Review Acer Swift Go 14 AI (SFG14-73) – Laptop dengan Layar Premium dan Fitur AI Untuk Bantu Aktivitas

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Review Acer Swift Go 14 AI (SFG14-73) Intel Watermark

Acer Swift Go 14 AI (SFG14-73) yang menyasar kalangan kreatif, profesional, hingga pelajar ini telah dibekali dengan teknologi mutakhir untuk memastikan pengalaman penggunaan yang sempurna terutama saat dibawa bepergian (on-the-go).

Dilengkapi Intel® Core™ Ultra processors terbaru, laptop ini bahkan sanggup untuk menjalankan perintah berbasis AI yang kini mulai marak digunakan untuk membantu aktivitas digital.

Layar dari laptop seharga Rp13 jutaan ini pun sudah menggunakan sheet OLED yang mana pastinya mampu menghadirkan pengalaman ocular yang memukau baik itu untuk menikmati hiburan maupun membuat konten.

Acer Swift Go 14 (SFG14-73) (7)

Acer Swift Go 14 AI tampil dengan desain yang sangat profesional dengan balutan warna perak metalik yang membuatnya terlihat sangat berkelas. Bodinya yang tipis dan ringan memiliki sudut presisi di sekelilingnya yang semakin menonjolkan kualitasnya.

Tampil Premium dan Kokoh, Tapi Tetap Ringan

Rangkanya menggunakan alumunium untuk menjamin ketangguhannya walaupun hanya punya bobot 1,3 kg saja. Kombinasi tersebut membuat Acer Swift Go AI 14 benar-benar terlihat premium dan akan sangat cocok untuk segala jenis suasana baik general maupun casual.

Acer Swift Go 14 (SFG14-73) (6)

Port yang dihadirkan pun cukup lengkap yang mana pada bagian kiri terdapat dua buah USB-C Thunderbolt 4, HDMI 2.1, dan USB 3.2 Gen 1 sementara pada bagian kanan terdapat USB 3.2 Gen 1, audio combo jack, Kensington Lock, dan microSD paper reader.

Soal konektivitas nirkabel, tersedia Bluetooth 5.3 dan Killer Wi-Fi 7 untuk memastikan jaringan yang stabil dan cepat. Dengan deretan dukungan tersebut, laptop ini pastinya akan dapat terhubung ke berbagai perangkat modern secara optimal.

Nyaman Untuk Bekerja Atau Buat Tugas

Acer Swift Go 14 (SFG14-73) (5)

Laptop ini memiliki keyboard dengan lampu backlit berwarna putih (2 tingkat kecerahan) yang nyaman untuk digunakan mengetik bahkan dalam waktu lama sekalipun. Setiap tuts memiliki tekstur halus serta kestabilan yang baik sehingga mengetik pun menjadi akurat.

Di pojok kanan atas keyboard terdapat tombol Power yang juga berfungsi sebagai sensor pemindai jari. Oleh karena itu laptop ini sudah mendukung Windows Hello untuk proses login lebih singkat dan aman dengan hanya menggunakan sidik jari.

Acer Swift Go 14 (SFG14-73) (2)

Menyempurnakan keyboard tersebut, touchpad yang berada di bawahnya tidak hanya memiliki area yang sangat luas melainkan juga permukaan halus berkat penggunaan OceanGlass™ dan Corning® Gorilla® Glass. Menariknya terdapat tulisan Swift berwarna putih menyala di touchpad yang sedikit menambah kesan futuristik.

Oleh karena itu Acer Swift Go 14 AI dapat digunakan untuk bekerja maupun beraktivitas di mana pun tanpa perlu repot harus bergantung pada aksesoris tambahan seperti rodent eksternal. Keyboard dan touchpad yang dihadirkan benar-benar memberikan pengalaman penggunaan yang jempolan.

Uniknya, di sini Acer menghadirkan sebuah fitur baru yang disebut Multi-Control Touchpad. Ini adalah sejenis media power virtual untuk play, region dan adjacent dari konten multimedia seperti musik atau video. Fitur ini bisa langsung aktif begitu pengguna memutar musik atau video. Selain itu, fitur ini juga bisa diaktifkan secara manual dengan cara melakukan swipe ke kanan atau kiri pada logo Swift yang ada di touchpad.

Pengalaman Visual Kelas Atas

Layar menjadi segmen yang paling primadona dari Acer Swift Go 14 AI. Pasalnya layar laptop ini sudah menggunakan sheet OLED berukuran 14 inci yang mendukung resolusi 2.8K (2880 x 1800 piksel) dan refresh complaint 90Hz untuk menjamin pengalaman ocular yang terbaik.

