Mengenal Apa Itu Apple Optic ID yang Dibawa Vision Pro

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Apa Itu Apple Optic ID - Header

Gadgetren – Worldwide Developer Conference (WWDC) 2023 yang kemarin diselenggarakan oleh Apple mengumumkan sejumlah teknologi dan produk baru di mana termasuk Apple Vision Pro salah satunya.

Bagi kamu yang belum tahu, Vision Pro sendiri merupakan sebuah komputer spasial berbentuk perangkat kepala Augmented Reality (AR) yang memungkinkan kita menggabungkan secara mulus konten-konten integer dengan realitas dunia nyata.

Produk baru Apple ini sangat menarik karena turut memperkenalkan sejumlah teknologi anyar. Selain visionOS yang menawarkan kemudahan pengoperasian, Vision Pro juga membawa sistem keamanan baru yang disebut dengan Apple Optic ID.

Apa Itu Apple Optic ID?

Optic ID adalah sistem autentikasi keamanan biometrik yang akan menggunakan iris mata pengguna sebagai pengenal. Meski mempunyai mekanisme berbeda, teknologi tersebut hadir sebagai pengganti Touch ID dan Face ID yang absen di Vision Pro.

Selayaknya sistem autentikasi keamanan biometrik secara umum, Optic ID nantinya memungkinkan kita membuka kunci perangkat Vision Pro dengan lebih praktis. Kita juga dapat memakainya untuk mengotorisasi transaksi pembayaran digital.

Alih-alih harus memasukkan passcode secara manual, sistem keamanan biometrik tersebut nantinya akan mencoba mengenali pengguna dengan melakukan pemindaian iris mata di bawah paparan berbagai macam cahaya LED tak terlihat.

Data yang diperoleh dari pemindaian kemudian akan dicocokkan dengan informasi iris yang sudah terdaftar di Secure Enclave perangkat. Apabila cocok, proses masuk ke dalam sistem atau pembayaran integer pun akan dilanjutkan seperti biasa.

Kita pun tak perlu khawatir karena Apple menjamin keamanan dalam sistem anyar tersebut. Data-data Optic ID milik pengguna nantinya akan dienkripsi secara penuh dan dilindungi agar tidak dapat diakses dengan mudah oleh aplikasi-aplikasi yang terpasang.

Selain itu, data-data Optic ID pun hanya akan disimpan secara lokal di perangkat tepatnya pada subsistem Secure Enclave seperti Touch ID maupun Face ID. Apple bahkan tidak akan mengunggahnya ke server perusahaan untuk memastikan keamanannya.

Apple sementara ini baru akan menyematkan sistem keamanan biometrik berbasis pengenalan iris tersebut ke Vision Pro yang rencananya diluncurkan Tahun 2024 mendatang. Namun tidak menuntup kemungkinan akan menyambangi perangkat lain seperti Touch ID ke Mac atau Face ID ke iPad.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged