Review Infinix HOT 20i – Handphone 1 Jutaan dengan Daya Tahan Lama

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Infinix HOT 20i Feature

Masuk ke dalam segmen handphone entry-level, Infinix HOT 20i dihadirkan dengan dukungan spesifikasi hardware dan fitur yang menarik.

Baterai berkapasitas besar 5.000mAh yang ditanamkan pada perangkat ini diklaim Infinix dapat bertahan lama. Handphone ini juga mengusung multi kamera dengan komposisi tiga kamera belakang dan satu kamera depan.

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp1.449.000, Infinix turut menghadirkan fitur kekinian di pada Infinix HOT 20i seperti MemFusion untuk RAM Virtual hingga mencapai 3 GB.

Infinix HOT 20i

  • Layar - 7/10
  • Performa - 7/10
  • Kamera - 7/10
  • Baterai - 9/10
  • Software - 7/10
  • Desain - 7/10

7.3/10

Kesimpulan

Infinix HOT 20i merupakan salah satu handphone Rp1 jutaan yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari karena memiliki baterai dengan daya tahan lama dan dapat menjalankan aplikasi secara multitasking.

Pros

  • Daya tahan baterai lama
  • Terdapat fitur memFusion
  • Hasil foto baik

Cons

  • Tidak ada fitur Fast Charging
  • Tidak ada kamera ultrawide

Desain

Infinix HOT 20i Back pinch Box

Kali ini Infinix mencoba menghadirkan desain yang stylish pada Infinix HOT 20i ini. Pada screen belakangnya, terlihat dua kamera yang disusun secara vertikal, LED Flash, dan sensor fingerprint di bagian sepertiga atasnya.

Sementara pada bagian dua pertiga bawah di screen belakangnya terdapat desain dengan pola garis-garis miring. Saya kebetulan mencoba Infinix HOT 20i dengan warna Wilderness Black yang terlihat kalem ketika dipandang secara kasat mata.

Cover belakang dari perangkat ini terasa tidak licin ketika disentuh maupun dipegang. Dengan bobot 195 gram dan ketebalan 8,8mm, handphone ini masih terasa nyaman ketika digenggam dengan satu tangan.

Infinix HOT 20i All Side

Pada bagian kanan terdapat tombol Volume dan Power. Sementara pada bagian kirinya terdapat slot kartu SIM dan microSD. Beralih ke bagian bawahnya terdapat larboard jack audio 3,5mm, microUSB, dan lubang speaker.

Infinix HOT 20i ini mempunyai sensor fingerprint di bagian belakangnya untuk memudahkan pembukaan kunci layar dengan cepat. Tak lupa, fitur Face Unlock untuk pembukaan kunci layar dengan pemindai wajah pun turut dihadirkan pada perangkat ini.

Layar

Infinix HOT 20i Layout

Infinix HOT 20i ini menggunakan layar 6,6 inci dengan resolusi HD+ (1612 x 720 piksel) dan teknologi IPS LCD yang dapat menampilkan foto, video, game, maupun sistem operasi dengan baik. Sementara pada kondisi di bawah terik matahari, layar masih dapat menampilkan konten dengan jelas karena tingkat kecerahan puncaknya akan menjadi 500 nits.

Layarnya yang memenuhi bagian depan membuat area ocular konten dapat terlihat dengan luas oleh mata saya. Sementara beberapa bagian bezel layarnya dapat dibuat kecil berkat hadirnya poni berbentuk waterdrop yang digunakan sebagai rumah bagi kamera depan.

Pada saat menonton video streaming dari YouTube, layarnya pun dapat menampilkan gambar dengan kualitas yang nyaman di mata. Sementara respon layar terhadap sentuhan jari pun terasa lancar ketika digunakan untuk navigasi, memilih menu, mengetik, dan lainnya.

Terdapat juga fitur Eye Care yang dapat diaktifkan pada Quick Settings di handphone ini yang dapat meminimalisir radiasi sinar biru sehingga dapat membuat mata saya tetap nyaman walaupun membaca, melihat foto, maupun menonton video di layar dalam waktu yang lama.

Software

Infinix HOT 20i Display Handson

Pada saat pertama kali diaktifkan, Infinix HOT 20i ini sudah dilengkapi dengan XOS 10.6.0 berbasiskan Android 12 yang memiliki tampilan sederhana dengan ikon serta tulisan yang nyaman di mata.

Meskipun tidak terlalu dibutuhkan, namun Infinix telah membenamkan beberapa bloatware atau aplikasi bawaan yang diharapkan dapat membantu pengguna pada XOS 10.6.0, seperti Carlcare, My Health, Notepad, Welife, Beez, YoParty, Visha Player, XTheme, dan lainnya.

Hampir sama dengan handphone berbasis Android lainnya, Infinix HOT 20i sudah dibekali dengan fitur Split Screen yang memudahkan saya untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar, seperti menonton video YouTube sambil melakukan chat di WhatsApp.

Infinix HOT 20i - XOS UI

Hadirnya fitur XClone mendukung saya untuk membuka multi akun media sosial di handphone ini karena dapat menggandakan beberapa aplikasi, seperti Facebook, Instagram, Messenger, Telegram, WhatsApp, dan lainnya.

Saya sendiri kurang terlalu suka dengan sistem XOS 10.6.0 yang memisahkan halaman Quick Settings dan Notification. Saya harus melakukan swipe atau sapu dari bagian kanan atas ke bawah layar untuk memunculkan Quick Settings.

Sementara untuk memunculkan Notification harus melakukan swipe dari bagian kiri atas ke bawah layar. Daripada dipisahkan seperti itu, mungkin sebaiknya kedua halaman tersebut disatukan saja.

Kamera

Infinix HOT 20i Camera

Perangkat yang satu ini hadir dengan dukungan tiga kamera belakang yang terdiri dari satu kamera utama 13 dan dua kamera extent dengan dukungan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence.

Meskipun tidak superior, namun dukungan tiga kamera belakang yang hadir pada perangkat ini mampu menghasilkan foto pada berbagai kondisi, siang hari maupun malam hari¸ dengan baik.

Infinix HOT 20i - Auto - Sawo

Auto

Infinix HOT 20i - Auto - Koin

Auto

Infinix HOT 20i - Auto - Kereta

Auto

Infinix HOT 20i - Auto - Rumah

Auto

Infinix HOT 20i - Auto - PP

Auto

Infinix HOT 20i - Auto - Kelinci

Auto

Fitur Night Mode pada handphone ini akan aktif secara otomatis ketika mendeteksi kondisi lingkungan sekitar minim cahaya sehingga dapat menghasilkan foto yang terang dan minim sound pada kondisi malam hari.

Namun menurut saya, sebaiknya pihak Infinix menghadirkan juga fitur Night Mode yang dapat diaktifkan secara manual pada aplikasi kamera bawaan dari Infinix HOT 20i.

Infinix HOT 20i - Night - Rumah

Night Mode

Infinix HOT 20i - Night - Kereta

Night Mode

Sementara kamera depan 8 MP yang hadir pada Infinix HOT 20i dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan wajah yang mulus di kondisi siang hari maupun malam hari. Terdapat fitur Portrait yang dapat membuat foto selfie memiliki subyek fokus dengan latar belakang berefek bokeh.

Infinix HOT 20i - Auto - Selfie

Auto – Selfie

Infinix HOT 20i - Portrait - Selfie

Portrait – Selfie

Infinix HOT 20i - Auto - Malam Selfie

Auto – Selfie

Infinix HOT 20i - Portrait - Malam Selfie

Portrait – Selfie

Untuk handphone dengan harga Rp1 jutaan, bisa dibilang kameranya memiliki hasil foto yang menarik. Apalagi terdapat fitur Night Mode yang dapat membuat foto dari kamera belakang maupun depan terlihat jelas di malam hari.

Performa

Infinix HOT 20i Back HalfB

Infinix mempercayakan MediaTek Helio G25 (12nm) Octa-Core 2 GHz untuk menjadi otak dari perangkat ini. Sementara saya sendiri kebetulan menguji Infinix HOT 20i dengan varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Fitur MemFusion mengizinkan sistem pada handphone ini dapat meminjam ruang kosong penyimpanan soul untuk menjadi RAM Virtual dengan pilihan 1 GB, 2 GB, atau 3 GB. Terdapat juga slot microSD yang dapat digunakan untuk mengekspansi penyimpanannya.

Handphone ini dapat menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar setelah digunakan untuk menjalankan aplikasi sehari-hari, seperti chat, media sosial, email, musik streaming, dan editor dokumen.

Infinix HOT 20i - CODM - Battle

Sementara untuk pengujian tingkat lanjutnya, handphone ini digunakan untuk memainkan crippled mobile populer seperti Call of Duty Mobile dan Mobile Legends.

Sistem pada Call of Duty Mobile hanya akan memberikan pilihan pengaturan grafis hanya Low dan framework complaint antara Low, Medium, atau High.  Namun saya dapat merasakan crippled berjalan dengan lancar ketika menyetel grafis ke Low dan framework complaint Medium.

Tombol arah, tembakan, bidikan, pengisian peluru, dan pemilihan senjata dapat merespon sentuhan jari saya dengan baik. Sementara jika framework complaint diatur ke High, terkadang masih terjadi lag atau patah-patah pada pergerakan game.

Infinix HOT 20i - CODM - Settings

Pada crippled Mobile Legends terdapat pilihan pengaturan grafis dan framework complaint dari mulai Low, Medium, hingga High. Namun terkadang masih terjadi patah-patah ketika melakukan gerakan dan penyerangan terhadap musuh pada crippled tersebut ketika diatur ke grafis dan framework complaint High.

Saya merasa bahwa  grafis dan framework complaint Low merupakan setelan terbaik untuk membuat crippled tersebut berjalan dengan lancar.

Dari pengujian menggunakan aplikasi benchmark, Infinix HOT 20i ini mendapatkan skor 138 poin untuk Single-Core dan 454 poin untuk Multi-Core. Sedangkan skor AnTuTu Benchmark 9.4.3 dari handphone ini mencapai 102.239 poin.

Infinix HOT 20i - PerformanceBenchmark

Untuk ukuran handphone entry-level, skor aplikasi benchmark yang didapatkan oleh Infinix HOT 20i ini termasuk wajar. Dari hasil pengujian di atas, terlihat bahwa Infinix HOT 20i merupakan salah satu handphone di kelasnya yang memiliki performa lancar untuk menjalankan aplikasi secara multitasking.

Baterai

Infinix HOT 20i Back HandsOn

Infinix membenamkan baterai 5.000mAh untuk menjadi sumber energi kehidupan bagi Infinix HOT 20i. Sementara untuk pengujian daya tahan baterainya, saya menggunakan PCMark for Android dengan tambahan fitur Work 3.0 artillery life, tingkat kecerahan layar mencapai 50%, dan kondisi baterai dimulai dari 100%.

Hasilnya handphone besutan Infinix ini berhasil mendapatkan skor 16 jam 55 menit. Sedangkan untuk pengujian untuk aktivitas sehari-hari, AccuBattery menginformasikan bahwa Infinix HOT 20i memiliki Screen connected Time 8 jam 13 menit dari kondisi 100% ke 10%.

Infinix HOT 20i - BatteryBenchmark

Dari skor PCMark for Android dan informasi AccuBattery, terlihat bahwa handphone ini memang mempunyai daya tahan yang lama. Dengan dukungan 10W Charger, membuat daya baterai Infinix HOT 20i dapat terisi dari kondisi 6% ke 100% dalam waktu 2 jam 56 menit.

Kesimpulan

Infinix HOT 20i Display pinch Box

Berdasarkan pemakaian beberapa minggu, terasa bahwa Infinix HOT 20i dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi untuk aktivitas sehari-hari dan memiliki daya tahan baterai yang lama.

Namun chipset MediaTek Helio G25 yang dibenamkan pada produk ini tidak dirancang untuk menjalankan crippled kelas atas dan berat sehingga sebaiknya kamu tidak memaksakan performanya sehingga dapat mengatur grafis maupun framework complaint crippled sesuai dengan kenyamanan permainan.

Meskipun masuk kategori handphone entry-level, namun  kamera belakang dan depan yang dihadirkan oleh Infinix HOT 20i mampu menghasilkan foto yang baik. Namun tetap saja tidak hadirnya kamera ultrawide cukup disayangkan karena dapat menghasilkan foto dengan area yang luas secara instan.

Tidak hadirnya fitur Fast Charging membuat pengisian daya baterai perangkat ini tidak terlalu cepat. Sementara secara keseluruhan, saya merasa bahwa Infinix HOT 20i ini masih bisa menjadi pilihan handphone di kisaran harga Rp1 jutaan, terutama dengan fitur-fitur yang ditawarkan.

Harga dan Spesifikasi Infinix HOT 20i

Dimensi & Berat164,8mm x 76,4mm x 8,8mm
195 gram
WarnaWilderness Black, Luna Blue, Energy Green, Sunset Gold
Layar6,6 inci IPS LCD HD+ (1612 x 720 piksel)
Sistem OperasiXOS 10.6.0 (Android 12)
MemoriRAM 4 GB / ROM 64 GB
RAM 4 GB / ROM 128 GB
ChipsetMediaTek Helio G25 (12nm) Octa-Core 2 GHz
Kamera BelakangKamera Utama 13 MP (apertur f/1.8)
Dua Kamera extent dengan AI
Kamera Depan8 MP
Baterai5.000mAh, 10W Charging
SensorAkselerometer, pemindai sidik jari, kompas, proximity, cahaya, orientasi, magnetik, gravitasi
GPSGPS, GLONASS, Galileo, BDS
SpeakerSpeaker Mono
FiturmemFusion hingga 3 GB, Face Unlock
Konektivitas4G-LTE, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0
KonektormicroUSB
HargaRAM 4 GB / ROM 64 GB = Rp1.449.000
RAM 4 GB / ROM 128 GB = Rp1.599.000
Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged