Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A24 – Cocok Buat Jadi Andalan Harian

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A24 - Header

Gadgetren – Kanal penjualan untuk Samsung Galaxy A24 sudah mulai dibuka di Indonesia. Kita yang sedang mencari ponsel baru pun bisa segera mempertimbangkan perangkat menengah tersebut.

Galaxy A24 sendiri tersedia dalam satu konfigurasi memori yang bisa dibeli dengan harga normal Rp3.499.000. Pembeliannya dapat dilakukan melalui saluran daring seperti charismatic shop di situs samsung.com/id, Blibli, maupun Akulaku.

Namun sebelum meminangnya, kita tentu perlu memperhatikan sejumlah hal supaya nanti tidak terlalu kecewa jika kurang sesuai. Termasuk di antaranya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari ponsel tersebut.

Kelebihan Samsung Galaxy A24

1. Kamera Mumpuni

Sektor kamera menjadi salah satu aspek yang diunggulkan oleh Galaxy A24 dalam menggoda para pengguna. Selain mempunyai konfigurasi lensa yang tinggi, fitur-fitur penunjang yang dibawa perangkat tersebut juga lumayan lengkap.

Bagi kamu yang belum tahu, Galaxy A24 secara teknis membawa kamera multi-lensa yang tersusun dari sensor utama beresolusi hingga 50MP dengan tambahan sudut lebar 5MP dan makro 2MP. Di bagian depan pun terdapat lensa 13MP.

Yang cukup menarik, Galaxy A24 sudah dibekali dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) yang bisa membuat pengambilan gambar menjadi lebih stabil. Hasilnya pun bisa semakin maksimal terutama untuk video karena perangkat juga ditunjang dengan dukungan bernama Video Digital Image Stabilization (VDIS).

Kamera sudut lebar 5MP yang dibawa oleh Galaxy A24 juga dapat menjangkau hingga 117 derajat. Artinya, kita pun dapat menghasilkan foto lanskap atau memotret pemandangan dengan jangkauan lebih luas dengan memakai perangkat tersebut.

2. Baterai Tahan Lama

Ketahanan daya yang ditawarkan oleh ponsel menengah besutan Samsung tersebut juga tak boleh diragukan. Secara teknis, Galaxy A24 soalnya sudah mengusung baterai berkapasitas 5.000mAh yang mempunyai siklus pemakaian lebih lama.

Dengan baterai berkapasitas 5.000mAh ini, Samsung bahkan mengklaim bahwa Galaxy A24 bakalan bisa bertahan hingga selama dua hari saat digunakan beraktivitas dari pengisian penuh sampai habis. Hal ini karena mereka juga menyematkan fitur Adaptive Power Management.

Fitur Adaptive Power Management sendiri secara khusus akan mengelola pemakaian daya di Galaxy A24 supaya lebih efisien berdasarkan penggunaan kita. Jadi konsumsi dari baterai berkapasitas 5.000mAh milik ponsel tersebut bisa lebih hemat.

Di samping itu, Galaxy A24 sebenarnya juga mendukung pengisian hingga 25W jika ponsel kehabisan daya. Teknologi ini diklaim oleh Samsung dapat membuat kita beraktivitas seharian penuh meskipun baru mengisi baterai selama 30 menit saja.

Samsung-Galaxy-A24-silver

3. Kinerja Bisa Diandalkan

Berselancar di media sosial hingga bermain crippled berat sekalipun bukan masalah saat kita menggunakan Galaxy A24. Pasalnya ponsel menengah tersebut juga sudah mempercayakan kemampuan pengolahan datanya kepada chipset gaming menengah MediaTek Helio G99.

Dibangun berdasarkan arsitektur ARM Cortex-A76 dan Cortex-A55 yang mampu dipacu dengan frekuensi hingga 2,2GHz, Helio G99 termasuk salah satu chipset yang sangat bisa diandalkan. Manufakturnya apalagi sudah memakai pabrikasi 6nm dengan GPU ARM Mali-G57 MC2 sebagai penunjang olah grafisnya.

Pada Galaxy A24, Samsung apalagi menggabungkan chipset ini dengan RAM berkapasitas 8GB. Mereka pun menyematkan fitur RAM Plus yang dapat memperluasnya dengan memori virtual hingga 8GB sebagai tambahan jika dirasa masih kurang.

4. Layar Menawan

Sebagai bentuk peningkatan dari Samsung Galaxy A23 yang menjadi pendahulunya, Galaxy A24 kini sudah mengandalkan layar Super AMOLED. Ponsel tersebut secara khusus sudah menggunakan sheet berukuran 6,5 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

Berkat sheet Super AMOLED yang digunakan, layar Galaxy A24 pun mampu menghasilkan gambar dengan tingkat kecerahan hingga 1.000 nit. Ini mengartikan bahwa konten yang ditampilkan oleh ponsel tersebut akan tetap terlihat jelas meskipun kita memakainya di luar ruangan.

Seperti halnya ponsel-ponsel masa kini, layar yang digunakan oleh Galaxy A24 juga sudah mendukung refresh rate tinggi. Panelnya sudah mampu menjalankan animasi dari konten yang mempunyai pengaturan hingga 90Hz. Jadi bisa membuat gerakan karakter hingga perpindahan adegan terlihat lebih mulus.

Kekurangan Samsung Galaxy A24

1. Layar Rentan Tergores

Meskipun membawa dukungan sheet yang lebih baik, Galaxy A24 pada akhirnya harus mengorbankan sisi proteksinya. Kami tidak menemukan literasi yang mengungkapkan bahwa layar ponsel tersebut sudah memakai lapisan pelindung seperti Corning Gorilla Glass, Panda Glass, atau sejenisnya.

Tanpa lapisan pelindung seperti Gorilla Glass atau Panda Glass, bagian layar dari Galaxy A24 bakalan lebih rentan terhadap goresan baik itu debu sekalipun. Jadi kita sebisa mungkin harus berhati-hati saat perlu menyimpan ponsel di dalam celana atau tas bersama benda lain.

Untungnya, kekurangan ini dapat kita atasi dengan membeli lapisan pelindung layar seperti surface guard, tempered glass, atau hydrogel yang kini sangat mudah dijumpai. Walaupun kita memang harus mengeluarkan dana sedikit lebih banyak.

2. Paket Penjualan Kurang Komplit

Dalam paket penjualan yang ditawarkan, setiap pembelian Galaxy A24 akan dilengkapi dengan recreation adaptor 15W. Sebenarnya sudah lumayan akan tetapi bakalan terasa masih kurang karena ponsel tersebut aslinya mendukung pengisian hingga 25W.

Jika hanya mengandalkan recreation adaptor 15W bawaannya, proses pengisian daya Galaxy A24 tidak akan maksimal. Ponsel tersebut akan memerlukan durasi waktu yang lebih lama ketimbang klaim Samsung saat memanfaatkan dukungan 25W.

Kita makanya perlu menyiapkan uang lebih banyak jika ingin memanfaatkan dukungan pengisian 25W di Galaxy A24. Kita soalnya perlu membeli adaptor khusus yang mendukung teknologi ini di mana setidaknya memerlukan dana sebesar Rp449.000 jika menginginkan aksesori original dari Samsung.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged