Samsung Galaxy A24 Vs Samsung Galaxy A23 – Ada Banyak Penyesuaian

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Samsung Galaxy A24 Vs A23 - Header

Gadgetren – Dibanderol dengan harga serupa Samsung Galaxy A23 ketika diluncurkan, Samsung Galaxy A24 tercatat membawa sejumlah penyesuaian spesifikasi ketimbang pendahulunya itu.

Namun sayangnya, tak hanya sekadar peningkatan saja. Penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan oleh pihak Samsung untuk ponsel tersebut juga berwujud pengurangan spesifikasi sehingga membuat keduanya semakin terlihat berbeda.

Penyesuaian-penyesuaian ini pun bisa menjadi sebuah bahan pertimbangan ketika kita ingin melakukan upgrade atau bingung untuk memilih salah satunya. Kita pun bisa lebih mudah menentukan apakah Galaxy A24 semakin layak untuk dipertimbangkan atau tidak.

Perbedaan Samsung Galaxy A24 Vs Samsung Galaxy A23

Di samping desainnya yang kini terlihat semakin menarik di mata saya, penyesuaian yang dilakukan Samsung dimulai dari aspek paling utama yaitu dapur pacunya. Galaxy A24 tidak lagi memakai Qualcomm Snapdragon 680 seperti Galaxy A23 melainkan MediaTek Helio G99.

Ditinjau dari berbagai macam aspek, Helio G99 adalah chipset yang sangat berbeda dengan Snapdragon 680. Basis pengembangan chipset ini misalnya sudah memakai arsitektur Cortex-A76 dan Cortex-A55 sementara kompetitornya masih Qualcomm Kryo 265 yang dibangun dari Cortex-A73 Derivative dan Cortex-A53 Derivative.

Samsung Galaxy A24 Vs A23 - Samsung Galaxy A24

Samsung Galaxy A24

Meskipun sama-sama memakai proses manufaktur 6nm, kedua chipset ini pun mempunyai portion olah grafis yang sangat berlainan. Helio G99 mengandalkan GPU ARM Mali-G57 MC2 sedangkan Snapdragon 680 menggunakan Qualcomm Adreno 610.

Dengan adanya perbedaan pemakaian chipset ini, kemampuan dari kedua ponsel tersebut pun tak boleh disamaratakan. Galaxy A24 apalagi sudah menawarkan konfigurasi memori dengan RAM sebesar 8GB sedangkan Galaxy A23 hanya sampai 6GB.

Perubahan signifikan selanjutnya terletak pada bagian layarnya. Galaxy A24 kini meluncur dengan sheet Super AMOLED yang menawarkan tingkat kecerahan layar hingga 1.000 nit sementara Galaxy A23 masih memakai PLS LCD.

Samsung Galaxy A24 Vs A23 - Samsung Galaxy A23 4G

Samsung Galaxy A23

Ditambah lagi, ukurannya pun lumayan berlainan di mana Galaxy A23 sedikit lebih luas. Galaxy A24 hanya membawa layar yang membentang hingga 6,5 inci dengan resolusi 2340 x 1080 piksel sementara pendahulunya sudah 6,6 inci 2408 x 1080 piksel.

Yang cukup disayangkan, Samsung justru menghilangkan lapisan pelindung layar di Galaxy A24 sehingga panelnya kemungkinan akan lebih rawan tergores. Padahal lini keluarga Galaxy A23 sebelumnya sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Kamera utama yang digunakan Samsung pada Galaxy A24 memang tidak banyak berubah di masih mengandalkan lensa 50MP dan OIS. Hanya saja sensor kedalaman beresolusi 2MP yang sebelumnya menjadi salah satu dukungan di Galaxy A23 kini absen dari ponsel tersebut.

Hanya saja sebagai penggantinya, lensa depan Galaxy A24 dibuat sedikit lebih tinggi. Ponsel tersebut kini mempunyai sensor beresolusi hingga 13MP yang mana tentu bisa menghasilkan gambar lebih baik ketimbang kamera 8MP milik Galaxy A23.

Selengkapnya
Sumber Review Gatged
Review Gatged