy A14 5G pun bisa menjadi salah satu opsinya. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan RAM berkapasitas 6GB dan penyimpanan 128GB di mana menjadi konfigurasi standar yang harus dimiliki oleh perangkat di masa sekarang.

Kalaupun dirasa kurang, Galaxy A14 4G juga menyediakan fitur RAM Plus yang bisa dipakai mengekspansi memori. Terdapat juga slot kartu microSD sebagai solusi saat media penyimpanan internalnya sudah penuh.

5. Fitur Lumayan Lengkap

Hadir sebagai solusi bagi kita yang memerlukan handphone terjangkau, Galaxy A14 4G pun menariknya tak meninggal sejumlah fitur di luar spesifikasi esensialnya. Jadi kita bisa mengerjakan beberapa hal secara lebih mudah.

Handphone keluaran anyar Samsung tersebut di antaranya masih membawa sensor pemindai sidik jari yang disematkan di sisi samping bersama tombol Power. Dengan begitu, kita bisa lebih praktis untuk membuka kunci layarnya.

Perangkat Samsung tersebut juga sudah mengusung sensor NFC (Near Field Communication). Jadi kita bisa dengan mudah untuk menghubungkan aksesori, mengecek saldo e-money, atau melakukan pembayaran digital.

Terdapat juga jack audio 3,5mm yang bisa digunakan mendengarkan musik atau bermain crippled dengan headset kabel tanpa perlu aksesori tambahan. Ada juga slot kartu terdedikasi (SIM 1 + SIM 2 + microSD) yang mendukung pemakaian dua nomor dan memori eksternal secara bersamaan.

Kekurangan Samsung Galaxy A14 4G

1. Layar Hadir Dengan Refresh Rate Standar

Di tengah-tengah perkembangan industri crippled dan pembuatan konten, kebanyakan perangkat kini menawarkan layar dengan refresh rate tinggi. Hal ini supaya animasi bisa berjalan lebih mulus mengikuti apa yang akan ditayangkan.

Sayangnya, Galaxy A14 4G justru menghilangkannya padahal exemplary 5G dari seri tersebut sudah memakai layar 90Hz. Beberapa konten dan crippled makanya tidak akan berjalan secara maksimal walaupun refresh complaint 60Hz di ponsel tersebut sebenarnya sudah cukup untuk pemakaian kasual.

2. Chipset Ketinggalan Zaman

Dalam rangka membekali Galaxy A14 4G, Samsung juga kembali menggunakan MediaTek Helio G80 (12nm) berkecepatan hingga 2,0GHz. Chipset ini tergolong ketinggalan zaman karena sudah diluncurkan sekitar dua tahun lalu.

Teknologi-teknologi yang dibawanya juga sudah cukup usang. Bagi kamu yang belum tahu, Helio G80 masih menggunakan arsitektur inti gabungan antara ARM Cortex-A75 dan Cortex-A55, GPU ARM Mali-G52 MC2, serta manufaktur 12nm.

Di rentang harganya, padahal ada beberapa handphone yang sudah menggunakan chipset lebih anyar. Teknologi-teknologi yang diusung pun lebih mutakhir ketimbang kepunyaan Helio G80.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged