THR 2023 Untuk Karyawan Swasta Kapan Cair?

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Sudah lebih dari 2 minggu umat muslim menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Ini artinya, THR 2023 bakal segera cair!

Informasi mengenai THR 2023 tentunya merupakan berita nan di tunggu-tunggu oleh banyak orang, terutama bagi para pekerja. Kabarnya, THR untuk tenaga kerja swasta bakal cair pada pertengahan April 2023.

Berkaitan dengan perihal ini, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) rupanya sudah mengeluarkan Surat Edar Menaker Nomor M/2/HK.04.00/III/2023. Surat edar tersebut berisi tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2023 Bagi Pekerja/ Buruh di Perusahaan.

Bagaimana ketentuannya dan berapa jumlahnya? Yuk simak info terbaru berikut ini!

Siapa Saja nan Berhak Menerima THR?

Menaker Ida Fauziyah menyebut bahwa THR (Tunjangan Hari Raya), bakal di berikan kepada pekerja alias pekerja nan sudah mempunyai masa kerja minimal 1 bulan.

THR bakal di berikan baik kepada para pekerja tetap alias berasas PKWTT (Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu) maupun nan tetap probation alias PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu).

Jadi bagi Anda nan tetap belum menjadi pekerja tetap, jangan cemas lantaran perusahaan swasta harusnya tetap memberikan THR. Lalu kapan tepatnya THR 2023 di bagikan?

Baca juga, Apa Itu THR? 10 Hal Penting nan Harus Anda Ketahui Seputar THR

Jadwal THR Untuk Karyawan Swasta

Terkait agenda pembagian THR, Menaker telah menghimbau kepada perusahaan swasta untuk memberikaan THR maksimal H-7 sebelum Idul Fitri 2023.

“THR Keagamaan wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan,” ungkap Ida Fauziyah.

Hal ini berfaedah THR 2023 untuk tenaga kerja swasta bakal cair paling lambat sekitar 14-15 April 2023. Meskipun begitu, Kemenaker berambisi jika perusahaan bisa membayarkan THR lebih sigap kepada para karyawannya.

“Meskipun ketentuannya H-7, saya berambisi perusahaan bisa bayar lebih sigap dari ketentuan itu,” tambahnya.

Manker menegaskan bahwa pemberian THR kepada karyawannya merupakan tanggungjawab perusahaan nan kudu di laksanakan. Hal ini sudah di atur secara jelas dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan khususnya di pasal 8 dan 9.

Baca juga, 6 Trik Jitu Kelola THR Agar Bisa Jadi Modal Usaha nan Bikin Untung

Ketentuan Pembagian THR

1. Tidak Dicicil

Pemerintah telah menghimbau perusahaan untuk membayarkan THR tahun secara penuh. Tidak lagi di cicil seperti pembayaran THR di masa pandemik covid 19 dua tahun nan lalu. Mengapa?

Sebab Menaker, kondisi perekonomian Indonesia saat ini sudah mulai membaik. Oleh lantaran karena itu menurutnya tidak ada argumen nan mengharuskan perusahaan untuk mencicil THR.

2. Jumlah THR Karyawan Swasta Tahun Ini

Berapa jumlah THR nan berkuasa di terima oleh tenaga kerja swasta pada lebaran tahun ini? Mengenai besaran THR 2023, begini penjelasannya!

Untuk tenaga kerja nan sudah mempunyai masa kerja minimal 12 bulan (1 tahun) maka mereka bakal berkuasa mendapatkan THR sebesar 1 bulan gaji. Sementara bagi pekerja nan baru bekerja minimal 1 bulan dan kurang dari 1 tahun maka THR bakal di berikan sesuai kalkulasi berikut ini!

THR = Masa kerja (bulan) / 12 x 1 bulan upah

Misalnya, Anda sudah bekerja selama 4 bulan dan penghasilan bulanan Anda sebesar Rp 4 juta. 4/12 x Rp 4.000.000 = Rp. 1.333.333. Maka jumlah THR nan berkuasa Anda dapatkan kurang lebih sebesar Rp 1,3 jutaan.

Nah untuk nan sudah bekerja lebih dari 12 bulan, maka penghasilan satu bulan nan di maksud bakal di hitung berasas rata-rata penghasilan nan diterima selama 12 bulan terakhir sebelum lebaran 2023.

Ada Sanksi Bagi Perusahaan nan Tidak Patuh

Bagaimana jika perusahaan tidak membayarkan THR sesuai kebijakan pemerintah?

Perusahaan nan tidak alim bakal dikenakan sanksi. Mulai dari hukuman administratif sampai dengan pembekuan aktivitas usaha. Hal ini dilakukan lantaran perusahaan di anggap melanggar PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Penutup

Karena sudah jelas peraturannya, maka kita semua berambisi tidak ada perusaahan nan melanggar izin ya. Nah itulah info terbaru mengenai THR 2023 untuk tenaga kerja swasta.

Bagaimana, sudah siap berlebaran tahun ini? Kira-kira THR 2023 bakal di gunakan untuk apa saja?

Selengkapnya
Sumber Bisnis Indonesia
Bisnis Indonesia