Acer Swift Go 14 (SFG14-73) (9)

Layar ini juga memiliki cakupan warna 100% DCI-P3 dengan sertifikasi DisplayHDR™ True Black 500 sehingga mampu menampilkan gambar secara tajam dan warna akurat layaknya melihat secara langsung.

Tidak hanya itu, terdapat sertifikat TÜV Rheinland Eyesafe® 2.0 dan Eyesafe® Certified 2.0 yang menandakan bahwa layarnya memancarkan cahaya biru lebih rendah agar nyaman dilihat dalam waktu lama. Dengan begitu mata tidak akan cepat lelah ketika menikmati berbagai konten multimedia maupun mengerjakan sesuatu.

Bingkai layarnya pun sangat ringan sekali untuk dibuka karena bisa diangkat dengan mulus hanya cukup menggunakan satu jari saja. Bahkan layarnya bisa dibuka sampai 180 derajat untuk berbagi konten ke kerabat atau rekan lebih mudah.

Kinerja Ngebut dan Banyak Fitur AI

Untuk menjamin kebutuhan berbagai jenis pengguna dapat terpenuhi, Acer Swift Go 14 AI membawa Intel® Core™ Ultra 7 processor 155H dengan Intel® AI Boost yang memiliki 6 P-core dan 8+2 E-Core.

Prosesor mampu menunjang segala aktivitas modern, khususnya dalam aplikasi AI yang akan meningkatkan pengalaman penggunaan dan membuka berbagai hal baru.

Acer Swift Go 14 (SFG14-73) HWiNFO

Ditambah lagi Acer Swift Go 14 AI dengan RAM 32 GB LPDDR5 dan penyimpanan NVMe SSD 1TB ini sudah termasuk ke dalam keluarga Intel® Evo™ Platform yang mana berarti pengalaman komputasinya dalam kegiatan sehari-hari sudah terjamin kelancarannya.

Di dalam Intel® Core™ Ultra 7 processor 155H pun sudah termasuk NPU yang bekerja sebagai AI akselerator terintegrasi untuk memproses aplikasi berbasis AI. Sementara Intel® Arc™ GPU hadir membantu mengurus kebutuhan olah grafis secara efisien seperti render gambar, video, dan lainnya.

Acer Swift Go 14 (SFG14-73) (3)

Untuk memanfaatkan fitur AI secara maksimal, Acer Swift Go 14 AI sudah langsung dilengkapi berbagai package AI yang bisa digunakan seperti Copilot dari Microsoft yang tersedia secara bawaan untuk Windows 11. Bahkan terdapat pintasan tombol Copilot di keyboard ketika membutuhkan informasi secara cepat maupun membantu produktivitas.

Acer Swift Go 14 (SFG14-73) AcerSense

Selain itu juga ada AcerSense™ and Experience Zone yang mana berisi pengaturan fitur-fitur yang ada di Acer Swift Go 14 AI, termasuk fitur AI. AcerSense™ bisa diakses langsung lewat pintasan di keyboard untuk kemudian melihat informasi sistem, mengatur performa, hingga mengecek kesehatan komponen.

Sementara untuk membantu dalam edit foto, tersedia pula Acer LiveArt yang berkat adanya bantuan AI mampu melakukan menghapus latar foto secara instan. Bahkan hasilnya dapat dibuat seperti stiker untuk kemudian dibagikan dalam berbagai layanan.

Acer Swift Go 14 (SFG14-73) AlterView

Tersedia pula Acer AlterView yang dapat menghasilkan gambar 2D dengan efek parallax dinamis untuk mempercantik wallpaper laptop. Fitur yang mengandalkan AI secara menyeluruh ini tentunya membuat layar OLED dari Acer Swift Go 14 AI tampil lebih maksimal dalam membuat laptop lebih personal.

Acer Swift Go 14 (SFG14-73) (4)

Teknologi AI juga dimanfaatkan oleh Acer untuk menghasilkan video telephone dengan kualitas yang lebih baik. Berkat kombinasi webcam QHD dan Temporal Noise Reduction (TNR) dengan AI, kamera laptop ini mampu melakukan framing otomatis agar subjek selalu terfokus. Terdapat juga privateness shutter untuk menutup webcam secara fisik.

Acer Swift Go 14 (SFG14-73) Hasil Webcam

Bersamaan dengan itu, Acer PurifiedVoice™ 2.0 yang mengandalkan AI mampu memproses tiga mikrofon yang ada di Acer Swift Go 14 AI untuk menangkap suara dengan lebih jernih. Suara dari lingkungan sekitar pun akan diredam ketika terdeteksi bukan dari seseorang yang ada di depan layar.

Diajak Main Game Juga Ayo

Lalu bagaimana dengan kinerjanya? Berkat adanya Intel® Core™ Ultra 7 processor 155H tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi jika ingin membawa Acer Swift Go 14 AI untuk bekerja maupun membuat konten. Sama halnya juga dalam penggunaan sehari-hari secara kasual, laptop ini mampu memberikan pengalaman penggunaan yang sangat mulus.

Acer Swift Go 14 (SFG14-73) Cinebench R23

Jika diuji menggunakan PCMark 10 untuk performa sistem secara keseluruhan, laptop ini pun terlihat mendapatkan skor 6.488 poin yang mana sangat bersaing di kelasnya. Sementara pada pengujian Cinebench R23 mendapatkan skor 1.722 poin dan 13.661 poin yang mana memperlihatkan tingginya kinerja dari Intel® Core™ Ultra 7 processor 155H.

Oleh karena itu sudah tidak perlu diragukan lagi soal kinerja dari Acer Swift Go 14 untuk kebutuhan komputasi dalam keseharian. Bahkan menariknya laptop ini pun sanggup dibawa bermain crippled AAA dengan cukup baik ketika ingin melepas penat setelah beraktivitas sepanjang hari.

Acer Swift Go 14 (SFG14-73) Shadow of Tomb Raider

Pada crippled Shadow of The Tomb Raider misalnya, laptop ini mampu mendapatkan rata-rata 32 FPS pada pengaturan grafis Medium dan resolusi 1080p. Angka yang sudah melebihi batas minimal untuk bisa dinikmati secara lancar sambil menikmati kualitas grafis memukau.

Daya Efisien, Baterai Lama

Dengan performa seperti itu, menariknya lagi Acer Swift Go 14 AI tetap memiliki daya tahan baterai yang cukup lama berkat Intel® Core™ Ultra 7 processor 155H yang efisien. Pengujian baterainya pun kemudian dilakukan menggunakan PCMark 8 pada mode Work dengan parameter tingkat kecerahan layar 50%, refresh complaint 60Hz, dan lampu backlit keyboard mati.

Hasilnya, Acer Swift Go 14 AI yang memiliki baterai 65Whr mendapatkan skor 6 jam 24 menit. Angka tersebut di atas rata-rata laptop mainstream sehingga dapat menemani keseharian tanpa perlu khawatir kehabisan baterai di tengah aktivitas.

Acer Swift Go 14 (SFG14-73) PCMark 8 Baterai

Sementara untuk pengisian dayanya mengandalkan AC Adapter 100W melalui USB-C yang hanya membutuhkan waktu 168 menit agar baterai yang tadinya terisa 2% kembali terisi penuh. Dukungan pengisian daya lewat larboard USB-C tentunya bisa meringkas jumlah charger yang perlu dibawa bepergian.

Acer Swift Go 14 AI secara keseluruhan merupakan laptop yang menawarkan paket lengkap mulai dari performa, layar, dan fitur buat siapapun yang ingin meningkatkan produktivitas maupun melakukan berbagai kegiatan integer secara lancar.

Hadirnya fitur AI pada Acer Swift Go 14 AI tentunya akan sangat membantu di era modern ini karena dapat membuat berbagai hal seperti mencari informasi dengan lebih mudah. Tidak hanya memukau pada bagian dalam saja, laptop ini pun membawa desain profesional yang benar-benar memancarkan kualitasnya.

Acer Swift Go 14 AI (SFG14-73) sendiri dihargai Rp 14,249,000 yang mana tentunya membuat laptop ini sangat bersaing sekali di kelasnya. Nilai yang ditawarkan membuat laptop ini sangat memikat, apalagi sudah termasuk Office Home & Student 2021 dan garansi sparepart selama 2 tahun, garansi layanan selama 3 tahun, dan gratis 1 tahun Acer Accidental Damage Protection di dalamnya.

Bagi Anda yang tertarik untuk memboyong laptop anyar dari Acer ini, sekarang adalah kesempatan yang tepat karena Acer tengah mengadakan programme Kejutan 25 Tahun Acer. Selama programme ini, pelanggan yang membeli berbagai produk Acer berkesempatan memperoleh berbagai hadiah hingga centrifugal listrik dan mobil listrik. Tentunya ini jadi penawaran menarik dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Untuk pembelian online, kamu bisa mengakses Acer E-Store di tautan berikut: https://store.acer.com/en-id/swift-go-14-ai-sfg14-73-nx-kv4sn-005.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged