Super Gen-Creation Dorong Anak Muda Akses KUR 2023

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Akses KUR tentunya bukan hanya milik pelaku UMKM nan sudah senior. Tapi pemerintah juga perlu menyasar UMKM dari kalangan generasi muda.

Kabarnya, Kemenko Perekonomian telah bekerjasama dengan Bank BJB untuk mendorong anak muda agar bisa mencapai taraf hidup nan lebih sejahtera melalui kemudahan mengakses KUR.

Hal ini salah satunya di tandai dengan penyelenggaraan event KUR “Super Gen-Creation: Anak Muda Sejahtera Bersama KUR” pada Sabtu, 17-18 Maret 2023 di Gedung Sate, Bandung.

Event ini di buka oleh Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian RI ialah Siswijono Moegiarso. Hadir pula Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB ialah Nancy Adistyasari beserta jajaran.

Mau tahu gimana keseruan dan rangkaian aktivitas pagelaran tahunan nan satu ini? Lalu apa latar belakang diselengkarakannya event ini?

Baca artikelnya sampai selesai yuk!

Langkah Menyambut Bonus Demografi 2030

Adanya upaya untuk meningkatkan akses KUR bagi para pelaku UMKM muda nampaknya menjadi bentuk persiapan menyambut momentum bingkisan demografi nan bakal terjadi pada 2030.

Oleh lantaran itu sebagai negara nan jumlah anak mudanya sangat besar, Indonesia perlu terus berupaya agar pertumbuhan ekonomi semakin membaik.

Karena UMKM merupakan penopang terbesar perekonomian Indonesia selama ini, maka salah satu kuncinya ada disini. Yakni, mendorong pelaku UMKM dari generasi muda untuk bisa mengakses KUR.

Saat ini total sasaran penyaluran KUR berada di nomor Rp 450 triliun. Jumlah nan lebih besar di banding tahun lampau bukan?

Nah, agar proses penyaluran KUR melangkah efektif dan efisien, tentu saja memerlukan kerjasama dan support dari beragam pihak. Salah satu bentuknya adalah dengan penyelenggaraan pagelaran “Super Gen-Creation: Anak Muda Sejahtera Bersama KUR”.

Seperti temanya, aktivitas pagelaran Super Gen-Creation ini di harapkan bisa di jadikan event untuk menyebarkan info mengenai KUR kepada pelaku UMKM, khususnya dari kalangan anak muda sekitar Bandung.

Dengan awareness nan lebih besar, harapannya perihal ini bisa mendorong mereka untuk mengakses KUR dan pada akhirnya dapat membantu usahanya naik kelas.

Baca juga, Petani Dilatih Manfaatkan Smart Farming dan KUR

Rangkaian Festival Super Gen-Creation

Festival Super Gen-Creation termasuk dalam event tahunan nan di selenggarakan Kemenko Perekonomian beserta penyalur dan penjamin KUR.

Rangkaian kegiatannya mulai dari talkshow, sharing session, intermezo sampai dengan beragam kejuaraan nan bisa di ikuti oleh anak muda pada event ini tanpa biaya apapun (gratis).

Seperti nan sudah di sebutkan sebelumnya, event ini di selenggaran selama 2 hari ialah tanggal 18 dan 19 Maret 2023.

Di hari pertama, materi di isi oleh Denny Mulyady selaku Pemipin Divisi Kredit UMKM Bank BJB. Dalam kesempatan tersebut Denny mengisi aktivitas sharing session dengan tema pembahasan mengenai akses KUR.

Nah agenda di hari kedua, terdapat sesi Penandatanganan Akad Massal Kredit nan di lakukan oleh Sesmenko Bidang Perekonomian Suwijono Moegiarso dan Juga Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Penandatanganan ini juga di saksikan oleh Airlangga Hartanto selaku Menteri Koordinator Bidang Pekerekonomian RI.

Setelah itu barulah masuk ke aktivitas puncak dari event ini yaitu, Penyaluran KUR Super Mikro untuk 5 UMKM. Masing-masing UMKM ini mendapatkan KUR Super Mikro senilai Rp 10 juta dan di serahkan secra simbolis oleh Bank Mandiri, BRI, BNI, Pegadaian Syariah, Bank DKI dan juga tentunya Bank BJB.

Akhirnya pagelaran di tutup dengan aktivitas musik, workshop serta penampilan tari.

Baca juga, Baru Rintis Usaha, Bisa Ajukan KUR Super Mikro 2023?

Pada event ini, Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB ialah Nancy Adistyasari sempat menyampaikan kaitannya dengan tekad Bank BJB. Nancy mengatakan bahwa Bank BJB bakal turut berkedudukan dalam memperkuat modalan upaya di beragam lapisan masyarakat, termasuk anak muda.

Nacy berambisi dengan adanya pagelaran tahunan ini, bisa menjadi salah satu media untuk menggali pengetahuan khususnya bagi pelaku UMKM muda.

Penutup

Akses KUR memang sudah semestinya terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat nan mempunyai upaya produktif. Baik nan sedang berupaya mengembangkan usahanya maupun merintis.

Apalagi mengingat adanya momentum bingkisan demografi pada tahun 2030, dimana jumlah masyarakat usia produktif di Indonesia bakal meledak.

Agar bisa melewatinya dengan baik, tentu kita perlu persiapan dengan baik pula. Salah satunya dengan menyiapkan perekonomian nan kuat dimana penggeraknya sebagian besar adalah anak-anak muda Indonesia.

Nah itulah info terbaru tentang pagelaran bertema “Super Gen-Creation: Anak Muda Sejahtera Bersama KUR” nan baru saja di gelar. Semoga info ini bermanfaat.

Selengkapnya
Sumber Bisnis Indonesia
Bisnis Indonesia