KUR Himbara 2023 Ini Sudah Dibuka, Yuk Daftar!

Sedang Trending 11 bulan yang lalu

Program KUR 2023 kembali dibuka sejak Januari 2023 lalu. Dana KUR rencananya bakal di salurkan melalui Bank swasta dan Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) serta lembaga finansial lainnya.

Peminat KUR pada Bank-bank Himbara sangat besar.

Terlihat dari pertanyaan netizen nan mengalir deras di sosmed-sosmed resmi Bank Himbara seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN tentang kapan KUR 2023 kembali di buka. Bank-bank ini masuk dalam jejeran Bank terbesar di Indonesia jika dilihat dari sisi asetnya.

Namun masyarakat nampaknya kudu menunggu beberapa bulan sebelum semua KUR terutama di Bank-bank plat merah alias Himbara dibuka. Kabarnya, perihal ini terjadi lantaran adanya persiapan, perubahan-perubahan dan karena lainnya.

Tapi Anda tidak perlu khawatir.

Karena seiring berjalannya waktu Bank Himbara satu-persatu mulai membuka akses program KUR 2023 untuk masyarakat. Berikut adalah info terbaru Bank Himbara nan sudah menyediakan KUR saat ini, yuk kita cek informasinya satu-persatu!

1. KUR Mandiri

Kita mulai dari Bank Himbara nan paling sigap membuka akses KUR tahun ini, ialah Bank Mandiri.

KUR Mandiri 2023 sudah di buka sejak bulan Februari lalu.

Jenis KUR nan di tawarkan Bank Mandiri diantaranya, KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR TKI, ada juga KUR khusus.

Selain itu, pada tahun ini kabarnya Bank Mandiri juga bakal membuka program KUR untuk alumni prakerja. Jika Anda pernah mengikuti program Prakerja sebelumnya, Anda bisa menyertakan sertifikat prakerja untuk mendapatkan KUR Super Mikro dan mengikuti program khusus.

Baca juga, KUR Mandiri 2023, Ada Program Khusus Alumni Prakerja!

2. KUR BNI

Bank Himbara kedua nan sudah membuka program KUR tahun ini adalah Bank BNI. Diketahui bahwa Bank BNI telah menyediakan akses KUR bagi masyarakat sejak 1 Maret nan lalu.

Bank BNI juga memberlakukan kembang KUR nan rendah ialah sebesar 6% per tahun. Untuk masalah pendaftarannya, Bank BNI sudah menyediakan 2 metode pendaftaran. Pertama secara offline/ langsung melalui bagian BNI terdekat dan nan kedua pendaftaran KUR secara online melalui BNI e-form KUR Mikro.

Sebelum mendaftar, pastikan Anda sudah menyiapkan beragam persyaratan nan diperlukan ya.

3. KUR BTN

Berdasarkan info per tanggal 3 Maret lalu, Bank BTN juga sudah menyatakan bahwa masyarakat bisa mengakses KUR BTN 2023. Jumlah KUR nan di salurkan Bank BTN tahun ini totalnya Rp 4 triliun.

Agak berbeda dengan Bank Himbara lain, selain KUR Mikro dan KUR Kecil, Bank BTN juga menyediakan KUR Linkage (KUR tidak langsung).

Umumnya, KUR di salurkan melalui Bank alias lembaga finansial lain secara langsung kepada debitur. Namun KUR Linkage memerlukan pihak ketiga dalam penyalurannya baik itu koperasi alias BPR. Jadi nantinya masyarakat bisa melakukan pengajuan KUR dari koperasi maupun BPR penyalur KUR Linkage.

Lalu gimana dengan KUR Bank Himbara nan terakhir ialah Bank BRI?

4. KUR BRI

Kabar baik akhirnya datang juga dari pihak Bank BRI tentang pembukaan KUR BRI 2023. KUR BRI 2023 resmi dibuka pada tanggal 6 Maret 2023.

Hal ini sempat di bocorkan oleh PV Mikro Sales Management Division Bank BRI Asep Nugraha Sukma pada saat wawancara di Kementerian Perikanan dan Kelauran beberapa waktu sebelumnya.

Didukung pula dengan postingan admin saat menjawab salah satu komentar di medsos pada tanggal 6 Maret 2023 nan menyatakan bahwa KUR BRI sudah tersedia. Dalam jawaban komentar tersebut, admin juga mengingatkan untuk menyiapkan NPWP bagi debitur nan melakukan pinjaman diatas Rp 50 juta.

Meski dinilai pembukaan KUR-nya lebih lama dibanding Bank Himbara nan lain, namun antusiasme para pelaku UMKM untuk mendapatkan KUR BRI tetap tinggi.

Baca juga, Pencairan KUR 2023 Terhambat? Ini Kata Direktur Usaha Mikro BRI!

Penutup

Ternyata semua KUR Bank-bank Himbara sudah resmi dibuka saat ini. Jadi sebagai calon debitur, tinggal memilih saja mau mendaftar KUR dimana Bank Himbara nan mana. Jangan lupa siapkan juga persyaratannya dengan komplit dan pastikan tidak ada nan terlupakan.

Semoga info ini berfaedah untuk Anda.

Selengkapnya
Sumber Bisnis Indonesia
Bisnis Indonesia